SD-WAN Fortinet Indonesia Adalah Solusi Yang Paling Tepat

SD-WAN Fortinet Indonesia

SD-WAN Fortinet Indonesia – Software definided- Wide Area Network (SD-WAN) adalah arsitektur WAN virtual yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan kombinasi layanan transportasi apa pun, termasuk MPLS, LTE, dan layanan internet broadband – untuk menghubungkan pengguna ke aplikasi dengan aman.

Mengenal Tentang Jaringan

Penggunaan internet di seluruh dunia sering kali dimanfaatkan untuk mencari informasi dan juga telekomunikasi.

Salah satu fungsi dari internet itu sendiri adalah menghubungkan antara satu jaringan komputer dengan jaringan yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa ulasan seputar jaringan komputer mulai dari pengertian jaringan komputer, jenis-jenis jaringan komputer, dan manfaat jaringan komputer itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer

Sebelum memahami tentang SD-WAN Fortinet Indonesia kita perlu memahami apa itu jaringan dan apa saja perangkat-perangkatnya.

Jaringan komputer merupakan gabungan atau hubungan antara dua atau lebih perangkat komputer yang terkoneksi antar satu  dengan yang lain yang digunakan untuk berbagi sumber data.

Setiap titik akhir didalam suatu jaringan miliki isyarat pengenal, yang biasa disebut bersama dengan alamat IP atau alamat fasilitas access control. Endpoint dapat termasuk server, komputer, telepon, dan perangkat keras (hardware) jaringan yang lain. Jaringan komputer (jarkom) dapat dibuat bersama dengan pakai kombinasi berasal dari teknologi kabel dan wireless.

Jaringan dapat bersifat private maupun publik. Dalam penggunaan jaringan private, umumnya butuh akses user untuk memasukkan kredensial bersifat kata sandi yang dimasukkan secara manual oleh administrator atau diperoleh segera oleh pengguna. Untuk penggunaan jaringan publik seperti internet, tidak menghambat suatu akses.

Sejarah Jaringan Komputer

Awal sejarah dari jaringan komputer ini tercetus dari sebuah gagasan untuk menggunakan satu komputer secara bersama-sama.

Gagasan ini dijadikan sebuah proyek oleh para periset dari Universitas Havard di Laboratorium Bell yang dikepalai oleh Howard Aiken.

Di tahun 1950an, super komputer pertama kali diciptakan seiring dengan sistem TSS (Time Sharing System) yang juga ditemukan. 

Momen ini adalah salah satu sejarah penting dimana jaringan komputer diterapkan untuk pertama kalinya.

Seiring berjalannya waktu tepatnya di tahun 1982 protokol TCP berhasil ditemukan. Kemudian di tahun 1984 DNS juga sudah ditemukan. Kemudian di tahun 1990 WWW atau program World Wide Web pertama kali dicetuskan oleh Tim Berners Lee yang kemudian bertahun-tahun kemudian jaringan komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Jenis Jaringan Komputer

Adapun beberapa penjelasan apa saja jenis-jenis dari jaringan komputer itu sendiri.

Personal Area Network

Jenis jaringan ini juga mencakup wilayah yang lebih kecil yakni saja pada kantor dan rumah. Biasanya, banyak yang digunakan untuk menghubungkan ke printer dan juga internet. Dan juga tidak memerlukan sumber daya yang besar dalam penggunaan PAN.

Local Area Network

Jaringan LAN ini memiliki fungsi selain menghubungkan perangkat jaringan dalam cakupan kecil, yang dapat menghubungkan jaringan ke dalam lingkupan sekolah, rumah, dan kantor.

Banyak orang yang menggunakan koneksi dengan jaringan tertentu misalnya menggunakan token ring dan ethernet. LAN juga menyediakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan WiFi yang lebih dikenal dengan WLAN.

Campus Area Network

Jaringan CAN ini mirip dengan MAN, yang mana lebih terbatas dalam cakupan kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini lebih banyak digunakan untuk keperluan praktek lab, email, dan pembaruan kelas serta lain sebagainya.

Metropolitan Area Network

MAN merupakan jaringan yang menghubungkan antar satu perangkat komputer dengan perangkat lainnya dengan ruang lingkup satu Kota atau kabupaten. Atau juga bisa diartikan gabungan antara beberapa LAN di satu Kota.

Wide Area Network

WAN  adalah kumpulan dari berbagai wilayah geografis. Jaringan WAN cenderung yang menggunakan teknologi ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

Internet

Internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup seluruh penjuru dunia. Siapa saja yang dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer seperti misalnya komputer, laptop, smartphone, TV, tablet, dan lain sebagainya.

Virtual Private Network

VPN adalah salah satu solusi yang menyediakan koneksi internet yang lebih aman. Yang mana VPN membuat jalur aman yang kebutuhan transmisi data. Dengan platform yang menjual VPN secara gratis yang menyediakan akses premium.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Berdasarkan bentuk fundamentalnya, jaringan komputer dibagi menjadi dua jenis yakni jarak dan transmisinya, berikut penjelasan lengkapnya.

Broadcast

Jaringan broadcast merupakan saluran komunikasi tunggal yang dapat digunakan secara bersama-sama dengan beberapa perangkat yang terhubung dalam satu jaringan. Paket adalah data yang berukuran kecil yang dikirim dari suatu perangkat menuju perangkat lainnya.

Field dari alamat yang berisi keterangan mengenai dengan siapa paket ini di tuju. Apabila paket ini sudah menemukan tujuannya maka akan segera di proses. Apabila paket terkirim ke perangkat lain maka mesin akan mengabaikannya secara otomatis.

Point-To-Point

Jenis point to point tersusun dari beberapa koneksi pasangan individu, dari satu perangkat yang menuju ke perangkat lainnya.

Untuk dapat mengirim ke paket ke tujuan alamat, dan perlu melewati beberapa mesin perantara. Sehingga tidak jarang paket melewati route yang berbeda jarak. Maka dari itu algoritma route sangat memegang perangan penting pada jaringan ini.

Macam – Macam Perangkat Jaringan Komputer 

Sekarang ini juga sudah banyak dikembangkan beberapa macam perangkat jaringan komputer untuk membantu dan juga mengoptimalkan kinerja sistem jaringan. Berikut ini adalah beberapa macam perangkat jaringan yang sering kita jumpai.

Server

Server adalah tempat atau perangkat yang memiliki peran penting dalam jaringan yakni menyimpan informasi, mengelola jaringan, dan melayani permintaan client. Biasanya server ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client.

Network Interface Card

NIC sering disebut juga LAN Card Expansion Board yang digunaan agar komputer dapat terhubung ke dalam jaringan. Ethernet berbagi menjadi empat jenis yakni ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

Kabel jaringan

Media kabel adalah media yang berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat dalam satu jaringan. Jenis kabel sendiri sangat bermacam-macam meliputi kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

Hub dan Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Secara fisik memang antara perangakt hub dan switch sangatlah mirip. Namun dalam sisi teknologi switch memiliki logika yang lebih kompleks dari pada hub.

Switch memiliki dua tipe yang paling umum yakni unmanaged switch yang merupakan tipe termurah. Dan managed switch yang merupakan tipe termahal karena memiliki fitur yang lebih lengkap.

Router

Router merupakan perangkat jaringan komputer yang memiliki fungsi penting dalam meroute atau menghubungkan jaringan LAN ke dalam suatu jaringan WAN, serta mengelola lalu lintas dari data di dalamnya. Router ini dapat menentukan jalur terbaik, karena memiliki tabel routing yang mencatat semua alamat didalam jaringan.

Bridge

Bridge sendiri adalah perangkat yang memang difungsikan sebagai jembatan atau penerus lalu lintas antara segmen jaringan berdasarkan informasi di dalam sebuah data link. Bridge juga memiliki fungsi untuk membagi jaringan yang besar terhadap beberapa jaringan kecil. 

Modem

Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan kedalam antara perangkat komputer, dengan layanan internet atau disebut dengan internet service provider atau ISP.

Repeater

Repeater atau suatu perangkat yang berfungsi untuk memperkuat dan meregenerasi jaringan dan sinyal yang masuk. 

Repeater adalah untuk mempertahankan integritas dari sinyal jaringan, kelemahan repeater sendiri adalah tidak dapat melakukan filter traffic di dalam jaringan.

Wireless card

Wireless card adalah perangkat jaringan yang mengidamkan terhubung didalam jaringan wireless atau nirkabel. Rata-rata komputer model baru sudah menggunakan wireless card secara built in didalam motherboardnya tanpa perlu harus menambahkannya sendiri.

Manfaat jaringan komputer

Berikut ini adalah beberapa manfaat dimana jaringan komputer digunakan untuk kehidupan sehari-hari. 

Untuk Berbagi Dokumen

Manfaat pertama yakni sebagai media sharing atau berbagi dokumen yang dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan jaringan internet. Anda dapat juga membagi dokumen ke dalam jaringan menggunakan kabel data ataupun nirkabel.

Untuk Menjaga Dan Memanajemen Keamanan Data

Data yang penting tentunya harus disimpan didalam secara terpusat di data center. Selain itu jaringan juga dapat memudahkan administrator dalam memanajemen data perusahaan yang penting.

Memudahkan Dalam Berkomunikasi

Jaringan komputer juga dapat memudahkan melakukan komunikasi antar pengguna dalam lingkup geografis yang cepat dan akurat. 

Dengan berkomunikasi secara tepat, maka mampu menunjang dalam menangani setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam perusahaan.

Menyampaikan Informasi Secara Cepat

Bantuan jaringan komputer, proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa batasan tempat maupun waktu. Anda dapat membaca setiap informasi dari berbagai penjuru dunia.

Membantu Aktivitas Manusia

Jaringan komputer bermanfaat untuk membantu setiap kegiatan manusia agar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya jaringan yang baik setiap aktivitas baik dalam kantor ataupun di luar kantor yang dapat terhubung dengan baik.

Dampak Negatif Jaringan Komputer

Selain manfaat yang dihasilkan dengan jaringan komuter itu sendiri, ada juga beberapa dampak negatif dari beberapa hal yang dijelaskan berikut ini.

Biaya Network

Untuk mendapatkan jaringan yang baik maka juga perlu mempersiapkan setiap kebutuhan, misalnya software, hardware, serta perencanaan Network design.

Biaya Manajemen dan Maintenance

Pengelolaan manajemen dan perawatan jaringan juga perlu diperhatikan secara berkala tim IT profesional.

Sehingga menurunkan kemungkinan yang terjadi hal yang tidak diinginkan baik kerusakaan keras  dan perangkat lunak.

Aktivitas Sharing yang Tidak Diinginkan

Dampak negatif yang ketiga adalah lalu lintas jaringan yang tidak terkontrol dengan baik maka dapat memperbesar resiko dokumen yang dibagi dapat terinfeksi virus atau spam pada komputer.

Ancaman Keamanan Jaringan

Dengan kemudahan proses komunikasi yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja secara terus menerus. Tentunya akan meningkatkan resiko munculnya masalah lainnya. Namun penyebaran konten ilegal, pencurian data, hingga masalah keamanan informasi yang lainnya.

Penjelasan SD WAN

Itulah beberapa penjelasan tentang jaringna komputer yang mana saat ini kita akan berfokus dalam penjelasan SD-WAN Fortinet Indonesia yang berhubungan dengan Fortinet.

Pengertian SD WAN

SD WAN adalah sebuah koneksi WAN yang menggunakan teknologi software-defined networking (SDN).

SD WAN digunakan untuk menghubungkan antara jaringan perusahaan pusat dengan jaringan perusahaan cabang dengan letak geografis yang jauh.

Teknologi akan membantu dalam meringkankan kompleksitas dengan zero touche provisioning yang dapat mengatasi resiko human error.

SD WAN memiliki perbedaan dengan WAN konvensional. WAN tradisional bekerja melalui pemasangan sirkuit ekslusif untuk menyalurkan layanan IP ke klien yang dituju.

Hal ini juga dilakukan melalui perangkat keras yang mendasari untuk melengkapi jaringan secara keseluruhan.

Cakupan dari beberapa model jaringan ini membutuhkan upaya yang rumit bagi tim IT karena kuantitas hardware yang dipasang dan sistem yang diperlukan dalam mengelola kesibukan jaringan. Lain halnya dengan SD-WAN yang gunakan solusi tunnelling pada arsitektur jaringan yang telah tersedia di awalnya

Beberapa Hal Tentang SD-WAN Fortinet Indonesia Yang Perlu Diketahui

SD-WAN Fortinet Indonesia merupakan teknologi yang menyederhanakan manajemen dan operasi WAN dengan cara memisahkan beberapa perangkat keras jaringan dengan mekanisme kontrolnya.

SD-WAN memberi perusahaan opsi yang secara dinamis menghubungkan jaringan kantor cabang dengan kantor pusat. Contohhnya bisa dengan memanfaatkan internet dan cloud secara bersamaan. 

Ada beberapa banyak manfaat dari SD-WAN Fortinet Indonesia yang dapat membantu jaringan pada bisnis Anda menjadi lebih praktis ketimbang penggunaan WAN tradisional. Berikut ini ada 5 hal seputar SD-WAN yang perlu diketahui.

Kinerja

Perbedaan paling mencolok antara SD WAN dengan WAN konvensional adalah peningkatan performa yang signifikan. SDWAN sendiri menawarkan failover lebih cepat yang hanya membutuhkan 1 detik saja dibandingkan WAN tradisional.

Waktu Penggunaan

Jika sebuah perusahaan sedang membangun jaringan baru di kantor cabang dengan WAN konvensional maka akan memakan banyak waktu. Walaupun durasinya sama, namun instalasi SDWAN jauh lebih cepat berkat Zero touch provisioning ZTP. 

Fleksibilitas

Berbeda dengan SD WAN, bahwa WAN tradisional bergantung pada data center yang mana bisa saja tersumbat.

Sementara itu SDWAN memiliki kumpulan bandwidth yang terintegrasi satu sama lain oleh beberapa penyedia layanan. Hal ini akan memungkinkan pemanfaatan sumber daya jaringan yang lebih besar ketika data berpindah antara jaringan kantor.

Kapasitas

Koneksi data center yang menjadi tumpuan WAN konvensional memiliki keterbatasan kapasitas. Khususnya untuk menangani koneksi yang masuk ke platform cloud yang bervariasi. Sedangkan jika kita lihat hal ini tidak terjadi di sistem SD-WAN Yang tidak dibatasi dengan hardware yang mengakomodir jaringan.

Konfigurasi

Perangkat pendukung WAN konvensional harus di konfigurasi secara mandiri, yakni sesuai dengan basis perperangkat. Sedangkan di SDWAN, aplikasi WAN akan diprioritaskan utama. Selain itu perusahaan dapat memantau lalu lintas secara realtime apabila terjadi brownout.

SD-WAN menggunakan fungsi kontrol terpusat untuk mengarahkan lalu lintas dengan aman dan cerdas melintasi WAN. Hal ini meningkatkan kinerja aplikasi dan memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas tinggi, yang menghasilkan peningkatan produktivitas bisnis, kelincahan, dan pengurangan biaya untuk TI.

SD-WAN atau Software definided- Wide Area Network merupakan sebuah arsitektur jaringan yang mencakup WAN dengan metode virtual, sehingga perusahaan yang menggunakannya dapat mengkombinasi layanan telekomunikasi apa saja, meliputi MPLS, LTE, dan juga internet broadband agar dapat menghubungkan pengguna ke aplikasi yang aman.

SD-WAN Fortinet Indonesia Terbaik Daripada WAN Tradisional

WAN tradisional yang didasarkan terhadap router konvensional tidak dulu dirancang untuk cloud. Mereka umumnya memerlukan backhaul semua lantas lintas – terhitung lantas lintas yang bertujuan ke cloud – berasal dari kantor cabang ke hub atau pusat information kantor pusat daerah sarana pemeriksaan keamanan tingkat lanjut mampu diterapkan. Penundaan yang disebabkan oleh backhaul mengganggu kinerja aplikasi yang menyebabkan pengalaman pengguna yang jelek dan produktivitas yang hilang.

Tidak layaknya arsitektur WAN yang berpusat terhadap router tradisional, style SD-WAN dirancang untuk seutuhnya menunjang aplikasi yang dihosting di pusat information di lokasi, cloud publik atau pribadi, dan sarana SaaS layaknya SD-WAN Fortinet Indonesia, Workday, Office 365 dan Dropbox, selagi mengirimkan tingkat kinerja aplikasi tertinggi.

Bagaimana Cara Kerja SD-WAN Fortinet Indonesia

SD-WAN Fortinet Indonesia memungkinkan perusahaan yang mengutamakan cloud untuk mengimbuhkan kualitas aplikasi pengalaman (QoEX) yang superior bagi pengguna. Menggunakan kecerdasan dan dengan mengidentifikasi aplikasi, SD-WAN Fortinet Indonesia sedia kan perutean yang menyadari aplikasi di semua WAN. Setiap kelas aplikasi terima QoS yang cocok dan penegakan kebijakan keamanan, semuanya cocok dengan kebutuhan bisnis.

Pembobolan internet lokal yang safe dari selanjutnya lintas aplikasi IaaS dan SaaS dari cabang mengimbuhkan tingkat kinerja cloud tertinggi sekaligus menjaga perusahaan dari ancaman. Tidak seperti SD-WAN Fortinet Indonesia, jenis router-sentris konvensional mendistribusikan kegunaan kontrol di semua perangkat di jaringan dan cuma merutekan selanjutnya lintas berdasarkan alamat TCP / IP dan ACL. Model ini cenderung kaku, tidak efisien, dan tidak ramah cloud, sehingga membuahkan pengalaman pengguna yang buruk.

Dengan kinerja yang seperti itu, maka sudah pasti jika ingin memasang SD-WAN pastikan dengan Fortinet saja. Dengan perusahaan yang memasang SD-WAN, maka sudah jelas sangat menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup