Solusi Masalah Kinerja Jaringan di Perusahaan

jaringan perusahaan

Era modern saat ini menuntut semua pelaku bisnis baik individu maupun jaringan perusahaan harus memperbaharui teknologi IT yang ia miliki.Teknologi IT tentu akan memberikan sebuah kemudahan dalam berbisnis dan juga mempermudah proses operasional.

Salah satu teknologi IT yang harus diterapkan terutama bagi perusahaan adalah adanya jaringan didalam perusahaan. Jaringan di dunia IT sendiri adalah menghubungkan semua komputer yang ada dalam satu ruang lingkup tertentu.

Misalnya perusahaan yang memiliki cabang di luar negeri akan lebih baik memiliki jaringan WAN yang dapat menghubungkan perusahaan pusat dengan perusahaan cabang. Keuntungannya tentu pengiriman data perusahaan lebih aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Lalu apa tidak ada kekurangannya? Tentu semua teknologi memiliki kekurangan dan juga kendala terhadap penerapannya. Nah di artikel kali ini kita akan lebih fokus membahas tentang masalah apa saja yang sering muncul dalam penerapan jaringan dalam perusahaan.

Masalah Yang Sering Muncul

Jaringan komputer dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam menunjang aktivitas manusia baik untuk bersosialisasi hingga untuk kepentingan bisnis.

Setiap teknologi tak terkecuali jaringan komputer ini tentu memiliki keuntungan dan juga kekurangan dalam penerapannya.

Berikut ini adalah kekurangan atau masalah yang sering muncul dalam penerapan jaringan komputer terutama bagi kepentingan bisnis.

Perangkat Yang Tidak Berfungsi

Perangkat jaringan adalah benda yang tidak bisa digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Apabila perangkat jaringan bekerja dengan baik maka jaringan akan lancar untuk digunakan. 

Namun apa jadinya apabila perangkat jaringan tidak bekerja dengan baik atau malah tidak berfungsi sama sekali alias rusak, tentu jaringan yang dibangun tidak bisa digunakan.

Lalu bagaimana kita bisa mengatasi perangkat yang tidak berfungsi? Jawabannya adalah dengan menggunakan alat monitoring tool.

Apa itu monitoring tool? Perangkat ini berfungsi sebagai pemantau sekaligus mendeteksi setiap perangkat yang tidak berfungsi dengan benar.

Sehingga teknisi jaringan bisa langsung mengetahui alat mana yang perlu diperbaiki atau perlu diganti dengan yang baru.

Buruknya Konfigurasi Perangkat Jaringan

Selain perangkat yang bermasalah, konfigurasi perangkat tersebut juga mempengaruhi kinerja dalam jaringan yang Anda buat.

Setiap perangkat jaringan yang diinstall tentu kita harus melakukan pengujian terlebih dahulu apakah perangkat sudah bekerja dengan baik.

Apabila sudah mengetahui konfigurasi mana yang tidak bekerja dengan baik maka kita dapat melakukan konfigurasi ulang. Ingin tau tentang produk aruba access point untuk jaringan perusahaan yang lebih baik ? kalian bisa cek lengkapnya disini ya.

Penggunaan Bandwidth Yang Melebihi Batas

Bandwidth yang melebihi dari batas merupakan kendala yang biasa terjadi akibat pengguna yang sangat banyak.

Lalu ada juga perangkat atau pengguna yang memakan bandwidth yang sangat besar sehingga perangkat lain tidak kebagian.

Caranya kita bisa memonitoring perangkat mana yang memakai bandwidth dan mengoptimalkan pemakaian agar tidak terlalu mengganggu jaringan yang lain.

Kegagalan Piranti Jaringan

Kegagalan piranti jaringan ini bisa dikarenakan berbagai hal misalnya saja kegagalan dari LAN card komputer, kegagalan perangkat switch, hingga kegagalan di switch atau hub utama.

Solusinya yakni dengan mengganti LAN card dengan LAN card yang baru.

Tidak Bisa Sharing Data

Fungsi dari jaringan untuk membagi data ke sesama komputer yang terkoneksi dalam jaringan tersebut.

Adapun masalah yang timbul seperti tidak bisa sharing data ke sesama komputer. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya option sharing masih dalam mode disable sehingga kita tidak bisa melakukan sharing.

Caranya dengan cara membuka Network > Internet Access di bagian menu desktop. Kemudian klik kanan Network > Open Network and Sharing Center. Pilih mode turn on file and printer sharing > Save Changes.

Kegagalan Kabel Jaringan

Adapun masalah yang paling umum yakni terputusnya kabel jaringan yang sudah pasti tidak bisa mengirimkan data ke komputer lainnya.

Kabel yang putus ini bisa terletak dimana saja misalnya saja di bagian antar switch sehingga satu jaringan lumpuh total. Ingin tau jaringan yang mendunia saat ini ? kalian bisa cek detailnya disini ya.

Kerusakan Pada Kabel Dan Konektor Jaringan

Kabel dan konektor adalah media penghubung antar komputer dalam satu jaringan. Kabel yang digunakan dalam jaringan LAN ada tiga jenis : 

  • Kabel UTP dengan Konektor RJ45

Kabel UTP dengan konektor RJ45 harus dipasang dengan benar dan jangan sampai longgar, adapun kesalahan pemasangan hingga kabel putus.

Kita bisa melihat apakah lampu indikator tidak hidup pada jaringan atau pada Hub/Switch. Tetapi jaringan ini jarang terjadi kesalahan karena menggunakan rangkaian paralel.

  • Kabel Coaxial dengan Konektor BNC

Kabel jenis Coaxial sebenarnya sudah mulai ditinggalkan karena memiliki kecepatan yang tidak secepat kabel serat optik.

Kabel ini juga sering mengalami gangguan seperti konektor yang longgar, kabel yang terbuka resistor pada terminating konektor hingga kabel short.

  • Kabel Serat Optik dengan Konektor SC dan ST

Gangguan pada kabel serat optik sebenarnya sangat jarang terjadi namun kalau terjadi tetap akan membutuhkan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan.

Jika terjadi kerusakan pada kabel atau konektor maka kita harus mengganti seluruh kabel dan konektor dengan yang baru.

Gangguan Pada Hub/Switch

Hub atau switch merupakan sebuah terminal pembagi sinyal data yang berbentuk kartu jaringan. Apabila hub atau switch terganggu maka jaringan bisa lumpuh total.

Kerusakan pada switch bisa dilihat pada indikator lampunya biasanya jika ada kerusakan indikator akan mati. 

Solusi dengan switch atau hub yang mati ini adalah dengan menggunakan switch yang baru atau bisa diservice di tempat yang memang ahli dalam menangani switch atau hub.

Virus

Virus sudah menjadi hal yang biasa membuat kepala kita pusing karena dapat merusak sistem komputer yang ada. Virus juga bisa mengganggu jaringan dengan cara memakan bandwidth yang ada sehingga menjadi lemot.

Solusi untuk menangkal virus ini adalah dengan mempertebal pertahanan keamanan antivirus di komputer server hingga di komputer klien.

Kegagalan Sistem

Kegagalan sistem biasanya terjadi akibat masalah DHCP server yang tidak bisa memberikan IP address ke klien.

Selain itu bisa juga dikarenakan oleh sistem Directory Services Anda sehingga client tidak bisa terkoneksi ke jaringan. Penyebab lainnya yakni adanya masalah dengan register nama pada sistem DNS Anda.

Koneksi Putus-Putus

Masalah jaringan yang mungkin sering dialami adalah koneksi yang putus-putus. Hal ini biasanya diakibatkan oleh jaringan telepon yang menurun.

Solusinya adalah seluruh kabel rumah Anda harus di cek atau memanggil perusahaan telepon yang berwenang.

Masalah Pada Network Connection

Masalah yang terdapat terhadap Network Connection terdapat terhadap nomer IP, gateway, dan lainnya yang kosong. 

Bisa termasuk standing jaringan tersambung dan masih sanggup membuka information jaringan via IPX/SPX/NetBIOS, tapi nomor IP tidak ada yang membawa dampak akses internet mati.

Komputer Tidak Terdeteksi Oleh Komputer Lain

Masalah ini kerap terjadi diakibatkan alamat yang digunakan dan IP yang kosong. Solusinya adalah mengganti IP address agar sanggup terdeteksi oleh komputer lain. 

Atau dengan cara mengecek apakah komputer Anda sanggup tersambung bersama komputer orang lain. Caranya adalah bersama klik Start > ketik “ping IP address”. 

Bila terlihat balasan Reply From …. (IP address computer lain), maka artinya computer Anda telah tersambung bersama baik. Namun kecuali terlihat Request Time Out, maka komputer Anda tidak sanggup tersambung bersama komputer lain.

Koneksi Lambat

Masalah yang terjadi di jaringan komputer koneksi yang lambat biasanya disebabkan oleh banyaknya komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

Atau juga bisa dikarenakan oleh aktivitas klien yang sibuk mengunduh atau upload malware yang bisa memakan bandwidth.

Solusinya adalah dengan mengupdate antivirus, menggunakan bandwidth management, atau anti spyware.

Jika tetap tidak bisa maka bisa menambahkan kecepatan bandwidth hingga menggunakan browser yang ringan.

Managed Service Solusi Jaringan Perusahaan

Bagi perusahaan yang ingin menggunakan jaringan di dalam perusahaan tentu bukan sebuah hal yang mudah.

Sekarang ini zaman sudah sangat modern dimana banyak perusahaan IT yang menawarkan layanan manage service untuk membantu permasalahan IT di semua lini bisnis.

Apa itu manage service? Manage service adalah sebuah layanan yang disediakan perusahaan lain yang dapat mendukung perusahaan Anda dalam hal pengelolaan, pengawasan, hingga perawatan kinerja perusahaan yang menggunakan jasa manage service. 

Manage service tersebut berlaku dalam berbagai bidang usaha terutama dalam bidang IT yang memang menjadi tuntutan setiap perusahaan untuk tetap eksis di zaman penuh persaingan digital saat ini.

Service Netdata Untuk Perusahaan

NetData sebagai penyedia jasa manage service terbaik di Indonesia memberikan pelayanan menyeluruh untuk setiap kebutuhan IT di perusahaan Anda. Dengan menyiapkan staff IT profesional yang siap membantu pengelolaan, pengawasan, dan perawatan jaringan Anda.

Adapun manfaat service NetData untuk perusahaan adalah :

  • Biaya Pemeliharaan yang Lebih Terjangkau

Biaya pemeliharaan perangkat akan jauh lebih hemat apabila Anda menggunakan layanan manage service yang menyediakan staff ahli IT yang siap untuk membantu Anda.

  • Meningkatkan Efisiensi

Manage service akan menangani semua kebutuhan IT Anda termasuk dalam hal penambahan layanan kepada pelanggan agar meningkatkan efisiensi.

  • Keamanan Data Terjamin

Walaupun semua kebutuhan IT ditangani oleh perusahaan lain. Data perusahaan akan tetap rahasia dan tersimpan di sebuah tempat penyimpanan khusus agar perusahaan bisa mengakses dengan mudah dan cepat.

  • Selalu Mendapatkan Pembaharuan

Ya setiap perangkat IT yang ada tentu akan selalu diperbaharui untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik.

  • Bisa Meningkatkan Fokus Bisnis

Sebagai pengguna jasa layanan manage service Anda tidak perlu lagi khawatir soal teknologi khususnya di bidang IT. Dan juga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih maju.

Itulah bahasan tentang masalah kinerja jaringan dalam sebuah perusahaan dan juga solusi menggunakan jasa manage service yang bisa membantu perusahaan Anda lebih maju. Tertarik dengan layanan jaringan perusahan dari NetData ? kalian bisa hubungi kami disini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup