Wifi Sering Lelet Karna Banyak Pengguna? Yuk Ketahui Cara Membatasi Kecepatan Wifi mu

kecepatan-wifi

Apakah Anda terkadang merasa sangat kesal ketika sedang berinternet dengan menggunakan wifi yang niat Anda adalah agar hemat dan kecepatannya cepat malah yang terjadi adalah kecepatannya sangat lemot? Coba Anda melihat sekitar, apakah hanya Anda saja yang menggunakan sinyal wifi tersebut? jika memang Anda sebagai client, tentunya ada beberapa cara agar internet mu sendiri cepat, adalah dengan cara membatasi kecepatan wifi.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Ya, cara yang satu ini adalah cara yang sangat penting jika memang koneksi internet Anda sajalah yang sebenarnya sangat penting untuk mendapatkan sinyal yang bagus dan juga dengan kecepatan internet yang kencang. Mungkin ini terdengar individualis, namun faktanya banyak yang menggunakan cara ini agar terasa antara satu dengan yang lainnya merasa adil dan tidak semena-mena menggunakan koneksi internet yang mungkin saja gratis ini.

Sebelum Membatasi Kecepatan Wifi Anda Harus Melakukan Hal Ini

Sebelum Anda membatasi kecepatan wifi, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan terlebih dahulu. Karena jika beberapa step dibawah ini tidak Anda lakukan, maka yang terjadi selanjutnya adalah sia-sia. Simak pembahasan berikut untuk melakukan pembatasan kecepatan internet pada wifi Anda.

Cari IP Gadget yang Anda Gunakan

Cari alamat IP gadget misalkan saja pada router, umumnya ditulis di bawah router. Balikkan saja router dan lihat sisi bawahnya. Mayoritas router memiliki 192.168.1.1 atau 192.168.0.1. Setelah Anda mendapatkan alamatnya, buka salah satu browser web Anda.

Listing IP Gadget Anggota Rumah

Selanjutnya adalah dengan Anda mendata IP gadget yang sekiranya memang penting untuk gadget tersebut layak untuk tidak mendapatkan Batasan kecepatan internet. Misalkan saja pada rumah, Anda list satu persatu gadget anggota rumah Anda. Ini sangat penting agar tidak terjadi kesalah pahaman antara keluarga mengapa kecepatan internetnya dibatasi.

Tentukan Kecepatan WiFi pada Masing-masing IP

Setelah itu, hal terakhir adalah dengan menentukan kecepatan wifi pada masing-masing IP. Pastikan dibagi sesuai dengan kesepakatan. Jadi, dengan Anda melakukan pembatasan kecepatan internet, kecepatannya tidak akan melebihi batas yang sudah Anda tentukan. Sebenarnya ini juga merupakan cara yang bagus untuk Anda bisa menghemat jika misalkan saja ISP yang ada di rumah Anda tidaklah unlimited sepenuhnya dan masih menggunakan FUP atau kuota data.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi

Jadi, bagaimana cara membatasi kecepatan Wifi? Penjelasannya mungkin berbeda-beda untuk setiap device router yang Anda gunakan. Jadi, dibawah ini adalah beberapa cara membatasi kecepatan wifi pada router yang pada umumnya banyak sekali digunakan.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi di Router TP-Link

       1. Buka Perutean Lanjut > Pengaturan Kontrol

Klik Aktifkan kontrol bandwidth, sekarang di Engress bandwidth (Download speed) dan Ingress bandwidth (Upload speed), tulis kecepatan maksimum yang disediakan oleh penyedia Internet Anda. 

       2. Sekarang pergi ke Advance Routing >> Daftar Aturan

Sekarang paste alamat IP yang sudah Anda copy ke IP Range dan kirim bandwidth minimum ke 0 dan maksimum ke apa pun yang Anda inginkan agar pengguna dibatasi. Misalnya 1000 untuk membatasi pengguna pada 1Mbps dan klik Save.

       3. Itu dia! Sekarang pengguna IP yang dipilih hanya akan mengakses kecepatan yang ditentukan oleh Anda menggunakan aturan ini.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi di Router Indihome

  1. Masuk ke alamat IP 192.168.1.1 lalu lengkapi kolom Username dan Password untuk Login.
  2. Jika sudah, klik menu Network > Wireless (92,2GHz).
  3. Selanjutnya kalian cukup mengubah Mode Wifi menjadi Mode B.
  4. Kemudian klik Save.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi di Router D-Link

       1. Pergi ke Advanced > Traffic control

Anda akan melihat bagian bernama QoS Rules, sekarang klik tombol Add.

       2. Paste alamat IP yang disalin ke IP source dan ubah Up Floor, Down Floor Up Ceiling dan Down Ceiling (Ada kemungkinan bahwa router lain memiliki beberapa nama unik yang berbeda untuk ini) menjadi apa pun yang Anda inginkan. Seperti jika Anda ingin membatasinya hingga 1Mbps, tulis 1000Kbps dan klik Tambah/Simpan.

Cara Membatasi Kecepatan Wifi di Router Tenda

  1. Masuk ke alamat IP 192.168.0.1.
  2. Lengkapi data Login menggunakan akun yang Anda miliki.
  3. Selanjutnya klik menu Advanced > DHCP Client List untuk menampilkan alamat IP yang tersambung di Wifi Indihome kalian.
  4. Klik tab QoS > Bandwidth Control.
  5. Lalu input alamat IP yang akan dibatasi kecepatan internetnya dan klik bagian Upload / Download.
  6. Tentukan kecepatan Wifi Indihome yang diinginkan pada kolom Bandwidth Range.
  7. Sekarang klik Add to List lalu pilih OK.
  8. Selesai

Manfaat Memberi Batasan Pada Kecepatan Wifi

Yang menjadi pertanyaan sebenarnya adalah, “Mengapa harus membatasi kecepatan internet? Bukankah itu adalah hal yang sangat tidak adil bagi orang yang menggunakannya?”. Tenang, tentu saja ada beberapa alasan mengapa harus adanya pembatasan kecepatan pada wifi. Berikut ini adalah alasannya.

Menikmati Internet dengan Kecepatan yang Stabil Setiap Bulannya

Apakah Anda sering mengalami internet yang Anda bayar setiap bulannya kepada ISP mengalami kecepatan yang naik turun? Kadang cepat sekali dan kadang sangat lambat, download gambar dengan ukuran 1Mb saja membutuhkan waktu selamat 5 menit lebih, tentunya sangat menjengkelkan.

Daripada hal tersebut terjadi, mungkin ada baiknya Anda membiasakan untuk membatasi kecepatan internet Anda. Dengan adanya pembatasan kecepatan internet, Anda akan mulai terbiasa dengan speed internet tersebut dengan menganggap bahwa jaringan internet yang Anda miliki stabil. Namun apakah itu alasan utamanya? Tentu saja tidak!

FUP Lebih Irit

Alasan utamanya adalah agar FUP menjadi irit. FUP bisa disebut sebagai pembatasan penggunakan internet secara wajar. Jadi, setiap ISP pasti ada FUP nya walaupun mereka memberikan layanan unlimited selamat satu bulan. Namun, pasti Anda pernah mengalami setelah menggunakan internet selama 15 hari, 15 hari selanjutnya internet terasa sangat lemot. Apakah 15 hari lalu Anda selalu menggunakan internet dengan intens dan mendownload berbagai video dan juga menonton video dengan kualitas 4K?

Dengan pembatasan internet, Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan internet dan FUP bisa lebih irit, sehingga internet akan menjadi sangat stabil sampai di akhir bulan.

Memberi Pelajaran Pada Perangkat yang Menyambung Wifi Anda Tanpa Izin 

Apakah Anda merasa sangat kesal ketika wifi yang Anda miliki di rumah Anda digunakan tanpa izin Anda oleh tetangga Anda atau para bocah yang selalu rebut bermain game di teras rumah Anda dan menggunakan wifi Anda tanpa izin? Tentu saja itu adalah hal yang sangat menjengkelkan bukan? Tidak izin dan malah merugikan Anda, kecuali jika izin terlebih dahulu dan menggunakannya dengan batas wajar mungkin masih oke-oke saja.

Dengan adanya pembatasan internet, IP yang tidak terdaftar bisa jadi internetnya sangat lambat. Maka dari itu, perhatikan point diatas tadi terkait untuk melakukan listing IP gadget anggota rumah Anda.

Mengurangi Kecepatan Internet yang Terlalu Cepat, Sehingga Tidak di Salah Gunakan untuk Mengakses Situs-situs yang Kurang Penting

Terkadang jika Anda terlena dengan internet yang koneksinya cepat membuat Anda membuka situs yang tidak penting, misalkan saja untuk mendownload game dengan ukuran yang sangat besar sampai puluhan Gb.  Tentunya ini akan membuat FUP Anda akan menjadi cepat habis dan selanjutnya speed internet Anda akan menurun.

Kesimpulan

Itulah tadi mengenai bagaimana cara membatasi kecepatan internet dari berbagai device dan penjelasan untuk manfaatnya. Apakah Anda merasa bingung untuk melakukan pembatasan kecepatan internet? Konsultasikan kepada NETDATA yang sangat bisa mengatasi berbagai urusan IT termasuk untuk jaringan internet rumah atau kantor Anda.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Loading

internal_server_error <![CDATA[WordPress &rsaquo; Galat]]> 500