Mengenal Web Service, Cara Kerja, dan Fungsinya

Web Service

Mengenal Web Service – Dalam era digital saat ini banyak sekali pengguna internet yang makin masif serta memanfaatkan teknologi untuk menunjang aktivitas seperti misalnya berjualan online, pembelajaran online, rapat online, hiburan, dan lain sebagainya.

Sebelum membaca lebih lanjut dan Mengenal Web Service, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Dengan tingginya penggunaan aplikasi dan website juga tentu diiringi dengan tingginya beban akses yang makin berat. Maka di ciptakannya sebuah layanan untuk menghindari terjadinya kelebihan beban seperti web service.

Apa sih itu web service dan apa saja fungsinya? Mari kita Mengenal Web Service dan bahas satu persatu di artikel berikut ini.

Penjelasan Web Service

Web service adalah aplikasi ini berisi berbagai perangkat lunak dan database yang dapat diakses ke sebuah perangkat perantara tertentu dengan cara akses jarak jauh. Penggunaan web service ini ada beberapa sistem yang terkendala interopabilitas dan integrasi ke beberapa sitem yang berbeda.

Dengan pertukaran data yang menggunakan XML berbasis internet memungkinkan adanya kontak dan interaksi antar aplikasi.

Sama halnya situs webs yang mana web service ini memiliki ciri yakni penggunaan URL at au unioform resource locator.

Tetapi ada beberapa hal yang membuatnya berbeda yakni interaksi pada web service tersebut. Adapun URL web service yang memuat sejumlah perintah, informasi, dan konfigurasi atau sintaks yang membangun suatu fungsi aplikasi.

Selain itu web service juga memungkinkan pertukaran data yang dilakukan tanpa memandang bentuk dan sumber data. Maka termasuk sumber basis data dan bahasa pemrograman yang digunakan. Dengan kata lain web service ini dapat dibilang sebuah jembatan untuk sistem.

Fungsi Web Service

Web service adalah teknologi dengan jumlah manfaat yang dapat dirasakan langsung baik oleh website atau penggunanya. Adapun beberapa fungsi web service berikut ini:

Membuat data bisa diakses

Web service ini memungkinkan sebuah website dapat diakses secara lancar yang kecepatannya lebih stabil. Dan juga teknologi ini berfungsi agar lebih website dapat dibuka atau diakses kapan saja dan dimana saja. Web service ini mampu meminimalisir berbagai masalah terkait interoperability dan website yang tinggi.

Memungkinkan akses melalui banyak protokol

Adapun fungsi dari web service yakni memungkinkan untuk dapat mengakses melalui banyak protokol. Layanan ini dapat memiliki standarisasi dan juga telah di definisikan dengan baik oleh protocol stack. Contohnya yakni untuk layanan transportasi, discovery layer, description, pesan XML, dan sebagainya.

Interaksi antar sistem, format, dan bahasa pemrograman

Fungsi terakhir dari web service ini adalah untuk membuat website agar dapat berinteraksi walaupun operating system, format, dan bahasa pemrogramannya yang berbeda. Perbedaan sitem, bahasa dan format yang digunakan client dan server yang dapat menyebabkan data yang tidak terbaca secara benar. Dengan adanya web service semua perbedaan tersebut bukanlah masalah yang besar.

Manfaat Menggunakan Web Service

Adapun beberapa manfaat yang dihasilkan dari web service antara lain:

Interoperabilitas

Web service dapat menyediakan layanan berupa koneksi antar aplikasi yang saling berinteraksi dan berbagi data serta layanan. Interoperabilitas juga memiliki arti yang sebuah sistem yang memiliki format yang berbeda dan berfungsi untuk memungkinkan interaksi tanpa adanya batasan akses.

Memberikan Protokol Standar

Manfaat web service ini adalah memberikan protokol standar yang aman dikarenakan web service yang memiliki layanan pengiriman, pesan XML, deskripsi layanan, dan service Discovery.

Dengan begitu keuntungannya adalah pengurangan biaya karena meningkatnya kualitas dan kompetisi bisnis.

Lebih Hemat dengan Komunikasi Biaya Rendah

Web service yang memberikan manfaat berupa mekanisme SOAP dan protokolnya di HTTP yang dapat membuat biaya internet jauh lebih murah. Dan SOAP Ini dapat diterapkan pada mekanisme FTP.

Cara Kerja Web Service

Web service adalah sistem yang bekerja dengan cara kerja yang terintegrasi. Adapun beberapa teknologi yang mendukung adalah SOAP, REST, WSDL, dan WDDX. Selain itu teknologi ini juga dapat menggunakan beberapa protokol seperti FTP, HTTP, dan SMTP.

Dan dengna menggunakan teknologi ini maka client dapat mengirimkan pesan dalam format SOAP atau REST. Pesan ini berisi dokumen XML yang akan ditransfer dalam jaringan lewat protokol seperti HTTP. Yang mana pesan ini akan disampaikan ke server. Server akan merespon dan mengambil dan menampilkan data yang diminta. Seperti biasa bahwa server akan merespon dan menampilkan data dan format XML, HTML, ataupun JSON.

Berikut ini adalah cara kerja web service:

  • Client ini akan memberikan pesan request ke server.
  • Pesan client dalam format XML, yang nantinya pesan ini akan dikirim ke server lewat protokol tertentu seperti HTTP. Pesan ini akan dikirim ke layanan web service lebih dulu.
  • web service akan memvaliditasi dari permintaan yang ada. Setelah memeriksanya apakah tujuannya sudah benar maka nantinya web service akan mengubah format pesan menjadi format server yang dimengerti. 
  • Server akan memproses dan merespon pesan yang diminta. Apabila permintaan tersebut ada di database maka permintaan akan diterima. Apabila tidak maka permintaan akan ditolak.
  • Server akan memberikan kembali data tersebut, yang mana fungsi ini untuk melakukan validasi dan mengubah format pesan tersebut pada format yang dimengerti client.
  • Data yang diminta akan diterima oleh client yang sudah dapat ditampilkan dalam format yang dipahami.

Jenis-Jenis Web Service

Arsitektur dan teknologi dari web service memiliki beberapa jenis diantaranya adalah:

Contoh Penerapan Web Services

Adapun contoh penerapan web service yakni pada aplikasi ojek online. Yang mana web service ini dapat digunakan layanan ojol yang berfungsi untuk memudahkan penggunaanya memesan ojek secara online.

Penerapan aplikasi ini menggunakan dua kali operasi sistem, pertama terjadi di aplikasi untuk melakukan request dengan menginput alamat dan alamat tujuan.

Lalu request ini akan dikirimkan oleh pengguna maka akan diteruskan dan diproses di web service. Setelah diproses maka request ini akan dikirimkan oleh pengguna aplikasi yang akan dilanjutkan ke server ojol.

Tahap selanjutnya sistem server gojek ini akan menerima request, lalu menghitung biaya perjalanan berdasarkan jarak tempuh. Adapun respon detail biaya dari server gojek yang dikirimkan ke pengguna lewat web service. Sistem operasi lainnya terjadi ketika pengguna aplikasi mengklik Order. Request tersebut akan diterima terlebih dahulu ke web service. Stelah diproses di web service dan baru dikirimkan ke server ojol. Setelah itu ojol akan mencarikan driver terdekat berdasarkan lokasi pengguna. Maka setelah itu server gojek akan memberikan pemberitahuan bahwa pengguna sudah mendapatkan driver terdekat.

SOAP

Simple Object Access Protocol atau SOAP adalah protokol yang digunakan sebagai proses pertukaran data antar aplikasi secara terstruktur menggunakan XML. Pertukaran ini dilakukan dengan metode remote procedure call atau RPC antar client dan server. SOAP Juga dapat dikatakan sebagai dokumen XML yang dapat request.

Kelebihan

Bahasa, platform dan transport agnostic.

Extensibility dan flexibel.

Digunakan untuk dapat mengatasi lingkungan komputer yang terdistribusi.

REST

Representational State Transfer atau REST adalah arsitektur sistem yang sudah terstandarisasi antar sistem perangkat komputer. REST memastikan transfer data antara sistem dapat dilakukan dengan lancar. Teknologi ini memungkinkan interaksi atau komunikasi dapat dilakukan pada sistem dengan jenis yang berbeda.

Kelebihan rest
  • Lebih sederhana dan mudah untuk dikembangkan daripada SOAP.
  • Lebih ringkas dan tidak membutuhkan layer perktukaran pesan. 
  • Mudah untuk dipelajari tidak bergantung dengan tools.
Kelemahan rest
  • Kurangnya dukungan standar dalam hal keamanan, kebijakan dan keandalan pesan.
  • Model transport tertentu.

WSDL

Web Service Definition Language atau WSDL adalah jenis dokumen XML yang termasuk dalam lingkup service description. Adapun fungsi utama dari WSDL yakni untuk mendeskripsikan isi dari sebuah website kepada client. Dalam hal ini termasuk penjelasan dengna metode apa saja yang tersedia pada web service lengkap dengan parameternya.

WDDX

Web Distributed Data Exchange atau WDDX adalah sebuah teknologi pendukung web service yang memungkinkan pertukaran data antar aplikasi dengan dasar web. Dan juga WDDX juga digunakan untuk melakukan transfer data antar format.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup