Wifi 6 : Pengertian, Kelebihan dan Manfaatnya

Wifi 6

Semakin majunya dunia teknologi dan informasi, manusia sekarang lebih dimudahkan dalam berkomunikasi dengan menggunakan koneksi Wifi 6. Selain dengan kecepatan yang lebih cepat daripada sebelumnya, harga dari penggunaannya pun sekarang ini sudah lebih terjangkau. Dan, tentu saja teknologi informasi seperti internet sudah bisa dikatakan kebutuhan primer bagi sebagian besar golongan manusia.

Kemajuan teknologi informasi salah satunya adalah internet, tentu memaksa Anda untuk mengikutinya. Karena, hardware pun sekarang ini kalau sudah tidak jamannya, seperti hanya menggunakan smartphone biasa dikarenakan sudah tidak update. Maka dari itu, sudah jelas kalau mengikuti perkembangan zaman untuk dunia internet adalah sebuah keharusan bagi Anda yang memang sangat bergantung pada internet.

Salah satu kemajuan dalam kecepatan internet adalah Wifi. Sangat mengejutkan bukan? Dimana baru saja beberapa tahun diluncurkannya Wifi 5, sudah ada teknologi Wifi yang lebih maju dan juga lebih cepat tentunya untuk koneksi internetnya.

Cek Produk Router dari NetData disini

Apa itu WiFi 6?

Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) wireless Wifi 6 (802.11ax) adalah penerus standar IEEE Wifi 5 (802.11ac). Wifi 6 mengatasi peningkatan jumlah perangkat di setiap jaringan. Wifi  beroperasi pada pita 2,4 GHz dan 5 GHz dan menampilkan peningkatan dalam throughput, dukungan banyak perangkat, dan efisiensi spektrum Wifi.

Wifi masih akan melakukan hal dasar yang sama – menghubungkan Anda ke internet – hanya dengan sekumpulan teknologi tambahan untuk mewujudkannya secara lebih efisien, mempercepat koneksi dalam prosesnya.

Dengan adanya WIfi 6 ini, sudah pasti akan membawa perubahan bagi berbagai sektor, salah satunya adalah berbagai usaha yang sangat bergantung pada teknologi informasi. Tentunya dengan menggunakan kemajuan Wifi ini akan memaksa mereka untuk mengupgrade Wifi mereka yang sebelumnya ke yang lebih maju seperti Wifi 6.

Seberapa Cepat WiFi 6?

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa Wifi terbaru ini akan menambah kecepatan internet mereka. Namun, anggapan itu tidaklah benar 100%. Alih-alih meningkatkan kecepatan untuk masing-masing perangkat, Wifi adalah tentang meningkatkan jaringan saat banyak perangkat terhubung.

Hal tersebut adalah tujuan yang penting, Wifi ini datang pada saat yang penting: ketika Wifi 5 keluar, rata-rata rumah tangga di berbagai negara memiliki sekitar lima perangkat Wifi di dalamnya. Sekarang, rumah rata-rata memiliki sembilan perangkat Wifi, dan berbagai perusahaan memperkirakan akan menggunakan banyak perangkat Wifi yang mengakibatkan boros dalam membeli hardware dan pemeliharaan jaringan.

Perangkat yang ditambahkan tersebut berdampak pada jaringan Anda. Router Anda hanya dapat berkomunikasi dengan begitu banyak perangkat sekaligus, jadi semakin banyak gadget yang bergantung pada Wifi, semakin banyak jaringan yang secara keseluruhan akan melambat.

Wifi 6 memperkenalkan beberapa teknologi baru untuk membantu mengurangi masalah yang datang dengan meletakkan lusinan perangkat Wifi di satu jaringan. 

Hal tersebut memungkinkan router berkomunikasi dengan lebih banyak perangkat sekaligus, memungkinkan router mengirim data ke beberapa perangkat dalam siaran yang sama, dan memungkinkan perangkat Wifi menjadwalkan check-in dengan router. Secara bersamaan, fitur-fitur tersebut harus menjaga koneksi tetap kuat meski semakin banyak perangkat mulai menuntut data.

Apa perbedaan WiFi 5 (802.11 AC) dan WiFi 6 (802.11 AX)?

Ada banyak perbedaan yang mendasari Wifi 5 dan Wifi 6 diantaranya adalah:

Peningkatan efisiensi dan kapasitas

Orthogonal Frequency-Division Multiple Access (OFDMA). Fitur ini memungkinkan router dan perangkat Anda menggunakan bandwidth Anda secara lebih efisien dengan mengurangi waktu antar transmisi data. Hasilnya, lebih banyak bandwidth tersedia untuk perangkat lain.

Efisiensi lalu lintas bandwidth tinggi dengan 8-stream Multi-User-Multiple-Input Multiple-Output (MU-MIMO). Teknologi ini memungkinkan router Anda berkomunikasi dengan banyak perangkat secara bersamaan. Wifi 6 juga memungkinkan 8×8 AP untuk menggunakan delapan jalur untuk mengirimkan informasi.

Peningkatan kecepatan

Peningkatan kecepatan data dan pengkodean sinyal. Wifi memungkinkan perangkat mengirim lebih banyak data dalam satu transmisi, menghasilkan peningkatan kecepatan hingga 20%.

Perbaikan melalui modulasi tingkat tinggi (1024-QAM). Modulasi tatanan lebih tinggi meningkatkan efisiensi dan kecepatan transmisi data di jaringan Anda. Teknologi ini dapat memberikan peningkatan kecepatan hingga 25%.

Secara bersamaan, kedua fitur ini memberikan peningkatan kecepatan koneksi hingga 40%.

Peningkatan jangkauan

Perangkat khusus 20MHz dan kemampuan OFDMA untuk menggunakan subcarrier yang lebih kecil berarti perangkat tersebut dapat menjangkau jarak yang lebih jauh.

Perbaikan di masa depan

Perbaikan lebih lanjut melalui uplink MU-MIMO. Uplink MU-MIMO memungkinkan lebih banyak perangkat Anda untuk mengirimkan data ke AP Anda, meningkatkan efisiensi jaringan.

Wifi lingkungan, perkotaan, dan seluruh kota yang lebih baik melalui penggunaan ulang spasial (warna BSS). Pewarnaan BSS memungkinkan perangkat yang beroperasi dalam standar Wifi untuk membedakan antara sinyal dari jaringannya sendiri dan sinyal dari jaringan lain. Fitur ini meningkatkan efisiensi dan kapasitas jaringan Anda.

Baterai diperpanjang untuk perangkat seluler dan rumah pintar dengan Target Wake Time (TWT). TWT membuat komunikasi antara perangkat Anda dan saluran Wifi router Anda lebih efisien. Perangkat yang mendukung TWT memasuki kondisi tidur hingga waktu bangun yang dijadwalkan. TWT mengurangi konsumsi energi dan penggunaan bandwidth.

Spektrum 6 GHz. Perkembangan pita 6 GHz di masa depan berarti lebih banyak pita tanpa izin tersedia untuk aplikasi bandwidth tinggi.

Kelebihan WiFi 6

Apa saja kelebihan dari menggunakan Wifi 6? Ada berbagai hal yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan Wifi 6, diantaranya adalah:

  1. Cakupan Wifi yang lebih luas dan jumlah pengguna yang bisa lebih banyak daripada Wifi 5
  2. Kecepatan yang stabil dan lebih cepat lagi daripada Wifi 5, yaitu mencapai 9,6 Gbps
  3. Lebih efisien dalam artian biaya. Tidak perlu banyak menggunakan router karena jangkauan yang lebih luas dan juga jumah pengguna yang bisa lebih banyak.

Manfaat Menggunakan Wifi 6

Perangkat yang mendukung Wifi baru saja mulai mengalir keluar. Anda sudah dapat membeli router Wi-Fi 6, tetapi sejauh ini, router tersebut adalah perangkat kelas atas yang mahal. Beberapa laptop juga menyertakan generasi baru Wifi, tetapi belum tersebar luas.

Wifi 6 akan mulai hadir di ponsel kelas atas tahun ini. Prosesor andalan terbaru Qualcomm, Snapdragon 855, menyertakan dukungan untuk Wi-Fi 6, dan itu ditujukan untuk gelombang ponsel top-of-the-line berikutnya. Penyertaan Snapdragon 855 tidak menjamin bahwa ponsel akan memiliki Wifi, tetapi ini pertanda baik: Samsung Galaxy S10 adalah salah satu ponsel pertama dengan prosesor baru, dan mendukung generasi terbaru Wifi.

Dimasukkannya Wifi kemungkinan akan menjadi lebih umum tahun depan. Wifi Alliance akan meluncurkan program sertifikasi Wifi  6 musim gugur ini, yang menjamin kompatibilitas di seluruh perangkat Wifi. Perangkat tidak perlu lulus sertifikasi itu, tetapi peluncurannya akan menandakan bahwa industri siap untuk kedatangan Wifi 6.

Bisa dikatakan bahwa manfaat Wifi 6 sangatlah banyak. Salah satu yang sangat jelas adalah keefisienannya. Karena dengan menggunakan teknologi Wifi ini, Anda bisa mengakses internet yang lebih cepat. Bagi Anda yang memiliki perusahaan juga lebih mudah dalam memaintenance jaringan Anda karena jangkauannya yang luas dan juga meminimalisir membeli banyak router.

Sekarang ini juga Wifi sudah hadir di berbagai smartphone yang baru keluar, jadi tidak ada alasan lagi untuk menggunakan Wifi 6.

Produk Pilihan : Wifi 6 Aruba

Bagaimana cara menggunakan Wifi 6? Sudah pasti jawabannya adalah Anda perlu membeli perangkat baru.

Generasi Wifi mengandalkan perangkat keras baru, bukan hanya pembaruan perangkat lunak, jadi Anda perlu membeli ponsel, laptop baru, dan sebagainya untuk mendapatkan versi baru Wifi.

DIPERLUKAN ROUTER WI-FI 6 Aruba

Sebagai gantinya, perangkat baru akan mulai datang dengan Wifi 6 secara default. Saat Anda mengganti ponsel, laptop, dan konsol game selama lima tahun ke depan, Anda akan membawa pulang yang baru yang menyertakan versi terbaru Wifi.

Ada satu hal yang harus Anda pastikan untuk keluar dan membeli: router baru. Jika router Anda tidak mendukung Wifi 6, Anda tidak akan melihat manfaat apapun, berapapun banyak perangkat Wifi yang Anda bawa pulang. (Anda sebenarnya bisa melihat manfaatnya, menghubungkan gadget Wifi 5 ke router Wifi, karena router mungkin dapat berkomunikasi dengan lebih banyak perangkat sekaligus.)

Sekali lagi, ini bukanlah sesuatu yang perlu terburu-buru dan dibeli. Tetapi jika rumah Anda dipenuhi dengan perangkat pintar yang terhubung dengan Wifi, dan segala sesuatunya mulai menjadi lambat dalam beberapa tahun, router Wifi 6 dari Aruba mungkin dapat membantu secara berarti.

Kenapa Harus Aruba?

At-A-Glance ini memberikan gambaran umum tentang bagaimana Aruba Wifi 6 dapat mempercepat bisnis melalui jaminan aplikasi, mengoptimalkan jangkauan nirkabel dalam ruangan, mengaktifkan Intelligent Edge, menyatukan infrastruktur IoT, dan menyediakan akses Wifi yang lebih aman.

Dengan HPE SmartRate, berikan kecepatan dan daya super cepat untuk titik akses Wi-Fi 6 dan perangkat generasi berikutnya.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menggunakan Wifi memang bukanlah keharusan. Namun, untuk Anda yang memang menggunakan terlalu banyak router pada rumah atau kantor Anda, maka Wifi 6 adalah solusi yang sangat tepat.

Tapi, Anda juga harus mempertimbangkan device yang Anda gunakan, apakah sudah support oleh WIfi atau belum. Tapi, jika sudah, maka jawaban yang tepat jika Anda bingung membeli router atau access point Wifi 6 mana yang murah, berkualitas, dan sangat bisa diandalkan, maka jawabannya adalah Aruba Wifi 6!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup