Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini Sebelum Memasang Wifi di Rumah

Memasang Wifi di Rumah

Memasang Wifi Di Rumah memang sangat menguntungkan karena seisi rumah bisa lebih hemat lagi dalam penggunaan internet apalagi untuk sekarang ini kebutuhan internet bukan hanya untuk bekerja saja, namun untuk belajar dan juga mengerjakan tugas sekolah juga menggunakan internet. Jadi, internet rumah bisa digunakan untuk semua anggota rumah.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Namun, jangan senang terlebih dahulu dan buru-buru untuk memasang wifi di rumah. Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda memasang wifi di rumah Anda agar tidak menyesal kedepannya.

Membahas Tentang Koneksi Internet

Sebelum itu, mari kita membahas terlebih dahulu tentang koneksi internet. Internet memang menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi banyak sekali golongan masyarakat. Baik yang muda sampai yang tua bahkan menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-harinya. Mungkin bisa jadi membaca berita atau menggunakannya untuk bermain game.

Internet menjadi alasan yang sangat kuat untuk menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar golongan masyarakat.

Internet Adalah

Membahas terlebih dahulu tentang pengertian dari internet, internet adalah istilah yang paling umum digunakan di dunia saat ini dan memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari orang. Tetapi ada banyak pertanyaan, jawaban yang perlu diketahui orang.

Sebuah sistem global komputer yang saling berhubungan, menggunakan suite Internet Protocol (IP) standar untuk komunikasi dan berbagi informasi disebut Internet.

Kecepatan Internet

Kecepatan internet mengacu pada kecepatan perjalanan data atau konten dari World Wide Web ke komputer rumah, tablet, atau ponsel cerdas Anda. Kecepatan data ini diukur dalam megabit per detik (Mbps). Satu megabit sama dengan 1.024 kilobit.

Internet memang menyediakan berbagai macam informasi dan juga hiburan. Tapi tidak semudah itu Anda bisa menikmatinya karena ada yang namanya kecepatan internet. 

Semua orang menginginkan internet dan wifi yang lebih cepat. Namun untuk mendapatkannya bukanlah sesuatu yang mudah juga karena beberapa penyedia layanan internet menyediakan kecepatan internet yang cepat dengan harga langganan yang mahal.

Wifi Adalah

Sedari tadi membahas tentang Wifi, tapi sebenarnya apa yang disebut dengan wifi? Wi-Fi secara populer dianggap berarti “Wireless Fidelity”, tetapi istilah “Wi-Fi” diciptakan sebagai hasil dari upaya untuk menemukan nama yang lebih menarik untuk teknologi nirkabel yang baru ditemukan yang sampai saat itu telah disebut sebagai “IEEE 802.11b Direct Sequence.”

Namun, menurut Wikipedia dan beberapa sumber lain, istilah “Wi-Fi” tidak berarti apa-apa. Itu adalah nama yang ditemukan oleh perusahaan konsultan merek, Interbrand, setelah dikontrak oleh Wi-Fi Alliance untuk membuat nama untuk teknologi nirkabel barunya.

Perangkat Wifi

Untuk membentuk sebuah jaringan Wifi. Tidak hanya semudah itu. Namun ada beberapa perangkat jaringan komputer yang diperlukan untuk membentuknya sehingga bisa memunculkan sinyal Wifi tersebut.

Beberapa perangkat wifi yang sangat popular diantaranya adalah:

Access Point

Yang pertama adalah access point. Secara teknis, access point atau AP dapat melibatkan koneksi kabel atau nirkabel, biasanya memang adalah perangkat nirkabel. AP bekerja pada lapisan OSI kedua, lapisan Data Link, dan dapat beroperasi baik sebagai jembatan yang menghubungkan jaringan kabel standar ke perangkat nirkabel atau sebagai router yang meneruskan transmisi data dari satu access point ke access point lainnya.

Router

Selanjutnya adalah router. Router membantu mengirimkan paket ke tujuan mereka dengan memetakan jalur melalui lautan perangkat jaringan yang saling berhubungan menggunakan topologi jaringan yang berbeda. Router adalah perangkat cerdas, dan mereka menyimpan informasi tentang jaringan yang terhubung dengannya. Sebagian besar router dapat dikonfigurasi untuk beroperasi sebagai firewall pemfilteran paket dan menggunakan access control lists (ACL).

Switch

Perangkat yang sering dibanding-bandingkan dengan hub ini adalah switch. Switch umumnya memiliki peran yang lebih cerdas daripada hub. Switch adalah perangkat multiport yang meningkatkan efisiensi jaringan. Switch mempertahankan informasi perutean terbatas tentang node di jaringan internal, dan memungkinkan koneksi ke sistem seperti hub atau router. Untaian LAN biasanya terhubung menggunakan switch.

Repeater

Yang terakhir adalah repeater. Repeater adalah perangkat elektronik yang memperkuat sinyal yang diterimanya. Anda dapat menganggap repeater sebagai perangkat yang menerima sinyal dan mentransmisikannya kembali pada tingkat yang lebih tinggi atau daya yang lebih tinggi sehingga sinyal dapat mencakup jarak yang lebih jauh, lebih dari 100 meter untuk kabel LAN standar.

Tips Memasang Wifi di Rumah

Lalu, bagaimanakah caranya untuk bisa memasang wifi di rumah yang baik dan benar? Mungkin Anda berpikir untuk memilih provider yang bagus dengan harga paket internet murah namun dengan bandwidth yang besar. Ya, tentu saja itu adalah pointnya, namun ada yang lain juga.

Berikut ini adalah tips yang sangat tepat untuk memasang wifi di rumah.

Provider atau Penyedia Jaringan Yang Terbaik

Sebisa mungkin, pastikan Anda mencari informasi tentang beberapa provider atau penyedia jaringan yang bagus. Review dari banyak orang bisa menentukan atau membantu Anda dalam memilihnya. Carilah provider yang memang terpercaya dan memiliki rating yang bagus.

Kecepatan Internet Yang Digunakan

Jika sudah mendapatkan provider yang tepat, tentukan kecepatan internet yang digunakan. Anda bisa memilih mana kecepatan internet yang sekiranya dibutuhkan.

Misalnya, jika di rumah ada 5 anggota keluarga, Anda bisa memilih internet dengan kecepatan sekiranya 10Mbps sampai dengan 20Mbps sudah sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Cek Lokasi Jangkauan

Jika sudah menentukannya, cek terlebih dahulu apakah provider yang kita pilih mencakup jangkauan di rumah Anda. Jika memang belum, coba Anda menghubungi pihak provider agar bisa dibantu bagaimana caranya agar jaringannya bisa sampai di rumah Anda. 

Jika merasa keberatan dengan syaratnya, Anda bisa mencari provider jangkauan yang sampai di rumah Anda, dan pastikan provider tersebut juga terpercaya.

Biaya Layanan Berlangganan

Yang terakhir, tentu saja adalah masalah biaya. Jika biaya yang ditawarkan murah dengan kecepatan internet yang tinggi, mengapa tidak memilihnya jika sudah lolos dari tips nomor satu sampai dengan tiga diatas?

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup