Lupa Password Mikrotik? Begini Cara Mengatasinya

Lupa Password Mikrotik

Mikrotik sendiri saat ini banyak sekali digunakan dan dibutuhkan terlebih dalam dunia teknologi informasi seperti saat ini. Mikrotik sendiri memiliki banyak sekali keuntungan dan keunggulan yang pastinya sangat dibutuhkan. Namun pernahkah kalian yang memiliki mikrotik lupa password mikrotik? Jelas hal ini sangat tidak mengenakan dan membuat bingung harus bagaimana caranya agar dapat masuk ke dalam setting mikrotik itu sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Ketika anda lupa password dari mikrotik itu sendiri. Jelas yang pertama anda dapat menggunakan winbox dan yang kedua dapat menggunakan mikrotik password recovery. Lupa memang merupakan salah satu hal yang sangatlah wajar terjadi terlebih Ketika ada banyak hal yang perlu diingat selain password dari mikrotik itu sendiri. Namun jika sering lupa, tentunya hal ini patut dipertanyakan.

Jelas penyebab lupa sendiri sangatlah banyak penyebabnya, ada yang karena penyakit, sibuk atau capek. Namun yang paling banyak orang lupa karena faktor U atau umur. Untuk itulah untuk menghindari hal lupa bahkan mengenai password yang penting tentunya sangat perlu dan penting menuliskan username dan password di notepad.

Bagaimana Cara Mengetahui Password Mikrotik

Banyak cara memang saat ini untuk mengetahui password dari mikrotik yang anda miliki. Terlebih lagi Ketika lupa password pada mikrotik. Langkah pertama yang harus anda lakukan jelas dengan cek file login Winbox di computer. Sebelum melakukan tips ini, pastikan anda pernah melakukan login ke mikrotik melalui winbox. Jika belum pernah melakukan login menggunakan computer untuk membuka winbox jelas trik ini tidak bisa berjalan.

Namun Ketika anda pernah melakukan login dan membuka mikrotik melalui winboxx, jelas car aini sangatlah mudah dilakukan dan pastinya juga tidak memerlukan adanya koneksi internet. Setelah itu anda dapat membuka windows explorer pada computer / laptop yang pernah digunakan login mikrotik via winbox. Cari folder tersebut yang berextensi .cfg lalu buka menggunakan notepad. Maka anda akan dengan mudah mengetahui mac Addres, Username hingga password mikrotik.

Terkadang kita sebagai manusia mengalami yang namannya lupa, nah lupa yang akan kita bahas kali ini adalah lupa password Mikrotik. 

Lalu buat apa password pada Mikrotik? Password pada Mikrotik biasanya digunakan untuk login ke Mikrotik Winbox Loader. Yang mana Mikrotik Winbox Loader merupakan halaman untuk konfigurasi router Mikrotik yang kita miliki.

Diartikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang cara mengatasi lupa password Mikrotik dengan benar agar bisa kembali login ke Mikrotik dan bisa melakukan konfigurasi seperti biasa.

Cara Mengatasi Lupa Password Mikrotik

Sebelum kita membahas langkah-langkah untuk mengatasi lupa password pada Mikrotik, pastikan Anda sudah pernah login ke Mikrotik tersebut lewat Winbox

Jika Anda sudah pernah login lewat Winbox maka akan menjadi lebih mudah untuk membaca script yang username dan password Mikrotik Anda.

Lupa Password Winbox

Salah satu cara untuk mengatasi cara mengatasi lupa password Mikrotik adalah lewat Windows Explorer berikut ini:

  • Pertama buka Windows Explorer pada komputer yang pernah melakukan login ke Mikrotik menggunakan winbox. Kemudian buka ke direktori C:Users(Nama_User)AppDataRoamingMikrotikWinbox kemudian Nama_User dengan username komputer Anda.
  • Lalu pada folder tersebut terdapat file yang bernama settings.cfg. buka setting.cfg menggunakan notepad. Caranya Anda tinggal klik kanan kemudian pilih Open With > More Apps > Notepad > Ok.
  • Setelah filenya terbuka memang terlihat sedikit rumit jika Anda melihat scriptnya. Namun di sini Anda bisa melihat username dan password yang pernah login pada winbox.
  • Maka jika sudah mengetahui passwordnya Anda bisa mencobanya untuk login ke winbox.

Ketika Lupa Password Mikrotik Apa Yang Harus Dilakukan

Jangan pernah panik Ketika anda lupa password mikrotik, selalu hadapi dengan kepala dingin karena semua masalah selalu ada solusinya. Selain melalui file login winbo di computer, anda juga bisa mengetahui password melalui mikrotik recovery tools. Jelas untuk melakukan trik ini, anda harus terlebih dahulu mempunyai atau mempersiapkan file backup mikrotik sebagai syaratnya.

Jika hal tersebut sudah anda lakukan, kini anda bisa mengunjungi penyedia mikrotik recovery tools. Lalu lakukan upload file backup mikrotik. Disinilah anda akan mendapatkan informasi mengenai username dan juga password mikrotik milik anda. Banyak sekali cara yang mudah dan simpel untuk mengetahui dan membuka password mikrotik Ketika anda lupa.

Cek Produk Access Point lainnya dari NetData :

Cara Mengetahui Password Mikrotik Yang Lupa

Selain cara diatas kita juga bisa menggunakan cara mengetahui password Mikrotik yang lupa dengan cara berikut ini :

Cara Mengetahui Password Mikrotik Dengan Cmd

Sebelum melakukan tutorial Anda harus menyiapkan dua bahan seperti dibawah ini:

  • download python
  • download Winbox Exploit
  1. jika Anda sudah mendownload dua bahan tersebut langsung install pythone ke komputer Anda, pada saat penginstallan python kemudian klik menu Customize installation karena tempatkan di C:UsersAdmin”, untuk “Admin” bisa Anda ganti sesuai keinginan Anda.
  2. Pada Optional Features tidak perlu diganti apapun kemudian klik next.
  3. Dan pada Advanced Option sama saja tidak perlu di ubah, kemudian kita dapat mengubah pada bagian Customize install location.
  4. Centang hanya pilihan “Associates files with Python” dan “Create Shortcuts For installed application ” kemudian next.
  5. Jika sudah selesai install, maka bisa klik Close dan masuk ke CMD cadanya mudah tinggal buka pencarian di menu Windows kemudian klik CMD.
  6. Ketik “cd Python”, perhatikan huruf kapitalnya harus benar tulis tanpa tanda petik.
  7. ketik “cd Python” dan ingat pengetikan nya harus benar dari huruf BESAR kecil nya.
  8. Dalam direktori Python kemudian ketik “Python D:WinboxExploit-masterWinboxExploit.py 192.168.30.10”.

Catatan: “D:WinboxExploit-masterWinboxExploit.py” adalah tempat file WinboxExploit yang sudah di download dan tempat ekstrak nya bisa diletakan sesuai keinginan, untuk ip nya silahkan Anda masukan ip mikrotik nya.

Dalam menjalankan perintah di CMD ini Anda harus tetap menghubungkan Mikrotik ke komputer, jangan sampai terputus. 

  1. Jika sudah terlihat hasilnya maka Anda akan melihat username dan password yang pernah masuk ke Mikrotik Anda.
  2. Jika sudah mengetahui passwordnya maka Anda bisa langsung login ke username dan password yang muncul di CMD tadi. 
  3. Setelah masuk Anda bisa mengganti password tadi dengan cara klik “System > Password”
  4. Kemudian masukan password tadi dibagian old password dan masukan password yang baru di new password dan confirm password silahkan kosongkan lalu klik “change”.

Cara Mengetahui Username Dan Password Mikrotik Dengan Android

Untuk cara mengetahui username dan password Mikrotik dengan Android kita akan melakukan beberapa ujicoba yang akan dijelaskan pada tutorial ini. Namun perlu diketahui ada beberapa hal yang harus Anda siapkan seperti Android yang sudah di rooted, dan menyiapkan tiga aplikasi yakni Pry-Fi, ezNetScan, ChameleMAC.

Langah-langkah

  • Yang pertama Anda harus mendownload dan menginstal semua ketiga aplikasi yang disebutkan tadi.
  • Kemudian tentukan target hotspot yang menggunakan Mikrotik dan hotspot target yang sudah ada user yang sukses login. 
  • Pastikan smartphone Android Anda sudah di rooted.
  • Buka aplikasi Pry-Fi dan aktifkan aplikasinya, kemdian Anda akan meliaht MAC Address original adapter wifi pada Android Anda.
  • Silahkan Anda menghubungkan ke hotspot target dan coba untuk membuka browser, dipastikan Anda akan disuruh untuk login terlebih dahulu dengan username dan password.
  • Buka aplikasi ezNetScan, diaplikasi ini Anda akan melihat hotspot yang sudah terhubung dan klik SCAN, tujuannya adalah melihat pengguna hotspot lain yang terhubung ke wifi. 
  • Jika SCAN telah selesai Anda akan melihat berberapa daftar IP dan MAC Address yang terhubung ke wifi Mikrotik tersebut. 
  • Klik pada IP user yang akan kita ambil MAC Addressnya untuk kita gunakan sebagai bypass ke wifi Mikrotik tersebut, setelah itu tekan MAC address untuk menyalin mac address user tersebut. 
  • Buka aplikasi ChameleMAC dan tempelkan MAC Address yang tadi di salin ke dalam kolom. Dan kemudian tekan Apply new MAC untuk mengganti MAC Address, kemudian tekan Change.
  • Jika sudah mengganti MAC address maka otomatis Anda akan terputus dari wifi.
  • Kemudian silahkan Anda buka browser kembali, secara otomatis Anda akan login ke hotspot tersebut dan bisa melakukan browsing. 
  • Selesai.

Mikrotik Password Recovery

Untuk cara menggunakan password recovery sebenarnya kurang efektif karena Anda perlu membuat backup file sebelumnya.

Karena dalam Mikrotik winbox tidak menyediakan forget password sehingga kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkannya dari password recovery ini, namun tidak ada salahnya Anda mencobanya seperti dibawah ini :

  1. Pertama-tama Anda harus mengunjungi situs Password Recovery Tool Mikrotik dengan MRT.
  2. Pilih Choose File, File Mikrotik Backup Anda. 
  3. Klik submit, tools ini akan membaca username dan password Mikrotik dari file backup.
  4. Kemudian akan terlihat daftar user dan password Mikrotik.
  5. Selesai.

Solusi Password Mikrotik Lainnya

Jika sekiranya cara mengetahui password diatas tidak bisa maka Anda bisa menggunakan solusi passwork Mikrotik lainnya seperti berikut ini :

Cara Masuk Mikrotik Tanpa Password

Menjadi orang yang pelupa adalah hal yang sangat menyebalkan apalagi berhubungan dengan konfigurasi password pada perangkat mikrotiknya. 

Namun ada juga orang yang sebelumnya belum sama sekali mengganti password mikrotiknya dengan yang terbaik adalah dengan login dengan menggunakan username admin dengan kolom password yang dikosongi. 

Reset Password Mikrotik

Seperti yang saya katakan bahwa winbox Mikrotik belum memiliki fitur forget password sehingga solusi lainnya adalah mereset RouterBoard Anda. Berikut caranya reset password Mikrotik.

  1. Via Hardware

Setiap RouterBoard pasti memiliki tombol reset fisik yang terdapat pada sisi bawah router, biasanya tombol ini posisinya masuk kedalaman sehingga kita bisa perlu alat bantu untuk menekannya seperti jarum. Cara meresetnya adalah :

  1. Matikan RouterBoard sebelum melakukan reset.
  2. Tekan tombol Reset kurang lebih 5-10 detik sambil menyalakan Routerboard.
  3. Tunggu hingga lampu USR selesai berkedip kemudian lepas tombol reset.

Ada beberapa routerboard yang tidak memiliki board unit, sehingga bisa menggunakan jumper untuk meresetnya. Caranya sebagai berikut :

  1. Hubungkan Jumper dengan menggunakan benda logam seperti obeng untuk mereset Router.
  2. Tahan selama kurang lebih 10 detik.
  3. Nyalakan Routerboard kembali.
  • Via Software

Soft Reset adalah cara untuk mereset RouterBoard via software menggunakan GUI baik itu Winbox, Webfig atau CLI.

    • Via GUI

Caranya dengan pilih menu System > Reset > Centang “No Default Configuration” > klik Reset Configuration.

    • Via CLI

no-defaults=yes adalah sebuah perintah pada CLI agar router ketika proses reset, router tidak kembali ke setting default. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca di sini.

Bypass Login Hotspot Mikrotik

Dalam melakukan Bypass login hotspot Mikrotik anda tidak perlu memasukan username atau password untuk login ke hotspot. Namun pastikan routerOS Mikrotik Anda menggunakan Winbox. Setelah bisa masuk ke RouterOS Mikrotik, maka pilih menu IP > Hotspot.

Pada tampilan hotspot, kita bisa menggunakan menu IP Bindings, Walled Garden atau bisa juga menggunakan IP Walled Garden.

IP Bindings

Teknik IP Bindings ini membuat kita bisa login tanpa melewati autentikasi. Caranya kita harus mengetahui MAC address salah satu perangkat yang terkoneksi ke hotspot tersebut sehingga bisa kita tambahkan ke perangkat kita. 

  1. Pilih menu IP > Hotspot > IP Bindings. Kemudian tambahkan MAC Address dari user yang akan di bypass.
  2. Pada menu TYPE ada tiga macam parameter yakni :
  • Blocked = MAC addres yang didaftarkan otomatis tidak akan mendapatkan layanan hotspot.
  • Bypassed = MAC address yang didaftarkan akan di Bypass sehingga tidak perlu melewati proses autentikasi. 
  • Regular = MAC addres yang didaftarkan melewati proses autentikasi. 

Maka dari itu kita bisa melakukan IP Bindings kepada host yang aktif, caranya yakni pilih host kemudian klik dua kali dan pilih Make Binding.

  1. kemudian akan muncul Hotspot IP Binding, pada parameter Type pilih Bypassed

Walled Garden

Pengguna yang belum melewati proses autentikasi tetapi bisa mengakses website tertentu, dalam hal ini menggunakna teknik walled garden. Contohnya user yang belum terautentikasi bisa membuka website “www.mikrotik.co.id”.

Pilih menu IP > Hotspot > walled Garden. Lalu di parameter Dst.Host diisi *mikrotik.co.id dan pada Action, pilih allow.

IP-Walled Garden

Fungsinya hampir sama dengan Walled Garden namun dapat melakukan bypass terhadap resoure yang lebih spesifik pada protocol dan port tertentu. 

Hal ini dilakukan untuk bypass terhadap server local yang tidak memerlukan autentikasi. Misalnya kita akan melakukan bypass kepada trafik yang menggunakan protokol TCP dan tujuan port 20-21 FTP.

Mikrotik Default Password

Jika berbicara tentang router, pasti semua router memiliki yang namanya default password yang juga terdapat pada Mikrotik yang menggunakan winbox. 

Ketik pertama kali login kedalam Mikrotik tentu kita harus mengganti IP Address komputer menjadi static.

Untuk mengakses Mikrotik ketika baru saja di reset dapat menggunakan port 2 pada Mikrotik atau Mikrotik hap lite.

  • IP Address Default Mikrotik : 192.168.88.1
  • Mikrotik Default Username : admin
  • Mikrotik Default Password : (kosong tidak ada passwordnya)

Demikian artikel tentang bahasan cara mengatasi lupa password Mikrotik dan berbagai solusinya yang bisa Anda coba sendiri. 

Berbicara soal Mikrotik Anda jangan lagi repot-repot mencari router Mikrotik yang original dan berkualitas yakni di NetData atau mengunjungi websitenya di NDS.id. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup