Penasaran Dengan Perbedaan Hub dan Switch?

Penasaran Dengan Perbedaan Hub dan Switch

Masih banyak orang yang sulit sekali membedakan mana hub dan mana switch. Padahal, jika dilihat dengan fungsinya secara spesifik sangatlah jelas bagaimana perbedaannya. Oke, anggaplah Anda adalah orang yang awam, mungkin dilihat dari sekilas untuk bentuk fisiknya hampir tidak ada bedanya. Jadi, apa perbedaan hub dan switch sebenarnya? Mari kita bahas dari berbagai aspek.

Namun sebelum itu, ada baiknya untuk membahas terlebih dahulu pengertian dari hub dan switch dan juga kelebihan dari masing-masing hardware yang sangat sering Anda temukan di berbagai jaringan internet seperti kantor dan juga kampus. Kalau Anda bekerja di server jaringan, sudah pasti Anda tidak asing lagi dengan kedua hardware ini bukan?

Apasih Hub dan Switch Itu? 

Pertama-tama, kenali apa itu hub dan switch. Dengan Anda mengehtahui definisi antar keduanya, mungkin pembahasan selanjutnya Anda sudah ada bayangan perbedaan hub dan switch.

Pengertian Hub

Hub adalah perangkat jaringan lapisan fisik yang digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan. Hub umumnya digunakan untuk menghubungkan komputer ke dalam LAN.

Sebuah hub memiliki banyak port di dalamnya. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dicolokkan ke salah satu port ini. Ketika data frame tiba di suatu port, ia disiarkan ke setiap port lain, tanpa mempertimbangkan apakah itu ditujukan untuk tujuan tertentu atau tidak.

Pembagian Hub

Hub memiliki 3 pembagian, diantaranya adalah active hub, passive hub, dan intelligent hub. Apa perbedaan antara ketiganya ini?

Active Hub

Active hub atau hub aktif adalah hub yang memiliki sirkuit elektronik untuk meregenerasi sinyal lemah. Hub aktif berfungsi sebagai repeater multiport, memungkinkan komputer terhubung ke jaringan bersama dalam topologi bintang. Hampir semua hub yang dijual saat ini adalah hub aktif.

Passive Hub

Passive hub adalah perangkat penghubung pusat dalam jaringan yang menghubungkan kabel dari beberapa stasiun dalam konfigurasi bintang. Itu tidak menyediakan pemrosesan atau regenerasi sinyal apa pun. Kontras dengan active hub dan intelligent hub. 

Intelligent Hub

Intelligent hub adalah hub yang diaktifkan untuk pemantauan dan manajemen jarak jauh melalui Simple Network Management Protocol (SNMP). Hub yang diaktifkan untuk pemantauan dan manajemen jarak jauh melalui SNMP. Intelligent hub berisi informasi Management Information Base (MIB) yang menentukan kondisi mana yang dapat dipantau dan fungsi mana yang dapat dikelola.

Fungsi dari Hub

Hub menghubungkan beberapa perangkat jaringan komputer bersama-sama. Hub juga bertindak sebagai repeater yang memperkuat sinyal yang memburuk setelah menempuh jarak jauh melalui kabel penghubung. Hub adalah yang paling sederhana dalam keluarga perangkat penghubung jaringan karena menghubungkan komponen LAN dengan protokol yang identik.

Pengertian Switch

Switch jaringan adalah perangkat jaringan komputer yang menghubungkan berbagai perangkat bersama-sama pada satu jaringan komputer. Ini juga dapat digunakan untuk merutekan informasi dalam bentuk data elektronik yang dikirim melalui jaringan. Karena proses menghubungkan segmen jaringan juga disebut bridging, switch biasanya disebut sebagai perangkat bridging.

Pembagian Switch

Sama seperti hub, switch juga ada pembagiannya. Ada dua pembagian switch, diantaranya adalah switch cut-through dan switch store.

Switch Cut-through

Cut-through switching adalah metode switching yang digunakan dalam sistem packet-switching di mana switch meneruskan paket atau frame ke tujuannya segera setelah alamat tujuan diproses tanpa menunggu seluruh data diterima.

Switch segera mengirimkan paket yang diterimanya dan menggunakan pemeriksaan CRC untuk pemeriksaan kesalahan dan kemudian bergantung pada perangkat tujuan untuk penanganan kesalahan dari data rusak yang ditransmisikan yang telah ditandai. Dalam hal ini, switch dapat dianggap sebagai penerus paket data belaka dan sebagai hasilnya menawarkan kinerja latensi rendah.

Switch Store

Switch Store-and-Forward akan menunggu hingga seluruh frame tiba sebelum meneruskannya. Metode ini menyimpan seluruh frame dalam memori. Setelah frame berada di memori, switch memeriksa alamat tujuan, alamat sumber, dan CRC. Jika tidak ada kesalahan, frame diteruskan ke port yang sesuai. Proses ini memastikan bahwa jaringan tujuan tidak terpengaruh oleh frame yang rusak atau terpotong.

Kelebihan Hub dan Switch

Hub dan switch memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Namun, tetap diingat jika keunggulan ini didasarkan dengan penggunaannya.

Kelebihan Hub

  1. Konektivitas
    Fungsi utama hub adalah mengizinkan klien untuk terhubung ke jaringan agar Switch dapat berbagi dan melakukan percakapan. Untuk tujuan ini, hub menggunakan penganalisa protokol jaringan.
  2. Performa
    Hub sangat diminati karena memiliki jumlah dampak kinerja yang sangat sedikit pada jaringan. Hal ini sering karena beroperasi menggunakan model siaran yang jarang mempengaruhi jaringan.
  3. Biaya
    Dibandingkan dengan switch, hub sangat murah. Pada dasarnya berkat kesederhanaannya. Oleh karena itu, Switch akan membantu Anda menghemat banyak uang. Dan juga karena produk Switch, Switch tersedia secara luas di pasar.
  4. Dukungan Perangkat
    Hub dapat menghubungkan berbagai jenis media sekaligus dengan hub pusat. Meskipun media ingin beroperasi pada kecepatan yang berbeda, Switch akan terbiasa untuk mendukungnya.
  5. Cakupan Wilayah
    Cakupan area jaringan dibatasi pada jarak tertentu. Hub memperluas ruang jaringan komunikasi tersebut terbentuk dengan mudah.

Kelebihan Switch

  1. Meningkatkan Kapasitas
    Switch meningkatkan kapasitas transfer data organisasi yang dapat diakses.
  2. Mengurangi Beban
    Switch membantu dalam mengurangi beban luar biasa pada PC host individu.
  3. Presentasi Kenaikan
    Switch mampu meningkatkan presentasi organisasi.
  4. Dampak casing yang lebih sedikit
    Jaringan yang menggunakan Switch akan memiliki dampak selubung yang lebih sedikit. Ini karena cara Switch membuat area dampak untuk setiap asosiasi.
  5. Langsung
    Switch dapat diasosiasikan secara langsung dengan workstation.
  6. Meningkatkan Bandwidth
    Switch mampu meningkatkan bandwidth jaringan yang tersedia.
  7. Tabrakan frame lebih sedikit
    Jaringan yang menggunakan Switch akan memiliki lebih sedikit tabrakan frame.
  8. Lebih aman
    Karena Switch diisolasi, data hanya akan sampai ke tujuan.

Perbedaan Hub dan Switch

Apa perbedaan hub dan switch? Sebenarnya ada beberapa point penting yang dapat disorot dari perbedaan antara kedua device ini, mari kita lihat perbedaan antara keduanya dibawah ini:

Hub Switch
Sebuah hub beroperasi pada lapisan fisik. Sebuah hub beroperasi pada lapisan fisik.
Hub melakukan frame flooding yang dapat berupa unicast, multicast, atau broadcast. Switch melakukan broadcast, kemudian unicast dan multicast sesuai kebutuhan.
Hanya domain tabrakan tunggal yang ada di hub. Port yang bervariasi memiliki domain tumbukan yang terpisah.
Mode transmisi adalah Half-duplex Mode transmisi adalah Full duplex
Hub beroperasi sebagai perangkat Layer 1 per model OSI. Switch jaringan membantu Anda untuk beroperasi pada Layer 2 model OSI.
Untuk menghubungkan jaringan komputer pribadi harus bergabung melalui hub pusat. Izinkan menghubungkan beberapa perangkat dan port.
Menggunakan orbit sinyal listrik Menggunakan frame dan paket
Tidak menawarkan Spanning-Tree Tidak menawarkan Spanning-Tree
Tabrakan sebagian besar terjadi dalam pengaturan menggunakan hub. Tidak ada tabrakan yang terjadi pada switch dupleks penuh.
Hub adalah sebuah passive device Switch adalah active device
Hub jaringan tidak dapat menyimpan alamat MAC. Switch menggunakan CAM (Content Accessible Memory) yang dapat diakses oleh ASIC (Application Specific Integrated Chips).
Bukan perangkat cerdas Merupakan perangkat cerdas
Hub memiliki kecepatan up to 10 Mbps Switch memiliki kecepatan 10/100 Mbps, 1 Gbps, 10 Gbps
Tidak memiliki software Memiliki software untuk administrasi

Kesimpulan

Mungkin banyak diantara Kalian yang memang masih bingung mengenai memilih hub atau switch. Dilihat dari perbedaan hub dan switch diatas saja mungkin Anda masih bingung memilih yang mana yang sekiranya cocok untuk kebutuhan jaringan internet Anda di kantor ataupun untuk pemakaian pribadi. NetData bisa saja menjadi solusi yang sangat tepat untuk berkonsultasi untuk jaringan Anda apakah cocok menggunakan hub atau switch. 

Kunjungi website NetData untuk mendapatkan informasi networking lainnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup