Era modern seperti ini banyak perusahaan di bidang IT sudah mulai mencoba bisnis baru yakni managed services.
Mungkin sekilas managed service ini hampir sama dengan outsourcing dengan proses yang lebih komprehensif, penggunaan bahasa managed ini artinya lebih luas dalam pekerjaannya.
Jika dilihat dari sisi fungsi dan manfaatnya managed services ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dari sisi bisnisnya.
Karena saat ini trendnya perusahaan menyerahkan pekerjaan yang bersifat operasional kepada pihak ketiga.
Bagi pihak perusahaan hanya memberikan kebijakan-kebijakan terhadap lingkungan kerja terutama dalam hal sistem informasinya.
Di negara Indonesia sendiri managed services ini masih terbilang baru dan belum banyak yang menyediakan jasa ini secara profesional.
Cek Produk Router dari NetData disini :
Daftar Isi
Managed Services di Dunia IT
Managed services merupakan layanan outsource atau layanan yang diberikan oleh perusahaan lain dalam mengerjakan pekerjaan perusahaan lain dari sisi pengawasan dan pengelolaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang menggunakan jasa managed service.
Pengertian managed services ini berlaku untuk seluruh bidang usaha tak terkecuali di bidang IT yang berkaitan langsung dengan managed service ini.
Layanan Managed Services di Dunia Teknologi Informasi
Perusahaan yang mungkin memiliki ruang lingkup yang besar seperti pabrik, perusahaan distributor, perusahaan logistik, perusahaan properti, dan lain sebagainya lebih memilih managed service agar bisa lebih fokus dalam mengembangkan usahanya.
Selain menyerahkan pekerjaan managed service dibagi menjadi 3 mari simak layanan managed service berikut ini:
Hardware
Perangkat lunak merupakan infrastruktur pendukung IT yang sangat penting. Selain fungsinya yang penting perangkat keras ini memiliki peran penting seperti perencanaan strategis, penentuan perangkat IT apa saja yang akan dipakai atau diperbaharui.
Dan juga jasa perawatan perangkat infrastruktur IT.
Software
Mungkin tidak banyak perusahaan yang menerapkan aplikasi pendukung operasional kantor.
Maka dalam penggunaan jasa managed services sekalian dapat mengevaluasi sejauh mana kesiapan kantor dalam bidang IT.
Mulai dari pengadaan aplikasi yang baru, penggantian software, atau meningkatkan kualitas aplikasi yang sudah ada.
Konsultasi
Managed services juga dapat memberikan berbagai konsultasi berupa laporan, saran, hingga pendapat yang berguna untuk dapat diterapkan demi kelancaran operasional IT perusahaan.
Bidang yang harus membutuhkan Managed Services
Siapa yang membutuhkan jasa managed services ini? Dan perusahaan dibidang apa yang cocok menggunakan managed service ? berikut daftarnya:
Data Center Perusahaan Managed Services
Managed service juga termasuk dalam memberikan jasa manajemen data center, server storage network management, mitigasi bencana dan juga rencana kelanjutan usaha apabila terjadi bencana atau kendala.
Platform manajemen yang dapat mengkonsolidasikan server-server di perusahaan kedalam satu sistem terpusat dengan tujuan agar mudah untuk dimonitoring dan juga dikendalikan.
End User Management
Managed services juga mencakup pengawasan terhadap aset IT termasuk juga perangkat lunak dan perangkat keras, desktop manajemen guna untuk mengawasi seluruh perangkat yang dapat dipakai pekerja agar tidak terdapat gangguan.
Membuat aplikasi-aplikasi untuk kemudahan pekerja dan kelancaran operasional perusahaan baik dalam hal e-mail, komunikasi internal dan lain sebagainya.
Security Service
Keamanan data perusahaan termasuk juga dalam layanan managed service, dimana keamanan data ini meliputi keseluruhan perangkat IT yang ada.
Menangani Efek Katastropik
Pentingnya menggunakan jasa managed services dalam mengelola seluruh kebutuhan IT perusahaan baik itu dalam sisi hardware maupun softwarenya sehingga memberikan seluruh lini di perusahaan dapat terus fokus untuk mengembangkan bisnisnya.
Apa itu Efek Katastropik
Dalam dunia bisnis modern dikenal dengan istilah catastrophic effect yang merupakan dilema setiap perusahaan di seluruh dunia.
Arti dari efek katastropik ini adalah kegagalan sistem secara perlahan namun pasti. Perlu kita ketahui bahwa dalam dunia IT ini semuanya saling terhubung maka diperlukannya penyelarasan supaya sistem tetap dalam kondisi yang optimal.
Baik itu Overhead pada database, serangan spyware dan virus melalui e-mail, bottleneck pada jaringan, merupakan tantangan tersendiri pada CIO di seluruh dunia.
Manfaat Menggunakan Jasa Managed Services
Banyak beredar mitos bahwa penggunaan managed services tidak memikirkan solusi yang terbaik untuk perusahaan Anda, biaya managed service mahal, data perusahaan menjadi tidak aman, posisi staff IT internet akan tergeser.
Mengalihkan kontrol dari satu atau banyak aspek perusahaan ke perusahaan eksternal memang bukan tanpa resiko. Namun dengan penggunaan jasa managed service juga memberikan banyak manfaat seperti :
Membuat Kinerja Pegawai Menjadi Lebih Bagus
Salah satu arti managed services di dunia teknologi informasi yakni dapat membantu meningkatkan kinerja para pekerja perusahaan.
Anda dapat membayangkan apabila sebuah perusahaan memiliki sekitar 1000 pekerja dan kegiatan mereka bisa terhambat sekitar 1 hingga 2 jam sehari. Maka perusahaan tersebut akan rugi waktu kerja sebesar 1000 – 2000 jam sehari.
Apabila dikalkulasi dengan gaji standar UMR sebesar 3 juta per bulan maka dengan 9 jam kerja sehari, perusahaan akan mengalami pemborosan sekitar 16 – 32 juta perhari atau 320 – 640 dalam sebulan, bagaimana sangat merugikan bukan.
Perjalanan Dinas Yang Mulai Berkurang
Untuk perjalanan dinas yang biasanya dilakukan oleh karyawan pemerintahan juga dapat dianggap pemborosan.
Maka dengan adanya sistem telekomunikasi internal seperti misalnya panggilan suara atau video teleconference yang lancar bisa mengurangi interval kegiatan perjalanan dinas. Maka secara langsung akan berdampak dalam penghematan pengeluaran negara.
Kebutuhan Pemeriksaan Aset Secara Fisik Yang Mulai Menurun
Dengan sistem asset management maka perusahaan atau pemerintahan akan lebih mudah untuk melihat dengan menggunakan layar monitor, jika aset IT tersebut ada karena semua sudah muncul dalam bentuk grafik secara elektronik.
Maka dengan demikian maka auditor dan manajer dapat menghemat waktu dalam mengawasi aset IT dari hari ke hari.
Manage service ini biasanya di gunakan oleh perusahaan seperti pabrik, perusahaan logistik, perusahaan distributor, hingga perusahaan properti. Yang memang perusahaan tersebut lebih fokus ke bisnisnya daripada mengutamakan sisi Itnya. Dengan menggunakan jasa manage service ini maka perusahaan tersebut bisa mengadopsi teknologi baru yang dibutuhkan perusahaan tersebut. Sehingga mereka mampu mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih pesat.
Berikut beberapa bidang bisnis yang membutuhkan jasa manage service :
- Perusahaan Data Center
Perusahaan data center ini dapat memanfaatkan jara manage service meliputi manajemen knowledge center, managed network service, server storage network management, mitigasi bencana dan juga perencanaan pengembalian usaha akibat bencana (Disaster Recovery Planning plus Bussiness Continuity Planning Service).
Sehingga manage service ini mampu memberikan bantuan atau mengkonsolidasi sebagian server perusahaan pengguna jasa menuju ke satu sistem yang dapat diawasi dan juga dikendalikan dengan mudah.
- Security Service
Manage service ini juga memberikan perlindungan dan proteksi dari awal jaringan hingga kesemua lini perangkat IT yang ada.
- End User Management
End user management sanggup menggunakan berbagai layanan dari pengawasan aset IT yang termasuk hardware dan sofware, desktop management yang memberikan pengawasan ke seluruh perangkat yang digunakan oleh seluruh karyawan supaya tidak ada kendala pada saat melakukan pekerjaan.
Untuk Anda yang membutuhkan jasa manage service terpercaya dari perusahaan IT ternama Anda bisa menghubungi NetData atau NDS.id yang merupakan salah satu perusahaan IT yang siap membantu Anda.
Itulah arti dari managed services dalam dunia teknologi informasi yang sudah diterangkan secara jelas di artikel ini, semoga bermanfaat.