Apa Sih Subnetting Itu?

Subnetting adalah

banyak bahkan Sebagian dari orang tidak dan juga belum mengetahui mengenai dasar-dasar jaringan computer. Salah satunya ialah mengenai subnetting. Padahal subnetting sendiri memiliki peran sangat penting dalam suatu network jaringan Komputer. Subnetting adalah Teknik memecah network (jaringan komputer) menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil.  Subnetting sendiri hanya dapat dilakukan pada IP Address kelas A, B dan C saja. Dengan menggunakan Teknik ini, maka suatu network dapat dan mampu menciptakan beberapa network tambahan.

Walaupun mampu menciptkan beberapa network, namun sayangnya juga bisa mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network itu sendiri. Subnetting sendiri sebenarnya sama dengan analog sebuah jalan. Cara kerja dari subnetting sendiri berupa network (jaringan komputer). Dalam artian disini ialah guna memudahkan pengoptimalisasian jaringan computer dalam suatu Lembaga, kantor yang rasanya diperlukan adanya subnetting.

Jelas dnegan menggunakan subnetting, sangat memiliki peran penting dan dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, subnetting juga mampu membantu menyelesaikan pekerjaan milik anda secara cepat, benar dan tentunya juga lebih mudah dibandingkan biasanya. Bahkan tidak hanya itu saja, subnetting ini merupakan network yang terbaik dan juga sangat dibutuhkan saat ini.

Penggunaan Subnetting

Banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan Ketika menggunakan subnetting. Beberapa diantaranya ialah mampu meng-efisienkan alokasi IP Address dalam sebuah jaringan guna dapat memaksimalkan penggunaan IP Address itu sendiri. Selain itu juga mampu untuk mengatasi masalah perbedaan hardware dan media fisik yang digunakan dalam suatu jaringan komputer. Bahkan dengan adanya subnetting juga mampu meningkatkan keamanan dan mengurangi kongesti atau ketidakstabilan akibat terlalu banyaknya host dalam suatu network.

Namun untuk melakukan subnetting, kita juga membutuhkan beberapa proses seperti : menentukan jumlah subnet yang dihasilkan oleh subnet mask. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu untuk menentukan jumlah host per subnet, menentukan subnetting adalah hal yang valid dan juga menentukan alamat broadcast untuk tiap subnet secara baik dan benar.

Mengapa Subnetting Harus Dilakukan?

Pertanyaan seperti mengapa subnetting harus dilakukan jelas sangat banyak terlontar. Subnetting sendiri sangat diperlukan dan diperlukan jelas untuk optimalisasi dan efisiensi kerja jaringan. Hal ini dikarenakan jalur lalu lintas tidak terpusat di satu network besar melainkan terbagi ke beberapa jaringan network. Hal inilah mengapa subnetting sangat dibutuhkan dan diperlukan pastinya. Dengan mengguakan subnetting pastinya alur network menjadi lebih baik dan juga benar.

Subnetting adalah hal yang memang dibutuhkan untuk mendukung kinerja terlebih yang berhubungan dengan network. Tidak hanya itu saja, penggunaan subnetting sudah dapat dipastikan mampu mendukung dan membantu menyelesaikan pekerjaan secara maksimal dan juga lebih cepat dibandingkan biasanya. Jalur jaringan network juga akan menjadi lebih jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup