Tips Memilih Kabel UTP yang Baik dan Sesuai Dengan Kebutuhan

memilih kabel UTP

Kabel jaringan atau kabel UTP ini adalah sebuah salah satu device jaringan yang sangat penting. Tanpa adanya kabel UTP di jaringan, jaringan tidak akan terbentuk karena UTP ini adalah kabel yang menghubungkan satu sama lain device jaringan sehingga menjadi yang namanya jaringan komputer.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Tapi, bagi Anda yang ingin memilih kabel UTP sebenarnya ada cara yang baik sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan.  Apa saja tips yang baik dan benar untuk memilih kabel UTP? Berikut ini adalah caranya.

Penjelasan UTP

Unshielded twisted pair (UTP) adalah jenis kabel tembaga di mana-mana yang digunakan dalam kabel telepon dan jaringan area lokal (LAN). Ada lima jenis kabel UTP – diidentifikasi dengan awalan CAT, seperti dalam kategori – masing-masing mendukung jumlah bandwidth yang berbeda.

Alternatif untuk kabel UTP termasuk kabel koaksial dan kabel serat optik. Ada keuntungan dan kerugian untuk setiap jenis pengkabelan, tetapi secara umum, sebagian besar perusahaan menyukai kabel UTP karena biayanya yang rendah dan kemudahan pemasangannya.

Jenis-jenis Kabel UTP Dan Fungsinya

Kabel UTP bisa dibagi menjadi berbagai macam jenis, ini tentu saja adalah salah satu cara yang bagus bagaimana Anda bisa memilih kabel UTP yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak sekali kabel UTP jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kabel UTP Kategori 1 (CAT1)

Yang pertama adalah CAT1. Biasanya digunakan untuk kabel telepon. Jenis kabel ini tidak mampu mendukung lalu lintas jaringan komputer dan tidak terpuntir. CAT1 juga digunakan oleh perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan ISDN dan PSTN.

Kabel UTP Kategori 2 (CAT2)

Selanjutnya adalah CAT2. Kabel UTP jenis ini adalah kelas terendah kedua dari kabel unshielded twisted-pair (UTP). Pengkabelan kategori 2 dirancang untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. kabel kategori 2. Kategori 2 kabel mampu transmisi data hingga 4 Mbps.

Kabel UTP Kategori 3 (CAT3)

Selanjutnya adalah CAT3. Adalah jenis kabel unshielded twisted pair (UTP) yang digunakan untuk komunikasi suara dan data dalam jaringan komputer dan telekomunikasi. Ini adalah kabel tembaga Ethernet yang ditentukan oleh Electronics Industry Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA).

Kabel UTP Kategori 4 (CAT4)

Masih sama dengan jenis CAT 2 sampai dengan CAT3. CAT4 adalah kabel yang terdiri dari delapan kabel tembaga yang disusun dalam empat unshielded twisted pair (UTP) yang mendukung sinyal hingga 20 MHz.

Kabel UTP Kategori 5E (CAT5E)

CAT5E adalah kabel UTP paling populer, ia datang untuk menggantikan kabel koaksial terkenal yang tidak mampu mengikuti pertumbuhan berkelanjutan untuk jaringan komunikasi tele dan data yang lebih cepat dan lebih andal.

Kabel UTP Kategori 6 (CAT6)

CAT 6 muncul sebagai kemajuan dari UTP Cat 5e, yang diresmikan pada tahun 2001. Desain Cat 6 membutuhkan presisi yang lebih ketat dalam manufaktur, dan ini memungkinkan pengurangan kebisingan dan crosstalk, memungkinkan peningkatan kinerja.

Cara Memilih Kabel UTP

Sebelum Anda membeli kabel UTP, ada baiknya untuk mengehtahui bagaimana cara memilih kabel UTP yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Tidak semua jenis kabel UTP ini bisa diaplikasikan dengan aplikasi yang sama. 

Berikut ini adalah cara memilih kabel UTP yang baik dan benar.

  • Kategori / Jenis

Tentunya hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kategori atau jenisnya. Pastikan Anda sudah memilih kategori atau jenis kabel UTP yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Penjelasannya sudah dijelaskan diatas.

  • Standar

Standar adalah hal yang perlu diperhatikan selanjutnya. Tentunya Anda tidak ingin mendapatkan kecepatan transfer data yang lambat bukan? Pastikan memilih standarnya yang bagus dan juga sesuai dengan jenisnya.

  • Aplikasi

Pengaplikasian kabel UTP juga perlu diperhatikan. Pengaplikasian kabel UTP yang sangat umum diantaranya adalah:

  • Komunikasi Umum: Mereka menawarkan jaringan dan transmisi data antara pengontrol, PC, dan lainnya.
  • A / V (Audio / Visual): Jenis kabel ini paling baik untuk ditambahkan multimedia peralatan ke layar atau komputer.
  • Telekomunikasi: Kabel ini dibentuk untuk menggantikan atau perpanjang kabel yang digunakan pada handset dan telepon.
  • Extender:  Anda dapat menggunakan kabel ini untuk tambah panjangnya dari kabel lainnya.
  • Komputer: Kabel ini bagus digunakan untuk menghubungkan apapun perangkat periferal seperti monitor, printer, hard drive, dan lainnya ke komputer.
  • Desain

Desain kabel UTP yang paling umum adalah sebagai berikut:

  • SFTP atau FTP (Foiled Twisted Pairs) – Sini pelindung foil digunakan untuk menutupi atau memelihara kabel yang bengkok. Kabel ini dikenal miliki koneksi yang lebih baik, konektivitas yang lebih baik, dan lebih sedikit noise.
  • SSTP atau STP (Shielded Twisted Pairs) – Di dalam kabel ini, kabel yang bengkok dilindungi oleh perisai dikepang dan kuat. Zat konduktif seperti tembaga digunakan sebagai penutup. Ini mendukung tingkatkan kualitas koneksi dan pengurangan kebisingan.
  • UTP (Pasangan Twisted Tanpa Pelindung) – Kabel ini kurang berhubungan atau foil penutup. Jadi, Anda barangkali tidak mendapatkan kemampuan isyarat yang baik dan ada potensi risiko terjadinya crosstalk. Kabel UTP fleksibel untuk digunakan tapi pabrikan menganggapnya agak mahal untuk diproduksi daripada yang lain.

Penggunaan Kabel Sesuai Kondisi di Lapangan

Setelah sudah tahu cara memilih kabel UTP yang berkualitas, selanjutnya adalah dengan mengerti pengaplikasiannya. Kabel UTP untuk setiap kebutuhan atau kondisi lapangan tentunya berbeda-beda.

Untuk Keperluan Rumahan dan Kantor

Biasanya untuk keperluan kantor atau rumahan, kabel UTP yang bagus adalah dengan jenis CAT5e. Kabel ini memiliki kecepatan sampai dengan 1Gbps.

Untuk Server

Server merupakan tempat berjalannya semua sistem transfer data. Sebaiknya Anda pilih kabel yang miliki kecepatan maksimal sehingga sistem kinerja server tidak terganggu. Semakin tinggi kategori kabel maka bakal tambah tinggi transfer ratenya.

Untuk RadioLink

Jika pemakaian kabel UTP untuk keperluan layanan internet cepat, Anda mampu gunakan UTP Cat 5e bersama kecepatan 1Gbps. Namun, ketika Anda kurang senang dengan kecepatannya Anda mampu gunakan kabel UTP Cat 6.

Untuk HighSpeed Internet

Sebenarnya, untuk internet dengan kecepatan yang cepat hanya memerlukan CAT5e. Tetapi jika ingin yang lebih bagus, ada CAT6 yang kecepatannya lebih cepat daripada kabel UTP kategori 5.

Cara Membedakan Kabel UTP Asli dan Palsu

Sekarang ini, banyak yang marak memasarkan kabel UTP yang palsu. Bagaimana bisa? Entahlah itu memang tindakan yang tidak terpuji. Maka dari itu, perlu adanya ketelitian bagaimana Anda bisa membedakan kabel UTP asli dan juga palsu.

Berikut ini adalah caranya:

  1. Resistansi (Hambatan Listrik) kabel. Kabel asli resistansinya kecil
  2. Kulit luar kabel asli yang warna abu-abu atau putih. Kualitas bahannya lebih padat, tidak terlihat longgar pada kabel luar dan kabel didalam di bandingkan yang palsu.
  3. Bahan tembaga nya layaknya berwarna coklat muda kemerahan, bukan coklat tua. Warna kabel didalam lebih terang dan nampak kuat.
  4. Khusus untuk kabel belden yang asli cuma buatan amerika, jika tersedia buatan negara lain, contohnya Australia.
  5. Khusus kabel belden terhitung disetiap kardus kabel utp tersebut terkandung stiker hologram.
  6. Marking terhadap kulit kabel UTP yang asli senantiasa tercetak dengan rapi dan sanggup di baca dengan benar, beda dengan yang palsu.

Jika Anda tertarik dengan penawaran jasa dari kami silahkan Anda menghubungi kami melalui link ini atau bisa juga melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup