Review WiFi 5 vs WiFi 6

WiFi 5 vs WiFi 6

Teknologi IT memang semakin berkembang dengan cepat yang berhubungan dengan Wifi. Tahukah Anda bahwa saat ini Ada teknologi wifi terbaru yakni Wifi 6. Lalu apa sih bedanya wifi 5 dengan wifi 6 ini? Apa saja keuntungannya menggunakan wifi 6? Berikut penjelasannya.

Pengertian WiFi 6

Wifi 6 merupakan teknologi nirkabel yang terbaru dengan membawa standarisasi nirkabel yang ditingkatkan. Diciptakan sebagai solusi untuk kebutuhan dalam meningkatkan konektivitas dan kebutuhan bandwidth sebab saat ini lebih banyak perangkat yang mesti dihubungkan ke internet.

Seberapa cepat WiFi 6?

Apakah wifi 6 ini lebih cepat dari wifi 5? Jawabannya adalah iya. Kecepatan wifi 6 ini bisa mencapai 9,6Gbps sedangkan WiFi 5 yang cuma 3,5 Gbps. Kecepatan ini adalah maksimum yang bisa dicapai, tetapi Anda barangkali besar tidak bakal dulu raih kecepatan itu didalam pemakaian di dunia nyata.

Apa perbedaan WiFi 6 (802.11 AX) berasal dari WiFi 5 (802.11 AC)?

Perbedaan wifi 6 dan wifi 5 bukan hanya dari kecepatannya saja. Kemampuan lain dari wifi 6 adalah kapasitas tampungan perangkat yang lebih banyak sekaligus dengan memberikan kecepatan yang sangat tinggi. Wifi 6 ini bisa dikatakan 4x bandwidth, sehingga semua perangkat tambahan yang terhubung tidak menurunkan kecepatan jaringan Anda.

Wifi 6 ini ibarat jalan raya dengan banyak lajur, sedangkan wifi 5 hanya memiliki 1 lajur saja. Sehingga wifi 6 ini memiliki banyak mobil yang melaju di jalannya ketimbang wifi 5. Wifi 6 juga mengadopsi dua teknologi baru yakni MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input plus Multiple-Output) dan OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access).

Keuntungan menggunakan WiFi 6

  • Keamanan: wifi 6 menggunakan protokol keamanan terbaru yakni WPA3 (WiFi Protected Access versi 3) yang mengambil alih WPA2. WPA3 mengenkripsi koneksi pada perangkat Anda dan titik akses yang terhubung. Ini termasuk melindungi terhadap serangan brute-force bahkan kalau kata sandi WiFi Anda lemah. WPA3 bukan hal baru karena lebih dari satu perangkat non-WiFi 6 sementara ini dan router mendukungnya tapi bersama dengan WiFi 6, saat ini menjadi persyaratan.
  • Lebih banyak knowledge bersama dengan 1024-QAM: koneksi WiFi 6 mampu membawa lebih banyak knowledge berkat 1024-QAM yang artinya 25% lebih cepat dari WiFi 5 yang cuma 256-QAM.
  • Tidak ada ulang konflik WiFi berkat BSS Color: Anda mengerti kami kerap mengalami masalah koneksi dari jaringan disekitar, bersama dengan WiFi 6 memecahkan bersama dengan apa yang disebut BSS Color (Sase Service Station). Apa yang dilakukannya adalah menandai jaringan lain dan menyebabkan router mengabaikannya.WiFi 6 (IEEE 802.11
  • Peningkatan masa mengfungsikan baterai: Dengan WiFi 6, konsumsi baterai menyusut berkat fitur yang disebut ‘Target Wake Time’. Apa yang dilakukan adalah menyebabkan jadwal sementara perangkat laksanakan check-in bersama dengan router. Dengan begitu, perangkat tidak harus tetap terbangun kalau tidak perlu.

Yuk klik video youtube dibawah ini untuk lebih lengkap tentang review WiFi 5 vs WiFi 6.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup