Mengenal Jenis Jaringan di Indonesia

Types Networks in Indonesia

Jenis Jaringan di Indonesia – Berbicara tentang jaringan, tentu saja di Indonesia sendiri terdapat banyak jaringan yang tersebar, dan salah satunya adalah jaringan internet yang sekarang ini sedang Anda pakai. Ya, jika dipikir lagi memang jaringan terlebih jaringan internet sudah bukan lagi hal yang bisa dinikmati orang-orang tertentu. Namun, jaringan termasuk jaringan internet bisa menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia sekarang ini.

Sebelum melangkah lebih jauh membahas jaringan internet, maka pelajari terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan jaringan internet beserta bagaimana sejarahnya dan manfaat dari jaringan internet yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Jaringan?

Jaringan area lokal terbatas pada area tertentu, seperti rumah, kantor, atau kampus. Jaringan rumah mungkin memiliki satu router yang menawarkan koneksi kabel dan nirkabel. Misalnya, komputer dapat terhubung ke router melalui Ethernet, sementara smartphone dan tablet terhubung ke router melalui Wifi. Semua perangkat yang terhubung ke router berbagi jaringan yang sama dan seringkali koneksi Internet yang sama.

Jaringan yang lebih besar, seperti jaringan institusi pendidikan, dapat terdiri dari banyak sakelar, hub, dan kabel Ethernet. Ini juga dapat mencakup beberapa titik akses nirkabel dan repeater nirkabel yang menyediakan akses nirkabel ke jaringan. Meskipun jenis jaringan ini jauh lebih kompleks daripada jaringan rumah, jaringan ini masih dianggap sebagai LAN karena terbatas pada lokasi tertentu.

Jaringan Adalah

Jika Anda ditanya apa yang dimaksud dengan jaringan, jaringan adalah kumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet, yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia. Dibawah ini adalah salah satu contoh jaringan yang menghubungkan berbagai device dengan internet di rumah.

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang terhubung satu sama lain yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain dan berbagi sumber daya, data, dan aplikasi mereka.

Jenis Jaringan

Jaringan yang sudah sangat terkenal dan juga sangat banyak digunakan adalah LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Sebenarnya ada lagi jenis jaringan yang lain seperti PAN (Personal Area Network) dan juga MAN (Metropolitan Area Network).

LAN (Local Area Network)

Local Area Network terbatas pada area tertentu, seperti rumah, kantor, atau kampus. Jaringan rumah mungkin memiliki satu router yang menawarkan koneksi kabel dan nirkabel. Misalnya, komputer dapat terhubung ke router melalui Ethernet, sementara smartphone dan tablet terhubung ke router melalui Wifi. Semua perangkat yang terhubung ke router berbagi jaringan yang sama dan seringkali koneksi Internet yang sama.

Jaringan yang lebih besar, seperti jaringan institusi pendidikan, dapat terdiri dari banyak switch, hub, dan kabel Ethernet. Ini juga dapat mencakup beberapa titik akses nirkabel dan repeater nirkabel yang menyediakan akses nirkabel ke jaringan. Meskipun jenis jaringan ini jauh lebih kompleks daripada jaringan rumah, jaringan ini masih dianggap sebagai LAN karena terbatas pada lokasi tertentu.

WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network tidak terbatas pada satu area, tetapi mencakup beberapa lokasi. WAN sering terdiri dari beberapa LAN yang terhubung melalui Internet. WAN perusahaan, misalnya, dapat meluas dari kantor pusat ke kantor lain di seluruh dunia. Akses ke WAN mungkin dibatasi menggunakan otentikasi, firewall, dan tindakan keamanan lainnya. Internet itu sendiri adalah WAN terbesar karena mencakup semua lokasi yang terhubung ke Internet.

PAN (Personal Area Network)

Ini adalah jaringan yang menghubungkan perangkat elektronik dalam area langsung pengguna. Ukuran PAN berkisar dari beberapa sentimeter hingga beberapa meter. Salah satu contoh PAN yang paling umum di dunia nyata adalah koneksi antara Bluetooth ear piece dan smartphone. PAN juga dapat menghubungkan laptop, tablet, printer, keyboard, dan perangkat komputerisasi lainnya.

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan jenis ini adalah jaringan komputer besar yang biasanya menjangkau kota atau kampus besar. Jaringan MAN dioptimalkan untuk area geografis yang lebih luas daripada LAN, mulai dari beberapa blok bangunan hingga seluruh kota.

Jaringan MAN dibentuk dengan menghubungkan beberapa LAN. Dengan demikian, Jaringan MAN lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN.

Tujuan dari MAN (Metropolitan Area Network) adalah untuk menyediakan link ke internet dalam jangka panjang.

Apa Itu Internet?

Secara singkatnya saja, internet merupakan konfederasi longgar dari jaringan independen namun saling terhubung yang menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) untuk komunikasi.

Ini menyediakan konektivitas universal dan tiga tingkat layanan jaringan: pengiriman paket tanpa koneksi, pengiriman aliran dupleks penuh, dan layanan tingkat aplikasi.

Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah internet di Indonesia dimulai semenjak awal tahun 1990-an, dimana jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network. Seiring dengan perkembangan teknologi, karenanya perkembangan internet di Indonesia menjadi lebih komersial dan individual, lebih-lebih yang melibatkan perdagangan dunia maya. 

Sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang adalah ISP komersial pertama di Indonesia. Kemudian berkembang lebih lanjut di tahun 1995 dengan beberapa BBS (Bulletin Board System) di Indonesia yang menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di Amerika Serikat, karenanya pemakai internet di Indonesia bisa akses internet HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Manfaat Internet

Internet adalah kepanjangan dari Interconnected-Networking. Jaringan koneksi ini memang sekarang ini menimbulkan berbagai macam manfaat yang ditimbulkan yang bisa membantu berbagai kegiatan yang dilakukan manusia sekarang ini.

Berikut ini adalah manfaat dari internet yang Anda ketahui:

Komunikasi Tanpa Celah

Internet menawarkan komunikasi yang sempurna dan lebih cepat. Ini telah mencakup seluruh dunia, dan di mana pun Anda berada, Anda dapat berkomunikasi bahkan dari lokasi terjauh.

Pendidikan Online

Internet telah memungkinkan siswa yang duduk di daerah terpencil untuk memanfaatkan pendidikan.

E-commerce dan Layanan Online

Hari ini, duduk di rumah, kita dapat menggulir semua produk dari toko online dan memesan apa pun yang kita mau dengan adanya internet.

Berlimpah Informasi

Internet menyediakan sumber informasi penting. Mesin pencari seperti Bing, Google, dan Yahoo berisi informasi mendalam tentang masalah keuangan, hukum dan layanan pemerintah, informasi pasar, urusan ekonomi, informasi teknis, masalah pendidikan dan akademik, ide-ide baru, dan dukungan teknis.

Hiburan

Hiburan adalah alasan populer lainnya yang membuat orang lebih memilih Internet. Juga, ini menyediakan media di mana penggemar dapat memperoleh informasi tentang bintang film favorit mereka, olahragawan, dll.

Jejaring Sosial

Facebook, Twitter, dan Instagram adalah beberapa situs web jejaring sosial. Situs web ini memungkinkan orang-orang dengan minat yang sama untuk berkumpul dan berbagi informasi, foto, dan video.

Perbankan Online

Bisnis online telah menghasilkan transfer uang online, dan sistem perbankan online telah memungkinkan hal ini.

Panggilan Video dan Konferensi Web

Jika Anda merindukan orang yang Anda cintai dan ingin bertemu dengan mereka, Anda dapat melakukan panggilan video melalui SKYPE atau Whatsapp dan berbicara dengan mereka secara langsung.

Surat Kabar Online

Sebagian besar surat kabar sekarang memiliki versi online sehingga orang dapat menemukan kemungkinan surat kabar mereka kapan saja di mana saja tanpa biaya apa pun.

Macam dan Jenis Jaringan Internet

Jaringan internet tentunya memiliki berbagai macam jenis yang sudah pasti Anda menyadarinya. Misalnya saja ketika Anda menggunakan ponsel Anda dan internetan, di pojok kanan pastinya Anda melihat ada sinyal entah itu LTE, 4G, atau 3G. semua itu adalah macam dan jenis jaringan internet.

Apa saja sebenarnya macam dan jenis jaringan internet yang ada untuk sekarang ini?

Edge / 2G

EDGE, atau Enhanced Data GSM Evolution, adalah jenis lain dari jaringan teknologi 2G. EDGE sedikit lebih cepat dari GPRS dengan kecepatan unduh dua kali lebih cepat pada 384Kbps. Karena kecepatannya, terkadang disebut sebagai jaringan 2.5G.

3G

Internet 3G adalah akses online yang difasilitasi oleh jaringan seluler 3G. Saat Anda mengakses internet melalui ponsel cerdas Anda, kecepatan internet akan tergantung pada kecepatan jaringan seluler. Ini bisa berupa 3G, 4G, atau jaringan 5G baru.

4G / LTE

LTE atau 4G adalah kependekan untuk nirkabel generasi keempat, tahap komunikasi seluler broadband yang menggantikan 3G (nirkabel generasi ketiga) dan merupakan pendahulu dari 5G (nirkabel generasi kelima).

Standar seluler nirkabel 4G ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) dan menetapkan karakteristik utama standar tersebut, termasuk teknologi transmisi dan kecepatan data.

Setiap generasi teknologi seluler nirkabel telah memperkenalkan peningkatan kecepatan bandwidth dan kapasitas jaringan. Pengguna 4G mendapatkan kecepatan hingga 100 Mbps, sementara 3G hanya menjanjikan kecepatan puncak 14 Mbps.

5G

Jenis jaringan yang terbaru saat ini adalah 5G. Ini dapat memberikan kecepatan lebih tinggi, latensi lebih rendah, dan kapasitas lebih besar daripada jaringan 4G LTE. Ini adalah salah satu teknologi tercepat dan tercanggih yang pernah ada di dunia.

Itu berarti unduhan yang lebih cepat, jeda yang jauh lebih rendah, dan dampak signifikan pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain. Kecepatan 5G dan manfaat konektivitas lainnya diharapkan dapat membuat bisnis lebih efisien dan memberi konsumen akses ke lebih banyak informasi lebih cepat dari sebelumnya.

Pentingnya Jaringan Internet Saat Ini

Internet memberikan platform sosial yang luas di mana orang dapat memanfaatkan ide-ide mereka dan menggunakannya dengan cara apa pun yang mereka inginkan.

Pekerjaan Penelitian

Internet memiliki berbagai macam blog dan artikel bermanfaat yang terkait dengan berbagai topik. Guru dan siswa dapat mengaksesnya dari belahan dunia mana pun dan mempelajari atau menelitinya.

Informasi yang berbeda dapat diakses dengan mudah dari domain apa pun, seperti pribadi, organisasi, atau pemerintah. Siswa dapat mengaksesnya kapan saja dan menggunakannya untuk menyelesaikan penelitian atau tugas mereka.

Demikian juga, guru juga dapat mengaksesnya untuk mempersiapkan pelajaran bagi siswa mereka atau memberikan analisis terperinci tentang topik apa pun.

Digital Marketing

Saat ini, internet memainkan peran penting dalam pemasaran digital merek atau produk apa pun. Internet membantu bisnis untuk menjangkau berbagai khalayak dari seluruh dunia.

Konektivitas Seluruh Dunia

Dengan bantuan internet, orang, bisnis, organisasi, dan otoritas pemerintah dapat terhubung secara internasional. Siapa pun dapat belajar tentang berbagai bahasa, budaya, kepercayaan, dan keragaman negara lain sambil duduk dengan nyaman di rumah mereka.

Informasi Medis Gratis

Banyak dokter dan praktisi medis mapan menjalankan situs web dan blog mereka yang berbeda di internet untuk memberikan detail akurat tentang penyakit apa pun. Menggunakan platform media sosial adalah cara yang tepat untuk menyebarkan kesadaran di antara orang-orang tentang kondisi medis tertentu.

Hiburan

Setiap orang memiliki definisi ‘hiburan’. Dulu, pergi keluar dan bertemu teman adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi untuk generasi sekarang, ‘Netflix dan bersantai’ telah menjadi definisi baru dari hiburan.

Banyak platform lain, seperti Amazon Prime Video, YouTube, dll., telah mulai merilis serial TV dan film di saluran mereka. Anda dapat mengakses semua ini jika Anda memiliki koneksi internet yang baik.

Kesimpulan

Jaringan membawa kita bisa terhubung satu sama lain dengan cara yang sangat mudah. Menurut Netdata, ini membuktikan juga bahwa internet memiliki peranan yang sangat penmting dalam kehidupan saat ini, terutama jaringan internet. Jaringan akan terus menerus mengalami perkembangan. Semakin lama semakin cepat koneksinya atau dengan fitur yang lebih canggih, kita tidak tahu. Tapi, mengikuti perkembangan jaringan tentunya adalah hal yang wajib.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup