Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Ketika melakukan login untuk mengakses mikrotik seperti biasanya namun yang didapat hotspot mikrotik tidak muncul login page lagi. Jelas hal ini membuat bingung apa yang harus dilakukan terlebih anda ingin masuk ke dalam pengaturan mikrotik. Login page hotspot sendiri merupakan halaman website yang diakses dengan browser Ketika pertama kali terhubung ke sinyal wifi. Pada umumnya captive portal ini menampilkan form username dan password agar perangkat yang anda gunakan dapat mengakses jaringan internet.

Akan tetapi Ketika login page tidak otomatis muncul Ketika pertama kali terhubung ke wifi, lantas apa yang harus dilakukan? Jelas teman-teman bisa mengetikan IP Server hotspot atau DNS name dari server hotspot di browser. Nah dengan car aini, login page hotspot akan muncul. Jelas hal ini cukup merepotkan dan tidak semua orang yang biasa menggunakan wifi hotspot mengetahui car aini. Bahkan juga membuat repot apabila hotspot yang dikelola merupakan hotspot publik atau yang menggunakan voucher.

Tidak hanya itu saja, terkadang ada beberapa jenis tipe smarthphone yang mengalami masalah Ketika melakukan akses login page. Padahal jelas login page sudah diketikan secara manual melalui browser. Untuk itulah sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi login page yang tidak otomatis muncul.

Mari Bahas Jaringan Internet

Jika berbicara hotspot mikrotik tidak muncul login page, tentang hotspot tentunya tidak akan jauh-jauh dari yang namanya jaringan internet. Maka dari itu, mari kita bahas jaringan internet terlebih dahulu secara mendalam agar pembahasan selanjutnya akan terasa mudah dipahami.

Jaringan internet sendiri itu jika diurutkan dari awal sampai sekarang ini terus mengalami perkembangan. Bahkan, secara tidak langsung jaringan internet bisa menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari sebagian besar orang. Bahkan, sudah menjadi kebutuhan premier. Tapi tetap saja, jaringan internet walaupun memiliki banyak manfaat, tidak menutup kemungkinan pula menyimpan dampak negatif.

Pengertian Jaringan Internet

Sebelum kita membahas apa itu Internet, kita harus mendefinisikan apa itu “jaringan”. Jaringan adalah sekelompok komputer yang terhubung yang dapat mengirim data satu sama lain. Jaringan komputer sangat mirip dengan lingkaran sosial, yang merupakan sekelompok orang yang saling mengenal, bertukar informasi secara teratur, dan mengoordinasikan kegiatan bersama.

Internet adalah kumpulan jaringan yang luas dan luas yang terhubung satu sama lain. Bahkan, kata “Internet” bisa dikatakan berasal dari konsep ini: jaringan yang saling berhubungan.

Karena komputer terhubung satu sama lain dalam jaringan dan semua jaringan ini juga terhubung satu sama lain, satu komputer dapat berbicara dengan komputer lain di jaringan yang jauh berkat Internet. Ini memungkinkan pertukaran informasi antar komputer di seluruh dunia dengan cepat, inilah yang dinamakan jaringan internet.

Sejarah Internet

Sejarah awal mula perkembangan internet sendiri berawal dari ARPANET. ARPANET digunakan untuk keperluan non militer secara eksternal pada daerah atau institusi yang membutuhkan. MILNET digunakan untuk keperluan militer secara internal.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin tinggi, kedua jaringan tersebut digabungkan kembali dengan nama DARPA Internet.

Dari nama tersebut disederhanakan kembali agar mudah dikenal yaitu Internet.

Perkembangan Internet

Sejarah Internet dimulai dengan perkembangan komputer elektronik pada tahun 1950-an. Perangkat ini memungkinkan pengumpulan informasi dalam jumlah besar dalam bentuk digital. Konversi informasi ke dalam bentuk digital memungkinkan pengembangan jaringan melalui mana informasi digital ini dapat dibagi.

Melompat lebih jauh, pada 1980-an dan 1990-an, Internet meluas dalam lingkup untuk mencakup kemampuan teknologi informasi universitas dan pusat penelitian, dan, kemudian, entitas publik, lembaga, dan perusahaan swasta dari seluruh dunia. Dan ya, sampai sekarang internet akan terus berkembang.

Manfaat Internet

Bukankah akan sangat sulit jika membayangkan bagaimana kehidupan sekarang ini tanpa internet? Walaupun memang banyak yang ter-ekspose di media adalah bagaimana dampak buruk dari internet, namun secara keseluruhan, dampak positif yang dimilikinya sulit untuk dilebih-lebihkan.

Berikut ini adalah manfaat internet untuk berbagai bidang yang sekarang ini sudah diterapkan dan akan terus dikembangkan.

Bidang Kesehatan

Robot, kecerdasan buatan, realitas virtual, semuanya seperti hal-hal dari film fiksi ilmiah. Namun mereka nyata dan terjadi sekarang.

Setiap industri semakin bergantung pada keajaiban teknologi semacam itu.

Kita semua mendapat manfaat dari kemajuan yang dibuat. Layanan kesehatan meningkat salah satunya. Sekarang mulai banyak aplikasi yang digunakan untuk konsultasi dengan dokter, membeli obat bisa dari rumah, sistem antrian rumah sakit yang lebih canggih, dan masih banyak lagi pemanfaatan internet di bidang kesehatan termasuk robot dan A.I juga ikut berperan penting.

Bidang Informasi

Informasi adalah segalanya. Dan internet penuh dengan itu. Apa pun yang ingin Anda temukan, temukan, dan pelajar Anda langsung membuka Google, bukan?

Itu dia. Tidak ada lagi ensiklopedia, tidak ada lagi argumen yang tidak pernah berakhir, tidak ada lagi ketidakpastian. Anda hanya meminta Google dan mendapatkan jawaban Anda. Itu kuat, dan alasan lain yang mungkin kita semua akan kesulitan jika Anda tiba-tiba tidak hidup dengan internet. Ke mana akan mencari informasi?

Jika internet benar-benar ‘pengaktif yang hebat’, seperti yang dikatakan, maka internet juga merupakan ‘perata yang hebat’. Ini memberikan informasi (alias kekuatan) kepada orang-orang, seperti yang dilakukan mesin cetak di masa lalu.

Bidang Bisnis

Anda dapat mengubah pengikut di Instagram menjadi bisnis yang berkembang pesat. Anda dapat memulai blog dan menghasilkan pendapatan dari iklan. Anda bisa mendapatkan produk penting dari China dan menjualnya di Amazon tanpa harus menyentuhnya!

Ya, inilah internet, sebuah lahan untuk mencari uang yang dan pengembangan bisnis yang masih sangat segar dan masih sangat-sangat luas jika Anda pintar memanfaatkan peluang yang ada.

Bidang Sosial dan Hiburan

Bukan tidak mungkin bahkan semua orang bisa setuju jika internet adalah bidang hiburan dan sosial.

Bawa pergi dan ke mana Anda akan pergi untuk menonton film, serial, dan video viral terbaru? Bagaimana dengan stasiun berita, game online, artikel blog, podcast, presentasi online, atau infografis? Semuanya juga bisa!

Bercakap dengan kolega Anda yang jauh secara real time juga merupakan pemanfaatan positif dari internet untuk bidang sosial dan komunikasi.

Bidang Pendidikan

Untuk siswa sekolah atau perguruan tinggi / universitas mana pun yang membaca ini, dapatkah Anda membayangkan seperti apa pendidikan Anda dengan internet?

Seberapa sulitkah pekerjaan rumah/tugas Anda? Seberapa jauh lebih menantang untuk belajar untuk ujian, mempersiapkan presentasi itu, dan menulis esai itu?

Berikan seorang siswa sebuah komputer dan mereka memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses.

Dampak Negatif Jaringan Internet

Dibalik adanya manfaat, tentunya ada dampak negatifnya. Internet pun demikian, terdapat dampak negatif dari internet yang perlu Anda ketahui dan perlu juga untuk Anda hindari.

Timbulnya Cyber Crime

Serangan siber atau cyber crime mengakibatkan pelanggaran terhadap keamanan data dan sabotase. Data pribadi, kekayaan intelektual, kerusakan fisiologis adalah sasaran empuk. untuk pelanggaran keamanan data. Serangan dapat mengakibatkan kerugian komersial, gangguan operasi dan kemungkinan pemerasan.

Pembuatan dan Penyebaran Konten Ilegal

Salah satu masalah yang sedang dihadapi sekarang ini adalah pembuatan dan penyebaran konten illegal. Konten illegal yang dimaksud untuk sekarang ini adalah berbagai video dan juga foto yang menjurus kea rah pornografi. Tentunya, hal ini bukan menjadi manfaat dari internet.

Konten illegal sendiri memang, jika berbicara konten dewasa, maka orang dewasa yang bisa melihatnya karena sudah bisa berpikir secara logis. Namun jika konten dewasa dilihat oleh anak di bawah umur, pasti akan berbahaya.

Penyebaran Ujaran Kebencian

Ini yang biasanya dinamakan dengan Cyber-Bullying. Cyber-Bullying adalah tindakan menggunakan teknologi media sosial untuk menggertak orang lain dan dalam kasus utama, digunakan secara anonim. Terutama, Cyber-Bullying paling banyak terjadi di sekolah menengah. Penyebab Cyber-Bullying, ada yang mengatakan mereka akan mulai mencari target baru yang tampaknya lebih lemah dari mereka atau beberapa individu akan menggertak hanya untuk meningkatkan ego mereka. 

Di media sosial, para pelajar kini lebih banyak mendapat kesempatan untuk melakukan bully melalui Cyber-Bullying ini termasuk mengirim gambar-gambar kasar atau tweeting pesan fitnah dan sebagainya. Berita Cyber-Bullying semakin meningkat setiap hari yang menyadarkan masyarakat akan dampak yang mungkin terjadi. 

Jika siswa memahami efek Cyber-Bullying maka mereka dapat mengetahui bagaimana memperlakukan orang-orang yang menjadi korban Cyber-Bullying dan mengetahui bagaimana menggunakan, berkomentar dan memposting di media sosial dengan cara yang benar yang tidak mempengaruhi orang lain.

Pengertian Apa Itu Wifi ?

Teknologi wifi memang sekarang ini sudah semakin maju dan juga penggunaannya sangatlah banyak, entah itu untuk bisa tersambung dengan smartphone Anda untuk mengakses berbagai informasi atau tersambung ke laptop Anda untuk bisa bekerja.

Wifi adalah teknologi jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk memungkinkan transfer data berkecepatan tinggi melalui jarak pendek. Biasanya digunakan untuk menyediakan akses Internet broadband nirkabel untuk berbagai perangkat. 

Perkembangan Dari Wifi

Teknologi Wifi berawal dari keputusan tahun 1985 oleh Komisi Komunikasi Federal AS yang merilis pita spektrum radio pada 900 megahertz (MHz), 2,4 gigahertz (GHz), dan 5,8 GHz untuk penggunaan tanpa izin oleh siapa pun. Perusahaan teknologi mulai membangun jaringan dan perangkat nirkabel untuk memanfaatkan spektrum radio yang baru tersedia, tetapi tanpa standar nirkabel umum, pergerakan tetap terfragmentasi, karena perangkat dari produsen yang berbeda jarang kompatibel.

Akhirnya, sebuah komite pemimpin industri datang dengan standar umum, yang disebut 802.11, yang disetujui oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) pada tahun 1997. Dua tahun kemudian sekelompok perusahaan besar membentuk Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA), sekarang Wifi Alliance), sebuah organisasi nirlaba global yang dibuat untuk mempromosikan standar nirkabel baru. WECA menamai teknologi baru itu Wifi.

Standar 802.11 yang asli mengizinkan kecepatan transmisi data maksimum hanya 2 megabit per detik (Mbps); 802.11ax, dijuluki Wi-Fi 6 oleh Wi-Fi Alliance dan diperkenalkan pada 2019, memiliki kecepatan teoritis maksimum 9,6 gigabit per detik (Gbps).

Manfaat Jaringan Wifi

Terdapat berbagai manfaat dari wifi yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Wifi memang sangat bisa diandalkan jika Anda menginginkan teknologi masa kini yang serba tanpa menggunakan kabel. Sekarang ini, teknologi kabel memang seiring berjalannya waktu mulai dikurangi dan digantikan dengan teknologi wifi.

Apa saja sebenarnya manfaat jaringan wifi yang secara nyata bisa Anda rasakan dan Anda manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari Anda?

1. WiFi Digunakan Untuk Koneksi Internet

Salash satu manfaat yang sangat terasa dari adanya wifi adalah Anda bisa menggunakannya untuk terkoneksi dengan internet. Wifi adalah teknologi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer, tablet, smartphone, dan perangkat lain ke internet.

Wifi adalah sinyal radio yang dikirim dari router nirkabel ke perangkat terdekat, yang menerjemahkan sinyal tersebut menjadi data yang dapat Anda lihat dan gunakan. Perangkat mengirimkan sinyal radio kembali ke router, yang terhubung ke internet melalui kabel atau kabel.

2. Berbagi File dan Folder

Perlu berbagi file atau folder ke perangkat lain yang terhubung ke jaringan Anda? Mentransfer file antar mesin hanya memerlukan beberapa perubahan pada pengaturan komputer Anda. ini tentunya hanya memanfaatkan koneksi wifi sudah bisa daripada Anda menggunakan teknologi kabel yang terbilang ribet.

Dengan 2 device yang terkoneksi dengan 1 koneksi wifi, Anda bisa melakukan transfer data dengan mudah dan cepat.

3. Sinkronisasi Handphone Tanpa USB

Apakah Anda masih menggunakan kabel data untuk mentransfer data dari handphone ke PC? Itu memang tidak ada salahnya. Tapi ketika Anda malah lupa membawa kabel USB apakah Anda tidak bisa lagi untuk transfer data? Tentu saja tidak!

Teknologi wifi bisa digunakan untuk sinkronasi handphone dengan PC atau laptop tanpa menggunakan USB. Tentunya ini adalah hal yang sangat bermanfaat dari penggunaan wifi.

4. Mencetak pada Printer

Sekarang, mencetak pada printer tidak perlu adanya yang namanya kabel. Untuk sebagian besar printer sekarang ini, memang sudah menggunakan teknologi wifi. Jadi, walaupun tanpa menggunakan kabel selama device yang Anda gunakan terkoneksi dengan jaringan wifi dari printer Anda masih tetap bisa melakukan printing pada printer tersebut.

5. Mentransfer Foto dan Video Dari Kamera Digital

Kamera digital masa sekarang ini juga memiliki teknologi dimana Anda bisa melakukan transfer foto dan video dari kamera digital ke device yang ingin Anda kirimkan. Entah itu komputer, laptop, bahkan smartphone selama tersambung dengan wifi yang sama transfer data bisa dilakukan.

Mengapa Menggunakan Wifi 

Banyak alasan mengapa Anda harus menggunakan wifi. Bukan hanya sekedar Anda bisa mendapatkan internet dengan secara bersamaan saja, namun ada lebih banyak lagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari Anda menggunakan wifi.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan ini sangat bisa Anda dapatkan jika Anda memilih wifi di rumah Anda daripada Anda tidak memasangnya sama sekali.

Hemat Biaya Internet

Dalam situasi di mana Anda memiliki akses ke Wi-Fi gratis seperti di rumah, kantor atau beberapa kafe, bandara, dan hotel. Lebih masuk akal untuk menggunakan metode ini untuk menghubungkan ponsel Anda ke Internet.

Misalnya, jika Anda memiliki koneksi Internet yang tidak tertutup di rumah, Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke router melalui Wifi dan mengunduh semua pembaruan atau perangkat lunak yang diperlukan tanpa harus membayar penyedia internet handphone Anda.

Ada Paket Unlimitednya

Penyedia seluler sering mengalokasikan sejumlah data secara gratis setiap bulan dan membebankan biaya kepada Anda untuk penggunaan data apa pun di luar ini. Dengan menghubungkan melalui Wifi di mana pun tersedia, Anda dapat menyimpan data yang dibundel untuk situasi di mana Anda mungkin tidak dekat dengan hotspot Wifi.

Penyedia layanan wifi menyediakan paket unlimited yang membuat Anda bisa browsing sepuasnya selama jangka waktu yang ada dalam paket internet tersebut.

Jaringan Cenderung Stabil

Dalam banyak situasi, kecepatan Anda menggunakan koneksi Wifi khusus yang kuat lebih cepat daripada menggunakan jaringan seluler Anda. Meskipun perbedaannya mungkin tidak terlalu jelas jika Anda hanya membaca email atau memeriksa halaman Web, perbedaannya sangat terlihat saat mentransfer file yang lebih besar.

Bisa Digunakan Oleh Banyak Orang

Aktivitas seperti streaming audio dan video mendapat manfaat dari latensi yang lebih rendah yang dikaitkan dengan penggunaan hotspot Wifi. Jika Anda perlu mengunduh file besar atau streaming media ke ponsel cerdas Anda dengan tergesa-gesa, jauh lebih baik melakukannya melalui Wifi. Jadi, wifi ini bisa digunakan secara bersamaan dan banyak orang. Bayar satu paket internet untuk banyak device tentu membuat hemat juga bukan?

Apa Itu DHCP Server

Ketika berbicara tentang jaringan internet terutama pada jaringan internet yang besar dan terdiri dari beragam device maka DHCP mungkin bukanlah sebuah kata yang tidak asing untuk Anda dengarkan.

Namun, sebenarnya apakah yang dinamakan DHCP dan apa itu sebenarnya DHCP server serta fungsi dan cara kerjanya? 

Penjelasan Singkat DHCP Server

Server DHCP adalah server jaringan yang secara otomatis menyediakan dan menetapkan alamat IP, gateway default, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat klien. Itu bergantung pada protokol standar yang dikenal sebagai Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP untuk menanggapi permintaan broadcast oleh client.

DHCP server secara otomatis mengirimkan parameter jaringan yang diperlukan agar client dapat berkomunikasi dengan benar di jaringan.

Fungsi DHCP Server

DHCP server dapat mengontrol berbagai alamat IP dan mengalokasikannya ke klien, baik secara permanen atau untuk jangka waktu tertentu. Server menggunakan mekanisme sewa untuk menentukan berapa lama klien dapat menggunakan alamat tidak permanen.

Fungsi dari DHCP server terdapat berbagai hal yang bisa Anda rasakan dan bisa Anda manfaatkan, diantaranya adalah:

1. Mengelola dan Mendistribusikan Alamat IP

DHCP menopang semua distribusi alamat IP dan merupakan bagian penting dari konfigurasi subnet mask, gateway default, dan informasi server DNS. Server DHCP menetapkan alamat IP secara otomatis, yang biasanya dapat menghemat waktu administrator TI (karena mereka tidak perlu melalui proses ini secara manual).

2. Mencegah IP Conflict

Ketika DHCP relatif baru banyak yang berpendapat bahwa layanan ini menimbulkan ancaman keamanan karena memberikan peretas permukaan serangan baru. Hal ini tentu benar. Namun, menetapkan alamat IP secara manual bukan hanya mimpi buruk pemeliharaan; itu juga meningkatkan kemungkinan konflik alamat IP secara signifikan. Saat ini, sebagian besar admin setuju bahwa keuntungan dari DHCP jauh lebih besar daripada kekurangannya.

Jika Anda ingin meningkatkan keamanan, Anda dapat menetapkan alamat IP ke alamat MAC secara manual di server DHCP Anda.

3. Memperbarui Alamat IP Secara Otomatis

Jika Anda telah mengonfigurasi komputer Anda untuk Mendapatkan alamat IP secara otomatis, terkadang seperti setelah Anda mengubah alamat IP gateway jaringan Anda seperti router, Anda perlu memperbarui alamat IP komputer Anda untuk mengakses router. DHCP bisa membantu untuk bisa memperbarui alamat IP secara otomatis.

4. Mendukung Penggunaan Kembali Alamat IP

Jika klien DHCP terhubung kembali ke jaringan, mungkin dapat menggunakan kembali alamat IP yang sebelumnya telah dialokasikan untuk itu. Jika agen relai DHCP disebarkan, agen relai DHCP memproses pesan DHCP.

Cara Kerja DHCP Server

Bayangkan ketika Anda memiliki jaringan perangkat yang terhubung dan server DHCP yang mengelola alamat IP, bagaimanakah Anda bisa tahu bagaimana cara kerja dari DHCP server?

1. IP Least Discovery

Saat Anda menghubungkan perangkat baru, perangkat tersebut masih belum memiliki alamat IP. Ini akan mencari alamat IP. Ini akan memanggil melalui jaringan untuk server DHCP. Permintaan ini akan sampai ke semua perangkat, dan server juga akan mendapatkannya.

2. IP Least Offer

DHCP mendengar panggilan, dan menjawab dengan alamat IP, yang ditawarkannya ke perangkat yang baru terhubung.

3. IP Lease Request

Alamat IP tiba ke perangkat. Perangkat akan menerimanya dan akan mengirim permintaan untuk menggunakannya.

4. IP Lease Acknowledge

Server mendapatkan pesan penerimaan dari perangkat. Ini akan memberikan alamat IP ke perangkat, bersama dengan subnet mask dan server DNS. Ini akan menulis catatan dengan informasi perangkat yang baru terhubung yang biasanya menyertakan alamat MAC perangkat yang terhubung, alamat IP yang ditetapkan, dan tanggal kedaluwarsa alamat IP tersebut. 

DHCP menyewakan alamat IP untuk waktu yang terbatas saja. Setelah waktu berlalu, alamat IP akan kembali ke kumpulan IP dari alamat IP yang tersedia dan dapat ditetapkan ke perangkat baru lagi.

Apa Itu Hotspot

Sebelum Membahas hotspot mikrotik tidak muncul login page, Apakah Anda pernah dengan tentang hotspot? Bahkan Anda malah sering menggunakannya. Tapi apa sebenarnya pengertian tentang hotspot dan apa saja jenis-jenis dari hotspot yang perlu Anda ketahui?

Berikut ini adalah penjelasan secara singkatnya mengenai berbagai macam informasi tentang hotspot.

Penjelasan Singkat Hotspot

Hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat mengakses Internet, biasanya menggunakan Wifi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) dengan router yang terhubung ke penyedia layanan Internet.

Jenis – jenis Hotspot

Anda mungkin menghubungkan ponsel cerdas atau laptop ke Internet melalui beberapa hotspot Wifi sepanjang hari, baik di kantor, di rumah, atau di lokasi umum seperti kedai kopi dan bandara. Menggunakan hotspot adalah cara mudah untuk tetap terhubung dengan kesibukan Anda.

Terdapat berbagai jenis hotspot yang dimana Anda perlu tahu apa saja perbedaannya.

1. Hotspot Gratis

Tempat-tempat seperti kedai kopi, perpustakaan, dan toko ritel mungkin menawarkan koneksi hotspot publik gratis untuk pelanggan. Di beberapa kota, pemerintah kota atau ISP juga dapat menyediakan koneksi WiFi publik gratis di beberapa area.

2. Hotspot Berbayar

Namun, ada juga jenis hotspot yang tidak berbayar. Biasanya fasilitas hotspot berbayar kepada pengguna untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP).

3. Hotspot Berbayar ke Operator WiFi Hotspot

Layanan ini dimiliki oleh berbagai perusahaan seperti Hyper Hotspot, Biznet Hotspot, Maxindo, NusaNet, D~NET merupakan layanan jaringan internet Indonesia yang memiliki banyak pengguna mobile. Jenis HotSpot ini biasanya sangat diminati oleh orang-orang yang sering bepergian jauh seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis.

Komponen Wifi

Dalam membuat sebuah jaringan yang bisa disebut dengan wifi, terdapat beberapa komponen yang membangunnya. Tentu saja tidak hanya wifi muncul, terdapat yang menimbulkannya, mengaturnya, dan menyebarkannya.

Access Point

Jaringan nirkabel menggunakan access point (AP), juga disebut wireless access point (WAP), untuk menyediakan gateway ke jaringan kabel dan adaptor jaringan area lokal nirkabel (adaptor WLAN atau hanya adaptor nirkabel) untuk menyediakan hubungan antara jaringan nirkabel PC client dan AP.

Penjelasan Singkat Access Point

Access point adalah perangkat keras jaringan yang terhubung ke jaringan kabel. Ini kemudian membuat WLAN untuk mendistribusikan sinyal nirkabel dari lokasi itu. Pengguna kemudian dapat terhubung ke titik akses nirkabel (yang biasanya dapat mengadopsi pengaturan WiFi router) memungkinkan jangkauan nirkabel yang diperluas, meningkatkan jumlah pengguna secara bersamaan dan banyak lagi.

Router

Router sebenarnya tidak terlalu diperlukan dalam membuat sebuah jaringan wifi. Anda tidak perlu memiliki router untuk menggunakan Wifi selama Anda tidak mencoba berbagi sambungan Internet. Router Wifi konsumen umum sebenarnya adalah perangkat kombinasi yang mencakup sakelar jaringan, router jaringan, dan titik akses Wifi.

Client

Client juga sangat penting dalam pembentukan dimana Anda bisa menikmati sinyal wifi yang Anda gunakan pada berbagai device yang terhubung dengan wifi tersebut.

Apa Itu Client

Wifi client merupakan perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi (nirkabel). Perangkat apa pun yang mengirim dan menerima Wifi, seperti laptop, printer, ponsel cerdas, atau kamera, adalah client Wifi.

Cek Produk Access Point lainnya dari NetData :

Mengatasi Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Ada beberapa cara yang teman-teman dapat lakukan untuk bisa mengatasi login page hotspot mikrotik tidak muncul login page. Pertama jelas hal ini dikarenakan kesalahan dalam konfigurasi DNS Server. Untuk membuat sebuah server hotspot, anda harus membuat DHCP Server terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Ketika ada device yang terhubung ke Access Point bisa mendapat IP secara otomatis. Permasalahan hotspot mikrotik tidak muncul login page memang sering terjadi dan membuat jengkel.

Selain itu juga kesalahan urutan NAT juga menjadi salah satu faktor login page tidak muncul. Fungsi dari NAT sendiri pada mikrotik ialah untuk meredirect. Login page yang tidak muncul secara otomatis bisa jadi karena urutan default untuk hotspot berubah.  Untuk mengatasi berubahnya urutan NAT untuk hotspot, anda bisa membuat ulang server hotspot dengan begitu urutan firewall NAT akan berubah menjadi default dan urut.

Mudahnya Atasi Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Tidak ada koneksi internet juga menjadi pemicu hotspot mikrotik tidak muncul login page. Jelas Ketika tidak ada koneksi internet, akses internet tidak dapat berjalan. Bahkan login page juga tidak akan secara otomatis muncul. Hal ini dikarenakan tidak adanya koneksi internet. Untuk itulah sebelum dilakukan perubahan, anda bisa melakukan pengecekan terhadap koneksi internet.

Bug pada router juga bisa menjadi login page tidak muncul. Pihak dari mikrotik sendiri secara berkala selalu melakukan pembaharuan atau bahkan melakukan penambahan fiture. Hal inilah yang membuat munculnya bug pada routerOS karena kesalahan setting. Untuk itu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini jelas dengan mendowngrade ke versi sebelumnya atau bahkan mengupgrade ke versi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup