Jitu! Cara Mempercepat Kinerja Laptop

mempercepat kinerja laptop

Cara mempercepat kinerja laptop merupakan keyword yang cukup ramai di cari oleh banyak orang di Google dari dulu hingga saat ini.

Baik dikarenakan apakah laptopnya tiba-tiba lemot pada saat digunakan atau memang spesifikasi laptopnya rendah.

Ya benar bahwa laptop lemot tidak selalu dikarenakan spesifikasinya yang rendah bisa saja ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan, hingga memang umur laptop yang sudah uzur. Lalu apa saja agar laptop tidak lemot?

Apa Itu Laptop?

Sebelum membahas cara mempercepat kinerja laptop kita perlu mengetahui definisi dari laptop itu sendiri.

Laptop merupakan perangkat komputer yang memiliki mobilitas tinggi. Dimana laptop sendiri berdasarkan dari kata lap yang artinya pangkuan, sedangkan top artinya atas. Pada dasarnya laptop ini dapat digunakan pada saat duduk dan diletakan di pangkuan Anda dimanapun dan kapanpun.

Sehingga secara sederhana laptop ini adalah komputer yang didesain seringkas mungkin, fleksibel, serta dapat dibawa kemana-mana.

Fungsi Laptop

Cara mempercepat kinerja laptop berkaitan dengan fungsi laptop yang memudahkan pekerjaan. Berikut fungsi laptop yang sebetulnya juga menjadi fungsi komputer berikut ini :

Mengetik dan membuat presentasi

Mengetik adalah hal yang paling umum dilakukan oleh pengguna komputer. Selain untuk pengetikan, komputer juga biasanya digunakan sebagai media presentasi, dengan menggunakan salah satu perangkat lunak bernama Microsoft Power Point.

 

Media Hiburan

Komputer selain dipakai untuk kerja tentu dapat digunakan sebagai media hiburan seperti menonton film, mendengarkan musik, bersosial media, hingga bermain game. Ada beberapa game yang lebih menyenangkan jika dimainkan dengan menggunakan laptop.

Desain, Editing Foto, dan Video

Desain dan editing baik foto maupun video tentu menggunakan komputer dengan menggunakan aplikasi editing. Contoh aplikasi editing adalah After Effect, Adobe Ilustrator, Photoshop, maupun Corel Draw.

Dengan laptop maka proses editing menjadi lebih fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja apalagi dengan daya listrik yang lebih rendah.

Apa Beda Laptop dan PC?

Apakah laptop dan PC ini berbeda? Jika berbeda apa saja perbedaan antara Laptop dan PC dalam bahasan artikel cara mempercepat kinerja laptop tentu harus mengetahui hal tersebut antara lain :

PC

PC atau Personal Computer memiliki kelebihan seperti spesifikasi yang lebih tinggi yang memang didesain untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti editing, rendering, hingga bermain game berat. 

Serta PC ini memiliki kelebihan dalam kemudahannya untuk diupgrade setiap komponen yang ada di dalamnya seperti Prosesor, Ram, VGA card, Motherboard, dan komponen lainnya.

Dengan kemudahan mengganti komponen tersebut membuat PC ini jauh lebih mudah untuk diperbaiki jika ada kerusakan.

Laptop

Laptop adalah komputer yang didesain khusus dengan ukuran yang ringkas, ringan, dan praktis tentunya untuk dibawa kemana-mana.

Laptop juga dapat mengerjakan tugas-tugas berat dengan syarat spesifikasi yang harus mumpuni. 

Penyebab Laptop Lemot

Ada beberapa hal yang mampu membuat laptop menjadi lemot seperti misalnya :

  1. Hard Disk Sudah Lama
  2. Hard Disk Penuh
  3. Terlalu Banyak Temporary Files
  4. Terlalu Banyak Startup Program
  5. Browser Terlalu Berat
  6. Jarang Melakukan Update OS
  7. Infeksi Malware

Cara Mempercepat Kinerja Laptop       

Dari beberapa penyebab laptop lemot diatas adapun cara mempercepat kinerja laptop berikut ini :

      1. Keluar dari latar dan program yang tak digunakan

Latar belakang layar dan program yang tidak digunakan biasanya tetap berjalan tanpa diperintah. Hal ini tentu akan memakan sumberdaya dari prosesor dan memori laptop sehingga menjadi lemot. Maka dari itu tutuplkah jendela program yang tidak ingin Anda jalankan guna menghemat ruang memori dan sumberdaya prosesor.

      2. Tutup tab browser yang tidak perlu

Bekerja menggunakan browser dengan internet  tanpa sadar kita membuka tab dengan jumlah yang banyak. Ingat bahwa setiap tab yang dibuka tentu akan memakan memori ram yang cukup banyak. Tutuplah tab pada browser Anda pada saat sudah tidak digunakan lagi.

      3. Restart laptop

Restart laptop sesering mungkin karena cara ini bisa digunakan untuk membersihkan memori cache sementara.

      4. Mengawasi aplikasi startup

Aplikasi startup diam-diam akan terus menumpuk sehingga mempengaruhi waktu boot pada laptop dan terasa lemot sekali.

Untuk menonaktifkan aplikasi startup Anda bisa menekan Ctrl+Shift+Esc untuk membuka task manager dan klik tab startup kemudian hilangkan centang kolom aplikasinya.

      5. Copot program yang tidak diperlukan

Adapun program yang tersimpan di dalam hardisk Anda namun tidak sering Anda pakai alangkah baiknya Anda uninstall program tersebut.

Selain membuat hardisk Anda menjadi lebih lega Anda juga dapat membuat laptop Anda menjadi lebih cepat.

Kesimpulan

Itulah cara mempercepat kinerja laptop yang dapat Anda praktekan pada laptop Anda sendiri. Jikalau Anda ingin memiliki laptop cepat tanpa lemot maka Anda bisa memeriksa sendiri isi dari laptop Anda. Semoga cara yang sudah disampaikan dari Netdata mudah di mengerti  dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup