Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Wifi

Sewa Wifi Indonesia

Sewa Wifi Indonesia – Sekarang ini, khususnya di era globalisasi, sektor komunikasi memang semakin pesat, informasi jadi lebih cepat tersampaikan, dan juga pengiriman data bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Ini semua tak terlepas dari pengaruh yang namanya internet. Apa yang dimaksud dengan Internet? Dalam dunia internet khususnya dalam dunia jaringan internet dan pengadaan internet, Anda pun mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Wifi atau yang kepanjangan wifi adalah Wireless Fidelity.

Wifi atau jaringan nirkabel yaitu teknologi nirkabel yang menyediakan dunia online nirkabel berkecepatan tinggi dengan bantuan gelombang radio. Koneksi Wifi disediakan untuk perangkat dengan bantuan adaptor nirkabel untuk membikin hotspot di dalam dan sekitar router nirkabel. Router wifi nirkabel yaitu kotak yang menolong dalam transmisi sinyal nirkabel.

Setelah hotspot dibatasi, koneksi internet disediakan ke perangkat yang terhubung via frekuensi antara 2,4 GHz-5GHz layak data yang tersedia Sewa Wifi Indonesia. Segala perangkat yang mendukung dunia online kemudian terhubung ke dunia maya tanpa perlu kabel ethernet.

Seberapa pentingkah wifi? Yang jelas, berbagai instansi pemerintah, kantor, perusahaan, dan bahkan rumah pribadi sekarang ini dalam mengakses internet sudah menggunakan teknologi ini. Maka dari itu, tempat sewa wifi sudah semakin banyak, salah satunya adalah Netdata.Oleh karena itu kita akan membahas tentang wifi.

Masih banyak yang bingung mengenai apa saja tentang wifi dan bagaimana cara kerja dari wifi? Jaringan wifi adalah mengirimkan isu melewati jaringan. Diperlukan adaptor nirkabel yang mengubah data menjadi sinyal radio. Sinyal hal yang demikian kemudian dikirim melewati antena ke router wifi yang menerjemahkan sinyal. Dikala sinyal diterjemahkan oleh router wifi, itu dikirim ke internet melewati koneksi Ethernet kabel.

Sejarah Perkembangan WiFi Sewa Wifi Indonesia

Sebelum kita membahas tentang wifi, mari membahas terlebih dahulu sejarah tentang wifi. Sejarah perkembangan dari WiFi adalah mungkin cukup panjang karena berawal dari tahun 1970 yang ditemukan sebuah teknologi canggih yang diciptakan oleh IBM. Di tahun itu IBM merilis uji coba purwarupa hasil rancangannya yakni jaringan wilayah lokal nirkabel atau WLAN dengan teknologi IR. Kepanjangan WiFI adalah Wireless Fidelity.

Kemudian ada saingannya dari HP yang melakukan uji coba yang hampir sama dengan IBM namun bedanya WLAN HP menggunakan teknologi RF. Namun penemuan keduanya mengalami kegagalan dipasar karena tidak memenuhi standar LAN IEEE 802.11 yakni 1 Mbps.

Mereka justru hanya dapat menghasilkan kecepatan hanya 100 Kbps saja. Lalu di tahun 1985 pengembangan WLAN dimulai kembali dengan serius, sehingga FCC menetapkan ISM band yang terdiri dari 5725-5850 MHz, 902-928 Mhz, dan 2400-2483.5 MHz menjadi sebuah pita industrial yang tidak berlisensi. Hal ini semakin didukung dengna pemasaran WLAN yang dimulai di tahun 1990.

Produk yang dipasarkan ini adalah WLAN yang dilengkapi dengan teknologi IR berfrekuensi 18 hingga 19 Hz. Dan memiliki kecepatan lebih dari 1 Mbps, serta memiliki teknik SS atau Spread Spectrum di pita ISM yang membuatnya semakin kuat. Kemudian di tahun 1997, hadir sebuah standar WLAN pertam yang dibuat oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

Kode 802.11 yang merupakan standar kode WiFi adalah dengan kualitas standar kecepatan data 2 Mbps dengan frekuensi 2,4 GHz. Di tahun 1999 bulan juli IEEE kembali menampilkan inovasinya yang memiliki standar baru yang bertajuk 802.11b. Keuntungan 2.4ghz wifi adalah kecepatannya.

Namun standar 802.11b meimliki kekurangan yakni lebih mudah terjadi intervensi sesama perangkat lain yang menggunakan gelombang radio dengan frekuensi yang sama atau serupa.

IEEE juga dapat meluncurkan standar baru yakni 802.11a memiliki keunggulan yang lebih baik. Frekuensi 5 Ghz menggunakan teknik berbeda yang dapat memiliki kecepatan sekitar 54 Mbps. 

Secara teknis 802.11a lebih bagus dibandingkan dengan 802.11b, namun standar 802.11a yang memiliki jangkauan lebih pendek. Sebab, gelombang yang tidak dapat melewati dinding atau penghalang lainnya. Kemudian di tahun 2022 IEEE kembali hadir hingga standar yang baru yakni 802.11g yang dapat bekerja dengan kecepatan sekitar 54 Mbps dan frekuensi sebesar 2,4 GHz. Adapun kelebihan dari 802.11g yakni perangkat yang dapat memiliki 802.11b.

Tak hanya di situ IEEE dengan mengeluarkan standar baru yakni 802.11n yang merupakan gabungan antara standar 802.11b dan 802.11g. 

Teknologi ini pada akhirnya menjadi sebuah teknologi WiFi terbaru ayng dikenal dengan nama MIMO atau Multiple Input Multiple Output. MIMO sendiri memiliki kelebihan dibandingkan dengan beberapa teknologi yang sudah ada sebelumnya yakni 802.11a/b/g.

MIMO juga memilikie kecepatan hingga 108 Mbps dan dapat menembus semua macam penghalang serta memiliki jangkauan yang luas.

Fungsi Wifi Adalah

WiFi memang banyak diminati oleh banyak orang namun membahas tentang wifi memiliki fungsi WiFi yang perlu diketahui antara lain :

  • Membuat Koneksi Internet Menjadi Lebih Cepat
    Dengan hadirnya WiFi maka pengguna dapat mengakses internet dengan lebih mudah dan praktis, serta dengan kecepatan yang lebih mumpuni tanpa menggunkan kabel atau nirkabel.
  • Untuk Koneksi Ke jaringan Internet
    Kecepatan pengiriman data dari teknologi WiFi adalah sangatlah tinggi. Bahkan dengan versi terbaru sekarang dapat mencapai 54 Mbps. Sehingga hal ini dapat membuat koneksi internet menjadi lebih cepat.
  • Transfer Foto atau Video Dari Kamera Digital
    WiFi mampu membantu kita dalam melakukan transfer file foto atau video dari kamera digital ke komputer atau laptop.
  • Penghubung Smartphone dan PC
    Dengan menggunakan WiFi kita dapat menghubungkan smartphone dengan laptop atau PC tanpa menggunakan USB.
  • Menggunakan Smartphone Sebagai Modem
    Smartphone dapat terhubung ke WiFi dengan mudah maka smartphone kita dapat digunakan sebagai hotspot atau modem portable.
  • Sebagai Media Berbagi File
    WiFi dapat digunakan sebagai penghubung antar dua perangkat elektronik agar dapat berbagi file dengan lebih mudah dan cepat tanpa perlu memasang media kabel lagi.
  • Mencetak di Printer
    Dengan WiFi Anda dapat dengan mudah mencetak sebuah dokumen dari komputer yang di transfer ke printer untuk dapat dicetak tanpa menggunakan kabel USB lagi.

Manfaat Wifi Sewa Wifi Indonesia

Selain fungsi WiFi diatas, Adapun beberapa manfaat WiFi lainnya seperti:

  • Mobilitas
    WiFi memiliki mobilitas yang sangat tinggi, sebab di waktu sekarang ini WiFi sudah banyak sekaeli tersedia di dalam tempat publik.
    Mulai dari taman, café, sekolah, hotel, perkantoran, dan lain sebagainya dengan menggunakan akses internet yang mudah tanpa memakai kabel sehingga memudahkan pekerjaan.
  • Hemat Biaya
    Dengan WiFi dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli kabel. Hal ini dimanfaatkan beberapa perusahaan serta orang-orang yang memiliki untuk membangun WiFi.
    Khususnya untuk para pengguna laptop serta ponsel dan pekerja yang banyak menggunakan internet yang banyak sekali menggunakan WiFi untuk melakukan kebutuhan mereka. Karena itulah menggunakan data seluler yang akan menggunakan banyak biaya.
  • Produktivitas
    Sebagian orang yang bekerja dengan mengandalkan jaringan internet, maka dengan memasang WiFi ini kegiatan produktivitas pekerjaan akan dapat berjalan dengan baik. Sebab akses internet ini jauh lebih mudah. 
  • Distribusi
    WiFi memudahkan kita untuk terkoneksi ke jaringan internet tidak seperti dulu yang masih menggunakan kabel ethernet yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja selama didalam jangkauan.
  • Aksesibilitas
    Dengan menggunakan WiFi, maka kita dapat mengakses internet dengan kecepatan yang lebih stabil tanpa harus menggunakan kabel.
    Dan tentunya dapat terkoneksi dimanapun dan kapan saja selaema masih dalam jangkauan hotspot.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi Sewa Wifi Indonesia

Apa sih kelebihan dan kekurangan WiFi jika digunakan, berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan WiFi yang perlu dipahami antara lain :

Kelebihan Wifi Sewa Wifi Indonesia

Berikut ini adalah lebih dari satu kelebihan wifi, antara lain:

  • WiFi mampu memberikan kecepatan yang cukup stabil tanpa harus menggunakan kabel.
  • Hemat biaya.
  • Jaringan WiFi aman dan tahan dari berbagai macam gangguan.
  • Praktis kala ini terhubung internet, mengerjakan share file, dan lain sebagainya. Yang mana dan termasuk kapen saja selama radius sinyal WiFi dapat dijangkau oleh hotspot.
  • Tidak perlu melakukan banyak konfigurasi. Seumpama didalam sebuah kantor ada lebih dari satu ruangan, maka lumayan untuk jalankan konfigurasi jaringan wifi satu saja di didalam tiap tiap ruangan. Sehingga jika terdapat pegawai kantor yang sering kali berpindah ruangan maupun tempat kerja maka tak mesti kembali jalankan konfigurasi kembali jaringan internet.

Kekurangan Wifi Sewa Wifi Indonesia

Berikut ini adalah beberapa kekurangan wifi, antara lain:

  • Jaringan WiFi tergolong kurang aman karena banyak faktor salah satunya yakni dengan menggunakan password semua orang dapat terhubung dalam satu jaringan. 
  • Penyebaran sinyal WiFi terbatas jarak sehingga tak merata semua perangkat dapat di jangkau.
  • Sinyal WiFi akan cenderung terpengaruh pada kondisi cuaca serta iklim.
  • Tidak dapat menstransfer data yang amat besar.

Gambar Wifi

Berikut adalah contoh gambar wifi yang biasa beredar di masyarakat. Gambar wifi dibawah merupakan bentuk wifi yang umum.

gambar wifi

Teknologi Internet

Apa yang dimaksud dengan internet?Teknologi internet ini dapat menjadi sebuah terobosan besar dalam sejarah manusia. Bagaimana tidak saat ini internet menjadi salah satu teknologi yang sudah menghubungkan milyaran manusia di bumi untuk dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah dan praktis.

Saking pentingnya internet mungkin masih saja ada yang tidak paham definisi dari apa itu internet, bagaimana perkembangannya, dan apa saja manfaat internet. Maka dari itu mari hendaknya kita simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Internet?

Internet adalah jaringan telekomunikasi yang bersifat global yang mampu menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Singkatan dari interconnected Network ini memungkinakn kita untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja.

Serta teknologi pendukung yang digunakan secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP).

TCP/IP ini adalah protokol pertukaran paket data yang dapat digunakan oleh semua pengguna di dunia.

Sementara itu internetworking ini berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang sudah disebutkan sebelumnya.

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah singkat tentang perkembangan internet sendiri adalah diawali di tahun 1969 yang merupakan prototipe awal internet yang diciptakan oleh ARPA. ARPA (Advanced Research Projects Agency) ini membangun internet pertama yang dinamakan ARPANET.

Kemudian di tahun 1980 an, barulah internet ini digunakan oleh umum yang diawali di kampus dan universitas yang populer di Amerika Serikat.

Ditahun 1982 TCP/IP sendiri di publikasikan ke publik serta di tahun 1986 National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan mulai dikembangkan.

NSFNET mulai digantingkan perannanya dari ARPANET yang sebagai wadah riset Amerika Serikat. ARPANET kemudian diturunkan di tahun 1990 yang tetap berkembang terus-menerus hingga sekarang ini.

Beberapa Manfaat Internet

Manfaat internet adalah untuk sarana konektivitas dan juga komunikasi. Selain itu ada beberapa manfaat internet yang lain sebagai berikut:

  • Untuk sarana konektivitas dan komunikasi
    Internet digunakan oleh semua orang diseluruh dunia untuk dapat terhubung satu sama lain dalam hal komunikasi dan konektivitas.
    Internet terlalu mungkin kami berkomunikasi sementara itu terhitung atau didalam sementara singkat meski terpisah jarak jauh. Kita sanggup mengirim email, lakukan panggilan nada atau video, kepada siapa pun di dunia bersama internet.  Padalah di zaman dahulu, dibutuhkan sementara berhari-hari apalagi berbulan-bulan untuk berkirim surat atau paket.
  • Untuk Akses Informasi, pengetahuan dan Edukasi
    Akses informasi, pengetahuan dan edukasi. Internet dapat mengandung beragam pengetahuan dan informasi yang tak terbatas. Sehingga kita dapat mencari berbagai topik apa saja sesuai kebutuhan. Internet berfungsi dan benar-benar mendukung di bidang pendidikan. Sebab materi tentang bermacam ilmu bisa didapatkan di internet.
    Dengan internet, kita bisa meningkatkan kemampuan diri, menguasai bermacam mata pelajaran yang barangkali tidak diperoleh dari pendidikan formal, dan mahir mengerjakan tugas apa pun. Contoh, bersama dengan pakai mesin pencari seperti Google, kita bisa bertanya pertanyaan apa saja, menemukan halaman situs yang bakal memberikan jawaban beserta informasi terkait.
  • Alamat dan pemetaan
    Internet juga dapat membantu pengguna untuk mendapatkan alamat serta mencari tau dimana lokasi disetiap tempat di dunia.
    Dengan memanfaatkan GPS atau mencari pencari seperti Google Maps yang mampu membantu kita dalam menentukan rute perjalanan sesuai kebutuhan.
  • Kemudahan bisnis
    Internet berikan kemudahan pada dunia bisnis, jalankan jual-beli dan transaksi. Internet bisa menjadi tempat untuk mengiklankan dan menjual barang atau jasa setiap waktu kepada seluruh orang di dunia. Contohnya Internet juga memudahkan akses ke rekening bank, jalankan transaksi dan mengirim uang. Banyak fasilitas yang sangat mungkin untuk jelas dan membayar tagihan secara elektronik. Internet juga sangat mungkin untuk membeli online. Kita bisa menemukan produk yang diminati tanpa perlu ke toko langsung.
  • Sarana hiburan
    Setiap orang pasti sangat suka sekali mencari hiburan di internet baik itu untuk sedekar mendengarkan musik, menonton video, hingga bermain game online.

Frekuensi Wifi Sewa Wifi Indonesia

Umumnya jaringan nirkabel menerapkan tingkat frekuensi 2.4GHz atau 5GHz. Kemudian OFDM (The Orthogonal Frequency-Division Multiplexing) memecah sinyal radio menjadi sinyal yang lebih kecil sebelum menjelang router wifi. Jadi, standar jaringan 802.11 dasar berbeda menurut keperluan pengguna.

Frekuensi seperti 802.11a mentransmisikan data pada tingkatan frekuensi 5GHz. Sekali lagi OFDM (The Orthogonal Frequency-Division Multiplexing) memecah sinyal menjadi sinyal yang lebih kecil sebelum menjelang router wifi. Ini mentransmisikan sekitar 54 megabit data per detik.

802.11b ialah frekuensi lain yang memancarkan tingkat frekuensi kecepatan lambat 2.4GHz. Dengan demikian, perangkat ini bisa mengirimkan data maksimum 11 megabit per detik.

802.11g ialah tingkatan frekuensi wifi yang mentransmisikan data pada 2.4GHz dan memancarkan sekitar 5 megabit data per detik dengan bantuan pengkodean OFDM.

Beberapa Provider Internet Untuk Sewa Wifi Indonesia Dirumah

Kebutuhan akan internet memang semakin meningkat membawa banyak para penyedia layanan internet untuk meningkatkan kualitas serta menawarkan berbagai paket Sewa Wifi Indonesia dengan harga murah.

Tentu saja hal ini menjadi referensi yang baik bagi para pengguna internet yang mana bisa memilih pelayanan internet yang terbaik di rumah Anda. Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan sewa wifi Indonesia di rumah yang bisa dijadikan referensi.

IndiHome

Indihome adalah layanan Sewa Wifi Indonesia yang dikeluarkan oleh PT Telkom Indonesia. Dengan jangkauan yang paling luas diantara penyedia internet lain, Indihome juga menawarkan banyak pilihan kecepatan paket yang terjangkau mulai antara Rp275 ribu per bulan hingga Rp945 ribu per bulan. Jika Anda ingin menggunakan paket dengan IPTV juga bisa menggunakan paket layanan iFlix, IPTV UseeTV, layanan telepon, serta akses gratis ke layanan streaming Catchplay.

First Media (FastNet)

FirstMedia adalah perusahaan yang awalnya bergerak di layanan TV kabel yang berkembang menjadi penyedia layanan internet yang terkenal di Indonesia.

 Dengan banyak pilihan paket menarik mulai 20Mbps dengan harga yang terjangkau yakni Rp384.000 per bulan yang sudah termasuk layanan TV channel. 

Biznet Home

Biznet home adalah salah satu produk layanan internet dari layanan internet untuk rumah. Harga yang ditawarkan mulai Rp325.000 per bulan. Untuk soal kecepatan biznet home bisa menyediakan kecepatan hingga 75 Mbps. 

MyRepublic

Myrepublic merupakan perusahaan layanan internet yang menawarkan kecepatan dari 30 Mbps. Layanan super cepat tersebut yang diimbangin dengan harga paket yang cukup mahal yakni Rp336 ribu per bulan untuk layanan tanpa TV. 

MNC Play

MNC play adalah salah satu produk internet dari MNC media. MNC play menawarkan layanan internet berbasis fiber yang menawarkan harga paling murah dibandingkan dengan kompetitornya yakni Rp369 ribu per bulan.

Hi-Speed Transvision

 Hi-Speed Transvision merupakan salah satu produk internet dari Transvision yang mulai menawarkan internet yang stabil dengan jumlah kuota yang besar, namun harganya yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Paket yang ditawarkan Anda dapat berlangganan mulai harga Rp. 269.000 untuk kecepatan 30 Mbps.

CBN

CBN fiber ini mungkin masih sedikit orang yang pernah mendengarnya. Namun begitu CBN menawarkan banyak paket internet yang terjangkau dengan harga mulai dari Rp299 ribu tanpa dikanakan biaya pemasangan lagi untuk paket kecepatan 20 Mbps.

Groovy

Groovy Fiber ini menawarkan internet untuk rumah dan apartemen dengan harga yang cukup terjangkau tergantung tingkatannya. Untuk yang paling murah Anda bisa berlangganan mulai harga Rp 495 – Rp 632 ribu per bulannya dengan kecepatan 10 – 30 Mbps.

Megavision

Megavision ini dapat Anda nikmati jika Anda berada di sekitar Jawa Barat tepatnya di daerah Banding dan Bogor. Megavision menawarkan paket silver dan gold yang keduanya memiliki kecepatan internet yang sama yakni 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps, hingga 100 Mbps. Untuk harga Rp 229.000 per bulan hingga yang paling mahal Rp 499.000. Sedangkan untuk gold Rp 279.000 per bulan dan yang paling mahal Rp 549.000.

Keuntungan Menggunakan Wifi dan Sewa Wifi Indonesia

Keuntungan utama adalah kebebasan mengakses Internet dengan perangkat apa pun tanpa perlu mencolokkan kabel ethernet dan paket data rumah Anda akan lebih hemat biaya daripada paket seluler Anda sehingga Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk mengakses Internet melalui jaringan wifi Anda tanpa mengunyah data seluler Anda. 

Dengan koneksi wifi di rumah Anda, Anda dapat duduk di balkon Anda dan melakukan pekerjaan Anda sambil menikmati cuaca yang menyenangkan. Anda juga dapat menghubungkan beberapa perangkat ke Internet secara nirkabel tanpa kesalahan apa pun dan di kantor, Anda dapat menggunakan BYOD Anda dan menghubungkan secara nirkabel ke wifi.

Maka dari itu, sewa wifi Indonesia yang paling tepat adalah di Netdata saja. Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran yang menarik dan juga dengan promo yang pastinya tidak akan Anda dapatkan ditempat sewa wifi selain di Netdata.

Sewa Wifi Jakarta Paling Terpercaya

Di Netdata, Anda bisa menyewa wifi yang Anda inginkan ataupun yang Anda butuhkan yang dijamin tersedia. Ada banyak stock dari wifi berbagai merk, jenis atau type yang tersedia di Netdata dan selalu ready stock. Jadi, Anda tidak perlu takut wifi yang Anda perlukan sedang di sewa orang lain atau mungkin tidak ada di Netdata, dijamin semua ada!

Itulah keuntungan sewa wifi Jakarta di Netdata. Dapatkan harga sewa yang murah, pelayanan professional, dan juga dengan berbagai promo menarik yang sangat menguntungkan!

Tertarik dengan produk dari Netdata? Kamu bisa hubungi langsung disini ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup