Memahami Cara Kerja VLAN

Cara Kerja VLAN

Cara kerja VLAN dalam artikel ini akan ditunjukan dalam sebuah pembahasan yang dapat mempermudah Anda dalam memahami apa itu VLAN.

Dalam pengertiannya VLAN ini merupakan sebuah model jaringan secara logika dalam banyak atau beberapa jalur yang berbeda namun tetap lewat perangkat penghubung yang tidak beda.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang perangkat VLAN, jenis VLAN, manfaat VLAN, serta cara kerja VLAN secara singkat padat dan jelas. Perangkat dalam program ini memungkinkan beberapa jaringan IP serta jaringan-jaringan kecil atau subnet dalam satu jaringan dengan perangkat switch yang sma.

Dengan VLAN membuat sebuah komputer dapat berkomunikasi dalam satu jaringan yang sama, tiap perangkat yang ada dalam satu jaringan ini harus memiliki IP serta subnet mask yang disesuaikan oleh VLAN tersebut.

Perangkat VLAN

Perangkat VLAN ini sebenarnya tidak ada bentuk fisiknya namun ada dalam bentuk virtual, pengertian dari VLAN sendiri adalah sekumpulan perangkat dalam satu atau lebih jaringan yang di konfigurasi oleh perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi seolah-olah dalam satu jaringan yang sama. 

Jenis VLAN

Ada beberapa jenis VLAN yaitu : 

  • VLAN Data adalah VLAN yang yang membawa lalu lintas data dari pengguna atau klien.
  • VLAN Voice adalah VLAN yang membawa lalu lintas data yang berbentuk suara atau voice yang berasal dari IP Phone. VLAN voice ini semakin bagus kualitasnya maka komunikasi voip maksimal.

Selain kedua VLAN adalah juga default VLAN, yakni VLAN yang sudah ada pada switch. VLAN 1 adalah default VLAN. Jika jaringan tidak dikonfigurasi oleh VLAN maka seluruh host yang terhubung switch adalah anggota VLAN 1.

Cara Kerja VLAN

Cara kerja VLAN dapat dibagi menjadi beberapa metode atau tipe yang digunakan, baik menggunakan port, alamat MAC dan lain sebagainya.

Dalam VLAN mengandung informasi dalam alamat yang tersimpan di database, jika Anda melihat bahwa sehingga pengalamatan port dapat digunakan maka database harus mencatat berbagai port yang digunakan oleh VLAN.

Untuk konfigurasi VLAN maka dibutuhkan switch atau bridge yang berfungsi untuk menyimpan semua data informasi dan konfigurasi  dari VLAN dan juga memastikan semua switch memiliki informasi yang sama.

Cara kerja VLAN dapat dibagi menjadi beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. Filtering Database, bagian ini terdapat informasi tentang pengelompokan VLAN yang terdiri dari.
  • Static Entries
    • Static Filtering Entries. Tahapan ini akan dikelompok apakah paket informasi atau data akan dikirim atau dibuang.
    • Tahap ini juga mengelompokan paket informasi atau data akan dikirim, dibuang atau akan di simpan pada dynamic entries.
    • Static Registration Entries. pada tahap ini juga dikelompokan apakah paket informasi atau data dapat dikirim ke jaringan VLAN lewat port yang sudah ditentukan.
  • Dynamic Entries
    • Dynamic Filtering Entries. pada tahap ini akan memilah paket data dikirim atau dibuang.
    • Dynamic Group Entries. memilih paket data dikirim, diteruskan, atau diberhentikan pada grup.
    • Dynamic Registration Entries. tahap ini kembali port yang bertanggun jawab untuk memilah paket data.
  1. Tagging adalah sistem yang memilih dan membagi tentang tujuan VLAN, sampaikan dalam bentuk tag header, sehingga data infomasi dapatr dikirim ke pengguna tertentu saja dan di dalam terdapat alamat MAC.

Terdapat 2 jenis tagging yaitu :

  • Ethernet Frame Tag Header
  • Token Ring and Fiber Distributed Data Interface (FDDI)

Jasa Konfigurasi VLAN

Era bisnis modern saat ini kegunaan VLAN cukup penting bagi perkembangan bisnis digital. Tak sedikit perusahaan yang mulai menggunakan konfigurasi VLAN untuk bisnisnya. 

Untuk itu jasa konfigurasi VLAN juga dapat digunakan sebagai alternatif bagi perusahaan untuk membuat konfigurasi VLAN untuk bisnis agar lebih mudah dan praktis. Percayakan kebutuhan konfigurasi Anda kepada ahlinya, NetData.

Kesimpulan

Dilihat dari artikel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa VLAN ini merupakan jaringan yang terdiri dari satu atau lebih saluran yang dikonfigurasi oleh perangkat lunak dalam satu switch.

Semoga dari ulasan artikel tentang VLAN diatas dapat membuat Anda lebih paham bagaimana cara kerja VLAN yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup