Membangun Data Center? Serahkan Pada Ahlinya

Data Center

Membangun data center mungkin tidak hanya berkata tentang perusahaan yang besar, tapi untuk perusahaan yang kecil pun penyimpan data adalah hal yang sangat penting demi keberlangsungan perusahaan tentang mengelola data. Namun, banyak yang masih belum tahu bagaimana cara membangun penyimpan data dan yang paling penting adalah apa saja yang harus diperhatikan ketika membangun data center?

Data center adalah fasilitas fisik yang digunakan perusahaan untuk menampung aplikasi dan informasi penting bisnis mereka. Saat mereka berevolusi dari fasilitas lokal terpusat ke penerapan edge ke layanan cloud publik, penting untuk memikirkan jangka panjang tentang cara mempertahankan keandalan dan keamanannya.

Perkembangan Data Center

Dalam sejarahnya sampai sekarang, penyimpan data dalam masa penciptaannya memiliki beberapa tahapan sampai sekarang penyimpan data sangat banyak digunakan untuk berbagai sektor entah itu untuk perusahaan kelas kecil sampai yang tinggi, sekolah, kampus, sampai rumah sakit atau dalam pemerintahan.

Sejarah Data Center

Walaupun saat ini data center canggih dan menyimpan banyak komponen teknologi, awal evolusinya terbilang sederhana. Seperti semua peningkatan teknologi lainnya, penyimpan data juga telah melalui jalur transformasi yang panjang.

  1. Pra-1990-an: data center dibentuk menggunakan ruangan besar komputer, di mana bug komputer menunjukkan bug “hidup” di dalam sistem besar ini.
  2. 1990-2000: Ketika internet dan komputasi client-server mulai menjadi pusat perhatian, penyimpan data menjadi lebih terkenal dan drastis untuk bisnis yang berkembang. Orang-orang mulai mengandalkan kumpulan data besar yang mengarah pada pertumbuhan perusahaan penyimpan data.
  3. 2000-2007: Saat abad ke-21 dimulai, teknologi mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Peningkatan besar seperti layanan penyimpan data, tuntutan outsourcing penyimpan data, hosting berbagi, ditambah dengan hosting aplikasi dan layanan terkelola, ISP, ASP, MSP, dll terungkap. Orang-orang menjadi lebih sadar akan penyimpan data. Pada tahun 2005, konsep desain penyimpan data portabel dan modular mulai dipasarkan.
  4. 2008-2011: Selama periode ini, penyimpan data menjadi lebih stabil bagi masyarakat. Sejak saat itu, fokus beralih ke efisiensi daya, teknologi pendinginan, dan fasilitas manajemen penyimpan data. Masyarakat modern memberikan banyak pilihan saat berencana untuk menyiapkan sistem penyimpanan data.

Data Center Sekarang

Berbicara tentang penyimpan data jaman sekarang, penyimpan data modern sangat berbeda dari beberapa waktu lalu. Infrastruktur telah bergeser dari server fisik lokal tradisional ke jaringan virtual yang mendukung aplikasi dan beban kerja di seluruh kumpulan infrastruktur fisik dan ke dalam lingkungan multicloud.

Di era ini, data ada dan terhubung di beberapa penyimpan data, edge, dan public cloud dan private. penyimpan data harus dapat berkomunikasi di beberapa situs ini, baik di tempat maupun di cloud. Bahkan public cloud adalah kumpulan pusat data. Saat aplikasi dihosting di cloud, mereka menggunakan sumber daya pusat data dari penyedia cloud.

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Data Center

Ketika Anda sudah tahu tentang data center, sekarang adalah saatnya untuk membangun penyimpan data Anda sendiri. Namun, perlu Anda ingat ada yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun penyimpan data.

Apa saja yang perlu diperhatikan?

Mengapa Perlu Data Center

penyimpan data penting karena, pasti Anda sudah tahu alasannya, karena semua orang menggunakan data.

Dari pengguna individu seperti Anda dan pasti ada keyakinan hingga perusahaan multinasional, mungkin aman untuk mengatakan bahwa setiap orang mungkin pernah menggunakan layanan yang disediakan oleh penyimpan data di beberapa titik kehidupan mereka.

Persyaratan Rancangan Data Center yang Baik

Untuk mendapatkan penyimpan data yang bagus dan juga dengan performa yang bagus, maka perhatikan rancangan penyimpan data yang bagus. Dengan rancangan yang bagus, penyimpan data memiliki performa yang oke.

Fasilitas yang Penting Untuk Dimiliki Data Center

Fasilitas listrik adalah elemen penting lainnya untuk menjaga supaya fasilitas penyimpan data konsisten bisa diakses secara terus menerus. Umumnya penyimpan data yang telah tersertifikasi secara Internasional memilki beberapa sumber catu tenaga.

Menurut Netdata, cara pendingin penyimpan data bagus untuk ruangan ataupun gedung penyimpan data secara keseluruhan adalah fasilitas yang semestinya diadakan pada sebuah penyimpan data untuk menjaga temperatur dan kelembaban, karena penyimpan data akan berisi perangkat-perangkat elektronik yang mempunyai batas ketahanan terhadap tingkat temperatur tertentu.

Sumber Daya Manusia yang Perlu Disiapkan

Setidaknya staf data center yang dibutuhkan merupakan:

  • System Engineer
  • Network Engineer
  • Network Administrator
  • Network Security Specialist
  • Programmer
  • Helpdek

Staff penyedia jasa fasilitas data center hal yang demikian diatas untuk kebutuhan operasional penyimpan data saja yang termasuk sebagai komponen penyimpan data, diluar keamanan, komponen keuangan, marketing dan customer service. Semakin bagus sumber daya manusia yang mengelola, akan semakin aman dan juga lancar penyimpan data yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup