Sistem Operasi : Pengertian, Jenis Dan Kegunaannya Dalam Sistem Komputer

Operating system

Dalam dunia komputer, sistem operasi adalah sebuah dasar utama untuk komputer tersebut dapat berjalan dengan semestinya.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Banyak orang yang mengenal sistem ini dengan sebutan brand yang terkenal seperti Windows, MacOS, dan lain sebagainya.

Nah apa itu sistem operasi? Dan apa saja kegunaannya dalam dunia komputer, mari kita simak artikel berikut ini.

Yang Mungkin Kamu Cari

Pengertian Sistem Operasi

Adalah jenis program atau perangkat lunak yang ada pada lapisan pertama di memori komputer sehingga bertugas untuk menyalakan komputer yang disebut dengan proses booting.

Sedangkan software yang dijalankan akan dijalankan oleh sistem operasi tersebut sekaligus memberikan layanan kepada software tersebut.

Sebelum adanya sistem operasi, komputer hanya menggunakan sistem sinyal analog serta sinyal digital. Kemudian seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah beragam jenisnya dengan keunggulannya masing-masing.

Sistem ini memiliki penjadwalan yang sistematis yang mencakup perhitungan penggunaan memori, penyimpanan data, pemrosesan data, serta sumber daya lainnya.

Pengertian Sistem Operasi Menurut Para Ahli

Itu tadi adalah pengertian sistem operasi secara umum, namun ada juga beberapa pengertian sistem operasi menurut para ahli, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Menurut Iim Rusyamsi

Adalah perangkat lunak yang melakukan tugas sebagai pengontrol dan pengelola perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya yang dapat menjalankan program aplikasi.

Menurut MCLEOD (PEARSON)

Adalah program komputer yang mengatur sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang ada dalam komputer.

Menurut FERY INDAYUDHA

Adalah sistem yang digunakan untuk menjalankan semua aplikasi program yang ada dalam komputer.

Menurut M. Suyanto

Adalah sistem yang terdiri dari beberapa komponen perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengontrol semua aktivitas yang ada dalam komputer.

Menurut WAHANA KOMPUTER

Adalah perangkat lunak tahap pertama yang dimasukan pada memori komputer pada saat dinyalakan.

Fungsi Sistem Operasi

Adapun beberapa fungsi sistem operasi pada sistem komputer antara lain.

Manajemen Sumber Daya Komputer

Sistem ini dapat mengatur waktu pada aplikasi yang dijalankan, membagi penggunaan prosesor pada saat aplikasis dijalankan secara bersamaan, memberikan akses kepada disk, dan banyak lagi.

Berperan Sebagai Aplikasi Dasar Sebuah Perangkat

Adalah dasar dari pembentukan program yang ada pada sebuah perangkat. Aplikasi ini juga dapat dikatakan sebagai bagian yang paling vital yang mengatur semau hal yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi sebuah perangkat.

Mengoptimalkan Fungsi Sebuah Perangkat

Dapat mengoptimalkan kinerja dari perangkat keras dan perangkat lunak, sistem ini dapat mengatur serta mengendalikan hubungan antar perangkat keras dan lunak agar dapat bekerja sama dengan baik.

Menghubungkan Hardward

Dapat mengoordinasikan semua perangkat yang saling terkoneksi pada gadget dalam waktu yang bersamaan, seperti penyimpanan internal, mouse, speaker, dan prosesor. Dalam hal dapat menghubungkan perangkat keras dengan perangkat lunak. 

Mengatur Sistem Kerja Perangkat

Sistem operasi mengatur dan juga mengontrol semua fungsi perangkat keras yang berjalan, mulai dari prosesor, memori, storage, dan lain sebagainya. Dengan begitu maka semua sistem komputer dapat saling bersinergi dan membentuk kesatuan yang dapat meningkatkan fungsi sebuah perangkat.

Contoh Macam–Macam Sistem Operasi

berikut ini ada lima contoh sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Windows

Microsoft Windows adalah salah satu yang paling populer yang ada pada sistem komputer. OS Windows ini sudah ada sejak tahun 1980an, Windows ini memiliki berbagai versi dan pembaruan seperti Windows 98, Windows vista, WWindows 7/8/10 dan yang paling baru Windows 11. 

Setiap versi pembaruan Windows terdapat peningkatan yang dapat lebih memudahkan pengguna dalam penggunaannya sehari-hari mulai dari pembaruan panel kontrol, desktop, dan lain sebagainya. Saking banyaknya yang menggunakan OS Windows ini, banyak pula yang mencoba meretasnya dengan malware dan virus.

Mac OS

Mac OS adalah sistem keluaran Apple yang dikhususkan hanya untuk komputer desktop dan laptop ekslusif Apple saja. Kelebihan dari MAC OS adalah sangat optimal dengan perangkat Apple itu sendiri sehingga memiliki kecepatan dalam pemrosesan yang cepat, UI yang sederhana, dan tidak rentan akan virus.

Linux

Linux adalah salah satu yang juga banyak digunakan karena kemudahan dalam penggunaan serta menawarkan modifikasi pada sistem operasinya. Kelebihan linux adalah berbasis open source alias gratis dan bebas untuk dimodifikasi.

Android

Ya pasti kita sudah sangat familiar dengan android yang banyak sekali digunakan pada smartphone dan tablet. Android ini pertama kali muncul di tahun 2007  yang berkembang terus hingga sekarang.

IOS

iOS adalah pada seluler yang dikembangkan oleh Apple yang banyak digunakan pada perangkat iPhone miliknya.

Perbedaan Sistem Operasi Komersial VS Sistem Operasi Open Source

Sistem operasi dibagi menjadi 2 kategori umum yakni komersial dan open source. Sebenarnya ada lagi sebutan sistem operasi jaringan namun ini biasanya menjadi satu pada kategori komersial. Nah apa sih bedanya antara kedua jenis ini? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Sistem operasi Komersial

Dikembangkan oleh perusahaan teknologi untuk diperjual belikan secara bebas, contoh yang paling gampang adalah Windows.

Sistem operasi Open Source

Bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayarnya. OS open source ini juga bisa di modifikasi dan digunakan di perangkat lainnya untuk tujuan komersial, contoh OS open source adalah Linux dan Android.

Berikut ini adalah bebereapa perbedaan yang paling detail antara kedua sistem operasi tersebut:

  1. OS open source seperti linux biasanya memiliki performa yang ringan sehingga terasa sangat lancar ketika digunakan ketimbang OS Windows yang semakin baru versinya maka performanya semakin berat.
  2. OS open source biasanya tidak mengumpulkan data pengguna sedangkan Windows mengumpulkan semua data pengguna yang mengarah ke privasi.
  3. Open source dapat mematikan aplikasi dengan mudah dan cepat, sedangkan Windows membutuhkan berkali-kali.
  4. Linux dapat mendukung berbagai macam perangkat lunak gratis. Namun Windows menawarkan banyak support pada perangkat lunak dan video game sekalipun.
  5. Di linux hampir semua perangkat lunaknya dapat digunakan secara gratis, sedangkan pada Windows sebagian besar berbayar dengan penawaran fitur dan keamanan yang lebih baik.
  6. OS open source seperti linux notabene lebih mudah untuk mengidentifikasi bug dan memperbaikinya, sedangkan untuk Windows memiliki basis pengguna yang besar sehingga menjadi target bagi pengembang virus atau malware.
  7. Untuk OS linux biasanya digunakan di perusahaan sebagai OS Server dan sistem operasi unutk tujuan keamanan di Google, Facebook, Twitter dan lain-lain. Untuk OS Windows sebagian besar digunakan untuk bisnis serta bermain game.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Loading

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup