Ulasan Lengkap Seputar LAN

LAN, tentu kita sering mendengar nama jaringan yang satu ini jika kita sedang berada dalam satu ruangan dengan komputer yang sangat banyak misalnya di dalam warnet, lab komputer, dan perkantoran.

Apalagi saat ini DAN ini juga menjadi sebuah bisnis bagi perusahaan IT yang memberikan layanan manage service LAN.

Lalu apa sih local area network itu?, apa manfaatnya, apa jenisnya? Nah di artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang jaringan lokal yang satu ini, mari kita simak berikut ini.

Pengertian LAN

Pengertian LAN merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang paling kecil atau terbatas.

Contohnya yakni Manage service local area network dalam sebuah perkantoran, sekolah, rumah, atau dalam jaringan warnet. Sehingga dalam komunikasi jaringan komputer berjarak tidak lebih dari satu kilometer dan menggunakan koneksi yang sangat cepat mulai dari 2 hingga 100 Mbps.

Perusahaan IT saat ini memberikan layanan manage service LAN yang memberikan solusi untuk perusahaan atau individu yang ingin membangun divisi jaringan local area network yang lebih terstruktur.

Karakteristik LAN

Berbicara manage service LAN tentu kita harus mengetahui karakteristik LAN yang berbeda dari karakteristik jaringan lainnya, berikut beberapa karakteristik LAN :

LAN memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jaringan MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Adapun beberapa karakteristik manage service LAN adalah sebagai berikut:

  • LAN memiliki wilayah atau ruang lingkup yang lebih sempit seperti area sekolah, kantor, warnet, dan rumah.
  • LAN memiliki transfer data yang lebih tinggi.
  • LAN dapat berfungsi alias dapat berkomunikasi walaupun LAN tidak membutuhkan akses internet.

Fungsi Jaringan LAN

Fungsi utama jaringan manage service LAN adalah untuk menghubungkan beberapa komputer pada suatu jaringan, sehingga proses kerja memiliki kecepatan yang lebih baik.

Sesuai dengan pengertian LAN sebelumnya, adapun tujuan LAN adalah sebagai berikut :

  • Untuk menghubungkan perangkat komputer di suatu area yang kecil.
  • Untuk melakukan komunikasi antar komputer dan perangkat jaringan.
  • Untuk membuat komputer agar bisa mempercepat proses berbagi data dan program antar komputer pada sebuah jaringan.
  • Hemat biaya operasional karena perangkat dalam satu jaringan dapat dipakai secara bersamaan.

Komponen Dasar Jaringan LAN

Manage service LAN memiliki komponen dasar yang sudah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menghubungkan beberapa komputer.

Berikut adalah beberapa komponen dasar LAN adalah sebagai berikut :

  • Server, merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terkoneksi dalam suatu jaringan.
  • Workstation, merupakan host atau node yang berupa suatu sistem komputer.
  • Link, dimana bagian dari jaringan Manage service LAN yang menghubungkan peralatan seperti workstation dan server secara fisik.
  • Network Interface Card (NIC), dari namanya saja sudah terlihat bahwa NIC adalah rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani Network protocol.
  • Network Software, merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan menjalankan jaringan LAN.

Prinsip Jaringan LAN

Dalam layanan manage service LAN tentu kita perlu mengetahui apa saja prinsip jaringan LAN yang meliputi perangkat keras yang digunakan untuk membangun sebuah jaringan LAN seperti komputer server, client, hub, switch dan lainnya.

  1. Komputer server merupakan komputer utama atau induk yang menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh klien dan pengguna.
  2. Komputer klien atau pengguna akan mengambil dan juga mengakses informasi dari komputer server dengan bersamaan.
  3. Paket data dan juga informasi yang diminta oleh komputer client dan user akan ditransmisikan oleh komputer server yang berperan sebagai transmitter dengan kabel jaringan ataupun media konektivitas wireless.
  4. Server akan memberikan informasi atau data ke komputer klien melalui perangkat jaringan seperti hub, switch, dan bridge yang akan memfilter, membagi, dan menyalurkan data sesuai dengan jalur yang sudah dibuat.
  5. Paket data yang sudah ditransmisikan maka komputer klien akan melakukan permintaan yang berperan sebagai receiver, yang siap menerima informasi dan juga paket data yang dikirim oleh server.
  6. Dalam proses transfer dan termasuk transmisi datanya, sebuah Info atau paket data bakal lewat layer atau lapisan khusus untuk sanggup didefinisikan dan termasuk ditransmisikan ke setiap perangkat-perangkat jaringan.
  7. Komputer server maupun komputer client yang saling terhubung dalam Manage service LAN, bakal gunakan protocol protocol jaringan tertentu, supaya sanggup saling terhubung, dan saling berkomunikasi, seperti protocol TCP / IP
  8. LAN termasuk sanggup dimanfaatkan untuk mentransmisikan jaringan internet baik secara nirkabel ataupun gunakan kabel.
    Prinsipnya cuma bersama gunakan access point, ataupun router yang telah terkoneksi bersama jaringan internet.
    Anda cuma perlu menghubungkan sebagian komputer user berikut bersama access point atau router yang sidah mempunyai akses internet, dan semuak komputer yang tersambung ke dalam jaringan LAN berikut sanggup lakukan akses ke dalam jaringan internet.

Manfaat LAN

  • Berbagi Sumber Daya

Resource sharing bertujuan supaya semua program atau perangkat lunak, peralatan, terlebih informasi digunakan oleh tiap-tiap orang yang tersedia terhadap jaringan sehingga tanpa dipengaruhi oleh data dan pemakai.

Pengguna juga dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dan mentransfer informasi antar workstation dengan terlampau mudah.

Akan beroleh reliable tinggi dengan miliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file mampu tersalin ke dua atau tiga buah mesin.

Sehingga apabila salah satu mesin berikut tidak terpakai (akibat ada masalah terhadap perangkat kerasnya), maka salinan lainnya yang tersedia terhadap mesin lain mampu digunakan.

  • Dapat menghemat biaya pengeluaran

Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer mainframe lebih kurang memiliki kecepatan sepuluh kali lipat kecepatan komputer pribadi.

Akan tetapi, harga mainframe seribu kali lebih mahal. Ketikaseimbangan rasio harga ini sebabkan untuk membangun sistem yang terdiri berasal dari komputer pribadi.

Workstation mampu sharing peralatan layaknya printer, tentu saja ini akan lebih murah terkecuali dibandingkan dengan belanja sebuah printer untuk satu workstation.

  • Keamanan informasi lebih terjamin

Berbicara soal keamanan informasi sudah menjadi hal yang mutlak, setiap jaringan tentu akan dipasang dengan Firewall yang baik maka jaringan berikut maka akan menyebabkan serangan berasal dari luar menjadi sulit.

Memungkinkan seseorang administrator dalam jaringan dapat mengontrol kumpulan data yang penting sehingga dapat diakses oleh pengguna tertentu.

  • Meningkatkan keefektifan pekerjaan

Sepanjang jaringannya dipasang bersama firewall yang baik maka jaringan selanjutnya dapat sebabkan serangan berasal dari luar menjadi sulit. Memungkinkan seseorang administrator di dalam jaringan mampu mengontrol data-data yang penting yang hanya mampu diakses oleh user khusus saja.

  • Paperless

Paperless, ya tidak memakai kertas atau mengurangi kertas. Kita ketahui bahwa kertas terbuat dari pohon.

Sehingga dengan mengurangi penggunaan kertas kita akan membantu membuat bumi menjadi lebih hijau sekaligus mengurangi pengeluaran biaya kertas.

  • Pengaturan data

Dengan adanya jaringan komputer dapat membuat pengelolaan organisasi data-data yang penting hingga backup data menjadi lebih mudah.

  • Hardware sharing

Dengan adanya jaringan maka bisa menyebabkan perangkat jaringan seperti printer yang bisa dipakai dalam satu jaringan, tidak hanya printer saja namun layaknya scanner.

Tentunya ini termasuk akan menyebabkan keuangan menjadi lebih efisien dikarenakan tidak perlunya membeli printer untuk satu komputer.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Pada jaringan lokal atau Manage service LAN ini tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya, berikut penjabarannya:

Kelebihan

  1. Dapat melakukan pengiriman data ke suatu server lalu ke klien.
  2. Penggunaan jaringan lokal membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.
  3. Keamanan dan kerahasiaan data ataupun investasi lebih terjamin karena LAN memiliki sistem keamanan berupa autentikasi kata sandi.
  4. Tidak membutuhkan terlalu banyak kabel.
  5. Antarmuka pengguna yang digunakan merupakan fasilitas baku.
  6. Dapat menciptakan jaringan yang dapat menghubungkan antar sistem dan berbagai perangkat.
  7. Menghemat waktu karena jaringan Manage service LAN dapat mentransfer data dari komputer ke komputer lebih cepat.
  8. Dapat menghubungkan berbagai jaringan LAN melalui serat optik ,kabel pasangan, cahaya inframerah dan kabel pasangan.

Kekurangan

  1. Apabila terlalu banyak perangkat yang terhubung maka kecepatan dapat menurun.
  2. Aplikasi harus dirancang untuk multi user.
  3. LAN memiliki kecepatan modem yang lambat.
  4. Komputer yang terhubung dalam satu jaringan atau topologi apabila terkena virus maka semua komputer rentan juga terkena virus
  5. Sistem dalam satu jaringan maka masih ada kemungkinan jaringan rentan untuk diretas.
  6. Dalam ruang lingkup LAN yang sempit ini tentu hanya bisa digunakan untuk menghubungi
  7. Karena semua komputer/PC terhubung dalam satu jaringan atau topologi maka ketika salah satunya terinfeksi virus, komputer lainnya juga akan bervirus
  8. Sistemnya menggunakan 1 Jaringan maka masih ada kemungkinan jaringan bisa diretas
  9. Mengenai lokasi LAN hanya dapat terhubung antar komputer dalam satu gedung misalnya di dalam satu kampus, dalam satu ruang dengan menggunakan sistem server dan klien.

Topologi LAN

Topologi LAN merupakan pengaturan sistem komputer saling terhubung dalam satu jaringan. Topologi ini juga penting dalam manage service LAN yang menentukan aspek fisik dan logika pada jaringan tersebut.

Dalam sebuah topologi logika dan fisik manage service LAN bisa juga sama atau juga berbeda dalam jaringan yang sama. Berikut adalah jenis-jenis topologi LAN :

Topologi Mesh (Point to point)

Topologi mesh adalah jenis topologi host yang terhubung ke satu atau beberapa host. Topologi ini memiliki host yang terdapat pada point-to-point dengan setiap host lain atau mungkin juga host yang berada di dalam koneksi point-to-point dengan hanya beberapa host.

kelebihan dan kekurangan LAN

Host pada  topologi mesh juga berfungsi sebagai relay apabila host lain tidak memiliki direct point-to-point links. Teknologi topologi mesh hadir dalam dua tipe yakni :

  • Full Mesh:semua host memiliki koneksi point-to-point ke setiap host lain dalam sebuah jaringan. Tipe ini memiliki struktur jaringan yang paling reliabel di antara semua topologi jaringan.
  • Partially Mesh: tipe ini tidak semua point-to-point ke host lainnya. Host terhubung satu sama lain.

Topologi Bintang (Star Topologi)

Topologi bintang ini merupakan topologi dimana semua perangkat yang terhubung ke hub sebagai koneksi point-to-point nya.

Sehingga ada sebuah titik yang ditunjuk sebagai host dan hub. Untuk perangkat hub bisa berupa salah satu layer berikut ini :

Layer-1 device seperti hub atau repeater

Layer-2 device seperti switch atau bridge

Layer-3 device seperti router atau gateway

topologi star

Untuk topologi star ini tidak membutuhkan biaya yang mahal yang hanya membutuhkan satu kabel saja.

Topologi Cincin (Ring Network)

Topologi ring ini merupakan topologi yang menghubungkan dua mesin dan lainnya. Menciptakan bentuk yang melingkar.

ketika satu host mencoba untuk berkomunikasi atau mengirim pesan kepada host yang tidak berdekatan dengannya, setiap data atau informasi akan dikirimkan melalui semua host perantara.

Jika ingin menambahkan satu host lagi maka Anda hanya memerlukan satu kabel ekstra.

topologi cincin

Apabila terjadi kegagalan dari salah satu host maka seluruh host akan mengalami kegagalan koneksi yang serupa.

Topologi Bus

Topologi bus ini memiliki jalur komunikasi tunggal atau kabel. Topologi bus mungkin memiliki masalah dalam hal mengirim data bersamaan dari masing-masing host.

Topologi bus adalah salah satu topologi yang memiliki bentuk jaringan sederhana dimana kegagalan perangkat tidak mempengaruhi perangkat lain.

Namun apabila terjadi kegagalan pada salah satu jalur komunikasi maka semua jalur akan berhenti berfungsi.

topologi bus

Setiap ujung saluran terdapat terminator yang mana jika data dikirim hanya dalam satu arah dan begitu mencapai ujung maka akan menghapus data tersebut.

Topologi Pohon (Tree Network)

Topologi pohon atau tree terkenal akan topologi hirarki nya, bentuk topologi jaringan yang paling umum digunakan saat ini, topologi sedikit mirip dengan topologi star yang diperluas dan mewarisi sifat topologi bus.

Topologi tree membagi jaringan ke beberapa tingkatan atau lapisan jaringan. Terutama pada Manage service LAN yang terdapat tiga jenis perangkat jaringan.

Dimana paling bawah adalah access layer dimana komputer tersebut terpasang. Lapisan tengah merupakan lapisan distribusi, yang berfungsi sebagai penengah atau mediator antara lapisan bawah dengan lapisan atas.

topologi pohon

Mirip dengan topologi bus dimana salah satu root mengalami down maka seluruh jaringan akan terganggu. Walaupun bukan satu-satunya kegagalan, setiap koneksi merupakan titik kegagalan.

Peralatan dan perangkat LAN

Manage service LAN tentu akan membutuhkan alat-alat atau perangkat jaringan komputer adalah perangkat yang secara fisik yang memiliki fungsi masing-masing sehingga dapat membangun sebuah jaringan komputer.

Apa saja perangkat Manage service LAN yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan? Berikut contoh perangkat jaringan komputer :

Kabel UTP (unshielded twisted pairs)

Kabel UTP atau “Unshielded twisted pair” digunakan sebagai penghubung antar perangkat LAN dan sistem telepon.

Kabel UTP ini terdiri dari 4 warna konduktor tembaga yang dibungkus dengan proteksi. Kabel UTP ini terhubung ke perangkat jaringan melalui konektor modular 8 pin yang disebut dengan RJ-45.

Hampir semua jaringan Manage service LAN dapat menggunakan kabel UTP ini yang juga dilengkapi dengan konektor RJ-45.

Kategori UTP

Terdiri dari 5 kategori atau level untuk kabel UTP, dimana kategori ini dibagi juga menurut sinyal suara kecepatan rendah atau low speed voice dan sinyal LAN berkecepatan tinggi.

Kategori 5 UTP ini direkomendasikan sebagai kategori minimum untuk instalasi Manage service LAN yang cocok untuk topologi star.

Berikut tabel kategori UTP:

Kategori Performansi (MHz) Penggunaan
Cat 1 1 Voice, Mainframe, Dumb Terminal
Cat 2 4 4 MB Token Ring
Cat 3 10 10MB Ethernet
Cat 4 20 16 MB Token Ring
Cat 5 100 100 MB Ethernet

Konektor RJ-45

Seperti yang sudah dibahas pada bagian kabel UTP bahwa konektor RJ 45 ini merupakan konektor yang dipergunakan dalam instalasi jaringan kecil atau Manage service LAN.

Konektor ini merupakan penghubung kabel UTP dengan NIC yang mana port ini juga banyak digunakan adalah port RJ45.

Ciri-ciri paling mendasarnya adalah terdapat warna konektor yang terdiri dari 8 warna untuk urutan warna kabel lan agar memudahkan pemasangan.

Untuk memasangnya dibutuhkan teknik crimping menggunakan tang crimping konektor RJ 45. Tetapi jika terjadi kesalahan pada saat pemakaian maka konektor harus diganti dengan yang baru karena hanya sekali pakai.

Tang Crimping

Tang crimping atau Crimp tool ini merupakan alat yang wajib untuk instalasi jaringan Manage service LAN terutama untuk memasang kabel UTP pada konektor RJ45. Untuk bentuk tang ini memang bermacam-macam namun fungsinya sama yakni untuk memotong dan mengupas kabel dan lain-lain.

tang crimping

Kartu Jaringan (LAN Card)

Kartu jaringan (LAN Card) adalah sebuah kartu yang berfaedah sebagai jembatan berasal dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi jadi dua jenis, yaitu NIC yang berupa fisik, dan NIC yang berupa logis.

Switch / Hub Gambar 7 Switch/Hub

Hub dan Switch merupakan 2 hardware yang berbeda. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda juga.

Switch bakal membebaskan penggunanya untuk menyesuaikan tiap-tiap port yang ada. Jadi, Switch juga bisa didefinisikan sebagai sebuah jaringan yang bisa menghubungkan banyak jaringan berdasarkan MAC Address.

Sedangkan Hub bisa dibedakan menjadi 2 yaitu Hub pasif dan Hub Aktif. Apa bedanya? Untuk Hub aktif punya faedah sebagai repeater. Jadi, Hub tipe ini bisa mengirimkan transmisi yang sudah diperkuat. Sedangkan untuk Hub pasif sendiri punya faedah yang bisa memisahkan dan membagi tAnda yang masuk untuk ditransmisikan ke jaringan.

Berikut ini adalah hub gambar 7 switch:

switch

LAN Tester

LAN tester adalah sebuah alat yang bermanfaat untuk pengecekan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) atau kabel LAN. Sebelum pengecekan kabel UTP perlu telah terpasang RJ-45 atau RJ-11. Ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk manage service LAN.

Urutan kabel local area network yang salah akan terdeteksi dengan menggunakan alat ini. Urutan warna kabel local area network memang harus sesuai dengan kebutuhan.

Instalasi LAN (Local Area Network)

Dalam network management service tentunya instalasi local area network yang benar adalah salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan.  Kepanjangan LAN dari Local Area Network yang merupakan suatu jaringan yang di mana perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi di dalam tempat yang terbatas.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dalam instalasi LAN, diantaranya adalah pengkabelan kabel UTP, setting LAN di komputer, konfigurasi IP address, dan folder printing sharing. Akan dibahas satu-satu.

Pengkabelan Kabel UTP

  1. Kupas Bagian ujung kabel UTP, lebih kurang 2 cm.
  2. Buka pilinan kabel, luruskan dan urutankan kabel sesuai stAndar TIA/EIA 368B
  3. Setelah urutannya sesuai stAndar, potong dan ratakan ujung kabel, Masukan kabel yang udah lurus dan sejajar selanjutnya ke dalam konektor RJ-45, dan pastikan seluruh kabel posisinya sudah benar.
  4. Lakukan crimping memanfaatkan crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan seluruh pin (kuningan) terhadap konektor RJ-45 sudah menggigit tiap-tiap kabel. Setelah selesai terhadap ujung yang satu, laksanakan ulang terhadap ujung yang lain.
  5. Langkah paling akhir adalah mengecek kabel yang udah kami bikin tadi dengan memanfaatkan LAN tester, caranya masukan tiap-tiap ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing-masing port yang ada terhadap LAN tester, nyalakan dan pastikan seluruh lampu LED menyala sesuai dengan rangkaian kabel yang kami buat.
  6. Pastikan ujung kabel UTP yang sudah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel (warna biru) terhitung ikut sedikit masuk kedalam konektor.

Jika mencari kabel local area network yang bagus, Anda bisa memilihnya dengan merk Draka. Draka menjadi salah satu kabel koneksi LAN terbaik yang digandrungi oleh masyarakat. Produk unggulan kabel UTP Draka pada lain adalah Category 5e, Category 6, Category 6A, Category 7, Category 7A, dan Category 8A.

Setting LAN di Komputer

  1. Pertama Klik start yang ada di pojok bawah kiri pc Anda, klik Control panel
  2. Lalu Klik Network Connections
  3. Klik Properties
  4. Pada General Klik Internet Protocol (TCP/IP), Lalu akan nampak Internet Protocol (TCP/IP) Properties
  • Ip address: 192.168.13.6
  • Netmask: 255.255.255.224
  • Gateway: 192.168.13.1
  • Preferred DNS: 202.152.19.130
  • Alternate DNS: 202.152.5.36

Konfigurasi IP Address

  1. Klik kanan icon network Anda
  2. Setting-IP-01
  • Jika Anda menggunakan wifi icon akan berbentuk seperti sinyal / wifi
  • Jika Anda menggunakan kabel LAN icon akan berbrntuk seperti gambar berikut
  1. Pilih “Open Network and Sharing Center”
  2. Setting-IP-02
  3. Lalu klik pada network yang Anda gunakan
  4. Setting-IP-03
  5. Lalu pilih “Details..”
  • Untuk cara no 4 & 5 hanya dilakukan jika di tempat Anda terdapat koneksi internet, jika tidak ada langsung menuju step ke-6.
  1. Setting-IP-04
  2. Lalu catat pada bagian IPv4 Address
  • Pada step ini Anda perlu mencatat IP Anda dan Gateway Anda, agar Anda bisa tetap bisa terhubung dengan internet
  • Setting-IP-05
  • Pilih Properties
  1. Setting-IP-06
  2. Pilih / Double klik pada “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”
  3. Setting-IP-07
  4. Lalu pilih Pilih “Use the following IP address”.
  1. Jika di tempat Anda terdapat koneksi internet Anda bisa isi IP address, Subnet mask dan Default Gateway seperti yang tertera sebelumnya (pada no 5)
  2. IP Address : 192.168.1.2

    Subnet mask : 255.255.255.0

    Default Gateway : 192.168.1.1

    Dan untuk settingan client bisa isi sama seperti di atas hanya bisa IP addressnya saja, bisa di isi urut 192.168.1.3 dst.

    1. Jika sudah selesai klik OK
    2. Setting-IP-08
    3. Pilih Ok lagi., Komputer Anda sudah tersetting ipnya.

Folder dan Printer Sharing

  1. Buka Control Panel > Printer plus Faxes, klik kanan pada Printer Anda > Pilih Sharing
  2. Selanjutnya akan muncul Tab Sharing Properties. Pastikan Anda memilih Checkbox Share this printer, Beri Nama sesuka Anda dan akhiri dengan klik OK. Jika ada permintaan CD Windows, atau konfirmasi dari printer sharing, menentukan “Just Enable File plus Printer Sharing” dan Klik OK
  3. Sampai di sini setting pc host sudah selesai.

Selanjutnya Tahap kedua, yakni Setting Printer di komputer klien. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel > Printer plus Faxes >Pada tab di sebelah kiri pilih Add a Printer.
  2. Selanjutnya akan terbuka Add Printer Wizard, Klik Next
  3. Pilih tipe printer yang akan digunakan, pastikan Anda memilih Network Printer > Next
  4. Browse printer pada jaringan Anda, pastikan Anda tidak salah alamat akhiri dengan Next
  5. Komputer akan mengkonfirmasi apakah Printer Jaringan ini akan dijadikan Printer Utama? Pilih sesuai kebutuhan
  6. Akhiri Wizard dengan klik Finish

Urutan dan Jenis Kabel LAN

Susunan kabel LAN bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu urutan kabel local area network Straight dan Cross. Keduanya memiliki urutan warna kabel LAN yang berbeda-beda dalam hal network service local area network.

Kabel LAN Straight (Lurus)

Untuk susunan warna kabel straight ujung satu dengan ujung lainnya sama. Nah urutannya seperti berikut:

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Kabel LAN Straight

Kabel LAN Cross (Silang)

Warna kabel cross ujung 1

  1. Putih orange
  2. Orange
  3. Putih hijau
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. coklat

Warna kabel cross ujung 2

  1. putih hijau
  2. hijau
  3. putih orange
  4. biru
  5. putih biru
  6. orange
  7. putih coklat
  8. coklat

Warna kabel cross ujung 2

Informasi Lainnya LAN

Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih lanjut mengenai manage service LAN, maka ada berbagai informasi terkait LAN berikut ini.

Cara Membuat Kabel LAN

  1. Potong panjang kabel sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kuliti bungkus luar kabel, seruas jari kelingking saja. Hati-hati kabel kecil di dalamnya terpotong.
  3. Urut-urut kabel kecil di dalamnya agar lurus, agar gampang dimasukan ke konektor RJ45nya.
  4. Masukan kabel ke konektor RJ45nya, pastikan semua ujungnya sampai mentok di konektornya. Agar kabelnya tergigit oleh tembaga konektornya.
  5. Jepit konektornya mengfungsikan tang crimping, posisi kabel jgn sampai tertarik atau pastikan masuk bersama dengan benar kabelnya.
  6. Done, Anda telah selesai.

Untuk melakukan tester apakah kabel berfungsi dengan baik atau tidak, Anda bisa menggunakan alat LAN tester.

Cara Mengetahui Password Wifi yang Terhubung Dengan Kabel LAN

Sebenarnya, ada 2 cara untuk mengetahui password Wifi yang terhubung dengan kabel LAN. Yaitu dari control panel dan command prompt.

  1. Cara dengan control panel
  2. Masuk ke menu setting, lalu klik Change adapter connectionCara Mengetahui Password Wifi yang Terhubung Dengan Kabel LAN
  3. Lalu klik kanan pada jaringan yang terkoneksi dan klik StatusKabel LAN
  4. Klik wireless properties dan masuk ke tab security, lalu centang Show password4.	Klik wireless properties dan masuk ke tab security, lalu centang Show password
  5. Menggunakan Command Prompt
  • Klik menu start > pada search program and files ketikkan CMD lalu ketikkan netsh wlan show profile name SSID key=clear lalu enter

*note ganti nama SSID dengan nama wifi anda sendiri

  • Maka info profile interface wireless network connections akan ditampilkan dan password wifi akan ditampilkan pada informasi key content

Sharing Internet Via LAN

  1. Pergi ke Control Panel à Network and Internet à Network and Sharing Center
  2. Selanjutnya pergi ke Change Adapter Setting pada sebelah kiri window. Klik kanan pada wifi adapter à Klik Properties.
  3. Masuk ke tab Sharing lalu cek box yang pertama à klik OK.
  4. Setting IP ethernet pc sebagai gateway.
  5. Setting ip pc yang tersambung dengan LAN untuk mendapatkan share connection.

Cara Setting LAN

Sharing LAN ini dilakukan untuk melakukan share dokumen antar komputer yang ada pada satu topologi jaringan. Menghubungkan antara komputer ini menggunakan kabel local area network dengan jenis Straight.

LAN Tidak Terdeteksi

Seringkali saat sudah merasa terkoneksi, kabel LAN tidak terkoneksi, penyebabnya bisa saja KAN yang Anda pasang tidak tertancap dengan baik rusak, atau driver belum terinstall.

Caranya memperbaikinya mudah:

  1. Klik tombol Windows + R
  2. Jalankan perintah “devmgmt.msc: dan klik enter
  3. Nanti Anda akan masuk ke setting Network Adapter
  4. Coba lihat, apakah LAN sudah terinstall atau belum, jika mungkin sudah, maka ada kemungkinan kabel LAN yang digunakan error bukan LAN Card nya.

Cara memperbaikinya cukup mudah:

  1. Gunakan driver yang tersedia. sementara belanja LAN Card, di didalam dus penjualannya pastilah disajikan driver bawaan yang kompatibel bersama dengan LAN Card tersebut, Install driver tersebut. tetapi jikalau ternyata tidak tersedia driver di dalamnya, Advanced ataupun hilang. kamu sanggup melaksanakan download manual driver berikut di google.
  2. Cabut dan bersihkan slot LAN Card bersama dengan penghapus ataupun benda halus lainnya, lebih-lebih di bagian kuningan konektornya.
  3. Cek bentuk fisik berasal dari LAN Card yang digunakan, apakah tersedia goresan, benturan, bintik hitam ataupun perihal lainnya yang mengindikasikan kerusakan terhadap LAN Card, jikalau iya maka kembalikan lah ke penjual ataupun belanja LAN Card baru.

LAN Tester Terbaik

Untuk mengetes apakah kabel LAN berjalan dengan baik mungkin Anda bisa memilih harga kabel LAN yang sedikit lebih mahal dan Anda memerlukan LAN tester dengan kualitas yang bagus juga. Sebenarnya semua LAN tester fungsinya sama dalam dunia manage service LAN. Tapi untuk yang terbaik dan sangat umum digunakan adalah LAN Tester seperti gambar dibawah.

LAN Tester Terbaik

Tertarik dengan produk Aruba Switch 2540 dari Netdata? Kamu bisa hubungi langsung disini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup