Langkah Mudah Atasi Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Ketika melakukan login untuk mengakses mikrotik seperti biasanya namun yang didapat hotspot mikrotik tidak muncul login page lagi. Jelas hal ini membuat bingung apa yang harus dilakukan terlebih anda ingin masuk ke dalam pengaturan mikrotik. Login page hotspot sendiri merupakan halaman website yang diakses dengan browser Ketika pertama kali terhubung ke sinyal wifi. Pada umumnya captive portal ini menampilkan form username dan password agar perangkat yang anda gunakan dapat mengakses jaringan internet.

Akan tetapi Ketika login page tidak otomatis muncul Ketika pertama kali terhubung ke wifi, lantas apa yang harus dilakukan? Jelas teman-teman bisa mengetikan IP Server hotspot atau DNS name dari server hotspot di browser. Nah dengan car aini, login page hotspot akan muncul. Jelas hal ini cukup merepotkan dan tidak semua orang yang biasa menggunakan wifi hotspot mengetahui car aini. Bahkan juga membuat repot apabila hotspot yang dikelola merupakan hotspot publik atau yang menggunakan voucher.

Tidak hanya itu saja, terkadang ada beberapa jenis tipe smarthphone yang mengalami masalah Ketika melakukan akses login page. Padahal jelas login page sudah diketikan secara manual melalui browser. Untuk itulah sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi login page yang tidak otomatis muncul.

Mengatasi Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Ada beberapa cara yang teman-teman dapat lakukan untuk bisa mengatasi login page hotspot tidak otomatis muncul. Pertama jelas hal ini dikarenakan kesalahan dalam konfigurasi DNS Server. Untuk membuat sebuah server hotspot, anda harus membuat DHCP Server terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Ketika ada device yang terhubung ke Access Point bisa mendapat IP secara otomatis. Permasalahan hotspot mikrotik tidak muncul login page memang sering terjadi dan membuat jengkel.

Selain itu juga kesalahan urutan NAT juga menjadi salah satu faktor login page tidak muncul. Fungsi dari NAT sendiri pada mikrotik ialah untuk meredirect. Login page yang tidak muncul secara otomatis bisa jadi karena urutan default untuk hotspot berubah.  Untuk mengatasi berubahnya urutan NAT untuk hotspot, anda bisa membuat ulang server hotspot dengan begitu urutan firewall NAT akan berubah menjadi default dan urut.

Mudahnya Atasi Hotspot Mikrotik Tidak Muncul Login Page

Tidak ada koneksi internet juga menjadi pemicu hotspot mikrotik tidak muncul login page. Jelas Ketika tidak ada koneksi internet, akses internet tidak dapat berjalan. Bahkan login page juga tidak akan secara otomatis muncul. Hal ini dikarenakan tidak adanya koneksi internet. Untuk itulah sebelum dilakukan perubahan, anda bisa melakukan pengecekan terhadap koneksi internet.

Bug pada router juga bisa menjadi login page tidak muncul. Pihak dari mikrotik sendiri secara berkala selalu melakukan pembaharuan atau bahkan melakukan penambahan fiture. Hal inilah yang membuat munculnya bug pada routerOS karena kesalahan setting. Untuk itu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini jelas dengan mendowngrade ke versi sebelumnya atau bahkan mengupgrade ke versi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup