Trend Data Center di Tahun 2021

Trend Data Center di Tahun 2021

Trend data center 2021, bagi Anda yang berkecimpung di dunia teknologi komputer atau jaringan pasti sudah sangat familiar dengan pusat data yang sedang mulai banyak dilirik dan digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

Apa itu data center? Dan mengapa saat ini sedang ngetrend di industri bisnis Indonesia. Mari kita simak artikel berikut ini:

Pengertian Data Center

Data center merupakan fasilitas, bangunan, ataupun ruangan yang memiliki fungsi khusus dalam menyimpan server ataupun perangkat keras dan perangkat lunak lainnya. Dalam perangkat ini Anda dapat memanfaatkannya untuk menyimpan, memproses, mengelola data-data perusahaan.

Maka dari itu trend data center 2021 ini menjadi sangat penting bagi sebuah organisasi yang memiliki peran penting untuk mengelola aset terpenting perusahaan yakni data.

Definisi Dari Data Center

Dilihat dari sejarahnya trend data center 2021, pertama kali dikenal dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) sejak tahun 1946 yang dimiliki the The United States Army yang mana digunakan untuk kepentingan militer.

Seiring perkembangan kemajuan teknologi data center berkembang menjadi pusat data berbasis cloud.

Dalam pusat data terdapat perangkat dan komponen komponen seperti komputer server dalam sebuah yang tertata rapi.

Data center dengan banyak server maka hal yang perlu diperhatikan adalah catu daya yang mencukupi, sistem keamanan jaringan, dan sistem pendingin yang mampu mengurangi suhu di dalam ruangan.

Komponen Data Center

Dengan trend data center 2021 yang saat ini sedang dibicarakan, tentu terdiri dari beberapa komponen yang mempengaruhi tipe data itu sendiri yakni:

  1. Computing equipment, meliputi desktops, servers dan racks.
  2. Network infrastructure, yakni komponen jaringan seperti switch, router, modem, kabel lan, dan komponen lainnya yang menghubungkan pusat data server, tempat penyimpanan data, hingga kepengguna.
  3. Storage infrastructure, dalam trend data center 2021 storage atau tempat penyimpanan adalah suatu komponen yang sangat penting karena berkaitan dengan penyimpanan data penting perusahaan, komponen storage antara lain hardsik, SSD, tape drive, dan storage cadangan.
  4. Uninterruptible Power Sources (UPS), terdiri dari sumber data listrik, cadangan baterai, hingga generators yang menyuplai listrik ke server tanpa henti.
  5. Climate control system, sistem pengatur suhu atau computer room air conditioner atau CRAC dan heating, ventilation and air conditioning atau HVAC yang bertugas untuk menjaga temperatur dan kelembaban ruangan agar tidak overheat.
  6. Security, yakni keamanan fisik yang terdiri dari CCTV, pengaman biometrik, hingga petugas keamanan. 

Fungsi Data Center

Jika melihat trend data center 2021, data center merupakan prioritas utama bagi bisnis digital sebuah perusahaan.

Para pelaku bisnis atau usaha saat ini lebih memilih pusat data sebagai penyimpanan eksternal. Karena saat ini pusat data memiliki peran penting demi perkembangan kemajuan organisasi ataupun perusahaan.

Salah satu faktor penting dari pusat data adalah jaringan komputer serta penyimpnan data. Layanan ini merupakan kebutuhan pokok yang harus dimiliki perusahaan karena data terus meningkat. Sehingga apabila terdapat gangguan pada pusat data sehingga dapat mengalami gangguan.

Perusahaan yang ikut trend data center 2021 juga memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan, pemroses, dan menyebarkan data dalam jumlah besar.

Sistem data center yang canggih sudah dilengkapi dengan sistem cadangan atau backup data jika terjadi data yang terhapus, rusak, atau hilang maka akan dikembalikan.

Jenis-Jenis Data Center

Di trend data center 2021 memiliki jenis-jenis sendiri antara lain.

Enterprise Data Centers

Enterprise data centers atau disebut onsite data centers, merupakan jenis trend data center 2021 yang dapat dibangun, dikelola, yang ditempatkan di lingkungan orgranisasi atau perusahaan yang memakai layanannya.

Kelebihan jenis data center ini adalah dapat dikembangkan dan diekspansi sesuai dengan kebutuhan perusahaan serta menawarkan kendali dan akses penuh kepada pemiliknya.

Namun kelemahan satu-satunya adalah biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk tipe server yang dikelola sendiri. Anda membutuhkan staff IT yang harus direkrut dengan harga mahal sekaligus sumber daya lain seperti komponen server, keamanan, pendingin ruangan, hingga arus listrik yang stabil. 

Colocation Data Centers

Colocation data centers merujuk kepada perusahaan yang menyediakan layanan colocation server. Sehingga perusahaan yang menawarkan penyewaaan tempat penyimpanaan di data centernya. Seperti bangunan, server, keamanan, bandwidth, hingga sumber daya lainnya. Jika Anda ingin menghemat Anda dapat menggunakan colocation server. 

Hyperscale Data Centers

Untuk trend center data 2021 hyperscale adalah tipe yang menawarkan kemudahan untuk meningkatkan skalanya yakni seperti penambahan rak server, beserta alat-alatnya.

Biasanya tipe hyperscale data center memiliki jutaan server dan mesin virtual yang jumlahnya melampaui enterprise data center.

Managed Services Data Centers

Jenis trand data center 2021 yang terakhir adalah managed services data center. Jenis data center ini mirip seperti colocation data center yakni menyewakan peralatan serta infrastruktur yang disediakan oleh penyedia layanan data center.

Managed services data centers ini bedanya perusahaan yang menyewa layanan data center tidak perlu mengelola pusat datanya sendiri alias dikelola oleh pemilik layanan data center.

Apa Saja Sih Tren Data Center 2021?

Jika ditanyakan apa sih itu tren data 2021? Tahun 2021 memang merupakan tahun yang cukup berat bagi perusahaan dalam mengembangkan usahanya apalagi jika ada PSBB yang mengharuskan bisnis non logistik harus tutup karena pandemi.

Namun pada beberapa perusahaan tertentu, misalnya perusahaan yang berbasis digital pasti membutuhkan adanya data center untuk mengembangkan usahanya. Maka dari itu layanan data center di tahun 2021 semakin meningkat seiring dengan permintaan perusahaan.

Apa saja trend data center 2021? Berikut penjelasannya.

Jaringan Internet 5G

Jaringan internet 5g di tahun 2021 sudah mulai didirikan oleh beberapa provider seluler di kota-kota besar.

Internet 5g memiliki kelebihan antara kecepatan yang super tinggi, latency rendah, dan komunikasi yang diperkenalkan ke industri data center.

Kecerdasan Buatan / Ai

Kecerdasan buatan atau dikenal dengan AI sudah mulai di terapkan di berbagai bidang kehidupan. Untuk AI diharapkan dapat meningkat untuk menghasilkan layanan dan konsep bisnis yang baru. Perusahaan yang menuntut ini dan penyedia data center perlu beradaptasi dalam merespon penyebaran jaringan yang cepat.

Manajemen Jarak Jauh Dari Data Center

Data center harus selalu aktif selama 24 jam untuk dapat mengakses informasi bisnis. Di tengah pandemi saat ini tentu akan mengganggu tenaga IT untuk tetap memantau selama 24 jam karena waktunya akan dihabiskan lebih banyak dirumah.

Maka dari itu dibutuhkanlah protokol remote data center untuk selalu memantau sekaligus memaintenance data center agar tetap bekerja dan aktif.

Pembangkit Listrik Alternatif

Kebutuhan akan daya listrik yang besar apalagi jika terdapat jutaan server dalam satu tempat. Berbicara soal listrik tentu data center memerlukan listrik alternatif jika terjadi gangguan listrik yang mampu mengganggu kinerja dari sebuah server.

Listrik alternatif yang dapat digunakan seperti energi gelombang pasang, lading angin, dan pada tingkat yang lebih rendah, serta tenaga surya.

Pendingin Cairan Dan Pendingin Submersible

Peningkatan jumlah komputasi tentu akan meningkatkan temperatur di dalam ruangan server sekaligus meningkatkan suhu pada prosesor.

Maka dari itu dibutuhkanlah teknologi pendingin cair dan pendinginan yang dapat direndam untuk menghilangkan beban  panas secara efisien.

Tren Data Center 2021 Selengkapnya Ada Di Netdata

Kesimpulan dari bahasan diatas adalah trend data center 2021 dipengaruhi oleh kebutuhan akan penyimpanan data serta komunikasi pada sebuah perusahaan.

Dalam penggunaan data center baik mandiri maupun sewa tentu membutuhkan pertimbangan akan sistem keamanan, pemrosesan dan penyimpanan, bandwidth, sumber daya listrik, dan IP provider.

Di Indonesia sendiri penyedia data center sudah cukup banyak yang mana perusahaan yang baru ingin merintis di bidang bisnis maka akan terbantu sekali dengan keberadaan layanan data center ini.

NetData juga menyediakan layanan managed service data center yang mampu melayani kebutuhan bisnis Anda.

NetData sebagai perusahaan IT juga menyediakan layanan data center seperti colocation data center dan managed service data center.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup