Cara Mudah Setting Cisco 3560

Cara Mudah Setting Cisco 3560

Cisco 3560 – Switch brand Cisco merupakan salah satu produk switch yang paling laris di dunia tak terkecuali di Indonesia.

Cisco terkenal dalam menciptakan perangkat jaringan dan teknologi jaringan terbaik dengan kaya fitur dan terjangkau.

Salah satu seri Cisco merupakan salah satu switch yang akan kita bahas kali ini mulai dari pengertiannya, dan cara setting Cisco 3560. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Switch Cisco

Switch Cisco merupakan perangkat jaringan pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat dalam satu jaringan komputer dengan menggunakan pertukaran paket yang menerima, proses, dan meneruskan data ke perangkat yang akan dituju.

Switch sering dihubung-hubungkan dengan perangkat jaringan lainnya yakni hub. Namun tahukah Anda bahwa switch ini berbeda dengan hub walaupun sama-sama menghubungkan berbagai perangkat dalam satu jaringan.

Pada perbedaan antara hub dan switch adalah hub adalah dari data yang dikirim atau diteruskan. Sedangkan switch hanya mengirim data kepada perangkat yang membutuhkan dan tidak mengirimkan data yang sama kepada semua perangkat yang ada dalam satu jaringan tersebut.

Switch juga berperan sebagai jembatan antar perangkat dengan memanfaatkan banyak port yang menggunakan alamat dari perangkat untuk dapat mengirim data pada layer ke dua model OSI. 

Dan juga beberapa jenis switch memiliki fungsi routing yang memakai layer 3 dengan memanfaatkan alamat IP untuk melakukan pengiriman paket data ke tujuan. Maka dari itu switch dibedakan menjadi dua yakni switch layer dua dan switch layer tiga. 

Fungsi Dari Bagian Switch Cisco

Switch 3560 Cisco diusung komponen dengan kinerja tinggi yang dapat meningkatkan kecepatan pengiriman data dan menjaminnya untuk sampai ke tujuan. Berikut ini adalah bagian-bagian penting dari switch yang mirip seperti perangkat router :

RAM

RAM atau random access memory ini merupakan komponen yang dapat menyimpang konfigurasi yang sedang bekerja sekarang dan menyimpan sistem operasi yang aktif. 

Selain itu RAM juga sebagai penyimpanan berbagai mengelola antrian paket data, paket buffer, dan fast switching cache.

Sifat RAM ini hanya sementara yang artinya jika switch dimatikan maka data yang tersimpan di RAM akan hilang.

NVRAM (Non Volatile RAM)

NVRAM ini mirip seperti ram yakni sebagai tempat penyimpanan konfigurasi pada saat pertama kali dihidupkan. Namun bedanya pada saat kehilangan daya listrik memori yang tersimpan tidak hilang.

FLASH MEMORY

Flash Memory merupakan tempat penyimpanan IOS atau operating system image. Memori ini dapat menyimpan berbagai versi IOS. Data akan tetap ada walaupun kehilangan daya.

ROM

ROM ini adalah tempat penyimpanan sistem bootstrap yang memiliki peran sebagai pengatur proses dan menjalankan sistem POST atau Power On Self Test dan IOS Image.

INTERFACE

Sedangkan untuk interface sendiri merupakan komponen eksternal dari suatu router. Sebelum mengkonfigurasi switch maka Anda perlu mengetahui apa saja yang terhubung ke switch dan mengelola IP addressnya.

Cara Menghubungkan ke Cisco 3560 dengan IP Default

Untuk hal yang pertama kita perlu mengetahui bagaimana cara menghubungkan komputer ke switch Cisco dengan menggunakan IP Default.

Instalasi Normal

  • Pertama kita hubungkan switch Cisco 3560 menggunakan kabel ethernet atau LAN tanpa harus menyalakan switchnya.
  • Kemudian tekan tombol reset sambil hubungkan adaptor catu daya ke 3560.
  • Setelah menekan tombol reset selama 3 detik maka Cisco 3560 akan berada mode IP default.

Pengujian

  • Untuk pengujiannya apakah  Cisco 3560 sudah bisa terhubung atau belum maka masuk ke sistem Cisco 3560 dengan menekan 7 + 9 + power.
  • Setelah masuk ke menu BNEP dan pilih item [Enquiry] untuk mencari perangkat Bluetooth di sekitar Cisco 3560.
  • Cobalah dengan menyambungkan Cisco 3560 dengan menekan dalam daftar hasil penyelidikan.
  • Jika hasil tes sudah terhubung di penyelidikan menu maka klik OK, hal ini menandakan bahwa pengujian berjalan dengan baik dan perangkat siap disambungkan.

Update Cisco 3560 Firmware

Ada dua cara untuk mengupdate firmware Cisco yakni dengan masuk ke mode konfigurasi dan pilih unduh program, dan yang kedua adalah dengan cara mengunduh program baru secara langsung.

  1. Pastikan Cisco berfungsi dan kabel LAN sudah terhubung
  2. Jalankan UDPLoad.exe di sistem operasi Microsoft Windows.
  3. Pilih file firmware yang ingin Anda unduh.
  4. Masukkan Cisco IP di kotak dialog, seperti berikut:
  5. Jika sudah mengunduh maka indikator konfigurasi dan indikator terhubung terminal pada Cisco 3560 menyala secara bersamaan. Jangan cabut kabel power pada saat indikator ON.
  6. Jika terjadi pemutusan daya pada saat update berlangsung maka Cisco 3560 akan masuk ke mode kernel.

Mode Kernel

Mode kernel ini digunakan untuk mengunduk program baru jika Cisco kehilangan aplikasi.

  1. Pastikan Cisco menyala dan LAN terhubung.
  2. Jalankan UDPLoad.exe di sistem operasi Windows.
  3. Pilih file firmware yang ingin Anda unduh.
  4. Masukkan Cisco 3560  IP di kotak dialog, seperti berikut:
  5. Jika sudah mengunduh maka indikator pada terminal 6 pada Cisco 3560 akan menyala secara bersamaan, jangan cabut adaptor listrik pada saat indikator ON.
  6. Jika listrik terputus maka akan kembali ke mode kernel lagi.

Konfigurasi Cisco 3560

Sebelum melakukan konfigurasi Cisco pastikan Anda memiliki kabel ethernet.

  1. Pertama cabut semua kabel yang terhubung ke Cisco 3560.
  2. Sambungkan adaptor ke switch kemudian nyalakan Cisco 3560 akan memulai proses POST yang ditandai dengan menyala lampu LED dibagian depan switch.
  3. Tunggu lampu SYST LED dibagian depan switch berubah menjadi hijau yang menandakan POST selesai. Tekan dan tahan tombol MODE pada bagian depan switch selama tiga detik segera setelah POST selesai. Ketika semua LED jadi hijau maka baru dilepaskan.
  4. Hubungkan salah satu ujung kabel 5 ethernet pada bagian panel depan switch, dan hubungkan kan ethernet ke komputer Anda. Kemudian buka browser web kemudian akses 10.0.0.1. kemudian muncul tampilan Express Setup untuk menampilkan halaman Network Settings.
  5. Masukkan alamat IP di kolom “IP address”. Klik menu drop-down pada kolom “IP Subnet Mask” dan pilih IP Subnet Mask. Masukkan alamat IP perangkat gateway jaringan Anda, seperto komputer pada kolom “Gateway Default”. 
  6. Set password baru pada kolom “Password Switch” dan juga di kolom “Switch Confirm Password”. 
  7. Ketika nama yang switch di Host Name untuk memberikan alias. 
  8. Isi kolom “Date System”, “System Time” dan “Time Zone” yang sesuai dengan waktu sekarang. 
  9. Klik tombol Submit untuk menyelesaikan konfigurasi.

Kesimpulan

Itulah cara setting Cisco 3560 yang mungkin dapat membantu Anda dalam mengkonfigurasi switch Cisco dengan mudah dan benar.

Bagi Anda yang ingin membeli switch Cisco 3560 yang terjangkau dan original Anda bisa beli di NetData.

Caranya tinggal akses website nds.id pada menu produk switch, di halaman ini Anda akan menemukan banyak produk Cisco switch 3560, router, dan perangkat Cisco lainnya dengan lisensi original dan bergaransi resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup