Apa itu Cloud-Managed Network?

cloud-managed network

Menurut data riset IDC (International Data Corporation), lebih dari 60% perusahaan di dunia menginginkan setidaknya setengah dari infrastruktur jaringan mereka beralih ke cloud-based. Sehingga tidak mengherankan jika cloud-managed network sedang naik popularitasnya.

Tapi, apa sih cloud-managed network itu? Cloud-managed network adalah salah satu metode untuk me-manage dan memonitor jaringan sebuah perusahaan secara remote dari jarak jauh melalui controller berbasis cloud. Cloud-managed network biasanya berupa SaaS (Software as a Service) yang digunakan untuk mengontrol jaringan on-premise, seperti, wireless access point, switch dan router atau security gateway.

Cloud-managed network memungkinkan Anda untuk me-manage keseluruhan jaringan kantormu dalam satu dashboard, sehingga Anda dapat bekerja secara fleksibel dari jarak jauh asalkan Anda mendapatkan akses internet. Proses deployment, maintenance, troubleshooting, dan monitoring jaringan perusahaanmu bisa dilakukan dalam satu controller berbasis cloud. Ingin tau manage service dari NetData ? Kalian bisa cek artikelnya disini.

Ini Manfaat-Manfaat yang Diperoleh Jika Menggunakan Cloud-Managed Network?

  1.     Pengeluaran Tetap dan Dapat Diprediksi

Managed-Cloud menawarkan fleksibilitas dalam arti bahwa Anda dapat memilih tingkat dukungan tertentu, seperti meningkatkan atau menurunkan tergantung pada kebutuhan Anda. Ini membantu menjaga tagihan bulanan yang konsisten, yang menghasilkan pengeluaran yang dapat diprediksi dan anggaran yang akurat.

Meskipun kebutuhan Anda berfluktuasi sepanjang tahun, penyedia layanan cloud dapat bekerja sama untuk mengembangkan paket khusus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan audit dan jaminan, kemungkinan besar bisnis Anda dilakukan selama musim pajak. Oleh karena itu, kebutuhan managed service dan dukungan cloud Anda akan mencapai puncaknya selama kuartal pertama dan secara bertahap berkurang di akhir tahun.

Harga tetap dan dapat diprediksi memberi Anda fleksibilitas dan ketenangan pikiran karena mengetahui bahwa Anda dapat mengakses layanan ini kapan pun Anda membutuhkannya, tanpa khawatir biaya tambahan.

  1.     Hindari Biaya Infrastruktur yang Tinggi

Managed service memungkinkan perusahaan Anda memanfaatkan infrastruktur jaringan yang kuat tanpa perlu membeli sendiri aset modal yang mahal. Penyedia Managed-Cloud menyiapkan dan memelihara jaringan Anda serta mengambil alih kepemilikan penuh atas hal-hal seperti rencana migrasi cloud, aset perangkat keras, dan pelatihan staf. Dengan begitu, Anda tidak perlu memutuskan antara AWS atau Azure, menentukan cara mengelola transisi, dan menulis beberapa pemeriksaan dalam prosesnya.

  1.     Pengembang In-house Gratis & Staf TI untuk Proyek Kritis

Managed-cloud beroperasi sepanjang waktu, jadi tim internal Anda tidak akan diminta untuk tugas khusus cloud seperti memecahkan masalah koneksi lambat atau pemadaman sistem. Karenanya, tim IT Anda dapat berkonsentrasi pada strategi IT jangka panjang dan proyek lain yang mendorong jarum penjualan.

  1.     Future-Proof

Bermigrasi ke platform cloud adalah langkah pertama future-proof pada data center karena berorientasi teknologi dan layanan terbaru. On-Premise Server mahal dalam proses “pemeliharaan”nya  dan ada risiko kegagalan yang sangat besar jika terjadi bencana. Migrasi ke cloud membantu meminimalkan risiko ini dan dapat berfungsi sebagai strategi pemulihan bencana yang efektif juga.

  1.     Dukungan Compliance

Jika Anda adalah penyedia layanan kesehatan, online ritel, lembaga keuangan, atau perusahaan lain yang tunduk pada peraturan industri, ketidakpatuhan terhadap peraturan privasi dan keamanan dapat membuat Anda mengalami masalah serius.

  1.     Waktu Respon Lebih Cepat

Cloud-Managed network dapat memberikan waktu respons yang efisien di semua tingkat monitoring. Sebagian besar penyedia layanan cloud memiliki keahlian untuk mengakses, memantau, dan memperbaiki masalah jaringan dalam jangka waktu yang minimal. Jadi bisnis Anda dapat mengharapkan waktu respons yang cepat melalui layanan cloud jarak jauh dan pemantauan tingkat perusahaan.

Tertarik dengan produk Layanan Cloud-Managed Network Netdata? Kamu bisa hubungi langsung disini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup