Sudah Tau Google Assistant? Apa Saja Sih Fiturnya?

Google Assistant

Pernahkah Anda menggunakan fitur dari smartphone Android yakni Google Assistant untuk membantu Anda dalam melakukan aktivitas seperti membuat memo, reminder, laporan cuaca, dan lainnya? Ya benar sekali bahwa fitur dari Google Assistant ini memang sangat canggih. Google dapat membuatnya menjadi andalan pesain assistant dari produk lain seperti Alexa dari Amazon, Siri dari Apple, dan Cortana dari Microsoft.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Apakah Anda salah satu penggemar dari fitur Google Assistant ini? Jika iya maka simak beberapa informasi menarik seputar Google Assistant berikut ini.

Penjelasan  Tentang Perusahaan Google

Google adalah perusahaan teknologi yang terkenal akan mesin pencariannya yang paling populer saat ini. Benar saja bahwa teknologi dan kemampuannya yang canggih Googlepun menjadi sarana yang dapat membantu manusia untuk mencari informasi dari berbagai belahan dunia.

Sejarah Singkat Google

Awal mula Google diciptakan oleh dua orang mahasiswa di Universitas Stanford California, Amerika Serikat yang bernama Larry Page dan Sergey Brin. Mereka bekerja sama demi mewujudkan mimpi mereka untuk menciptakan sebuah teknologi yang dapat mengumpulkan berbagai informasi di dunia sekaligus dapat diakses orang banyak.

Dengan begitu mereka menciptakan perusahaan raksasa yang berbasis di Amerika Serikat pada tanggal 4 September 1998 yang hingga sekarang masih terus berkembang.

Anak Perusahaan Google Yang Mendunia

Google tidak hanya mengembangkan mesin pencariannya yang canggih namun juga mengembangkan berbagai inovasi lainya dan mengakuisisi berbagai perusahaan lain seperti:

Youtube

Ada beberapa banyak dari kita yang pasti sudah mengetahui youtube adalah salah satu dari anak perusahaan Google. Youtube ini merupakan situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada tahun 2005. Situs ini dapat digunakan oleh penggunanya untuk menonton, berbagi video, hingga mengunggah video. Akhirnya Youtube memutuskan untuk menerima tawaran Google untuk membelinya dengan harga US$ 1.65 miliar.

Motorola Mobility

Motorola Mobility adalah salah satu perusahaan yang bergerak di sektor perangkat telekomunikasi dari smartphone hingga smartwatch. Google akhirnya mengakuisisi perusahaan ini dengan harga US$ 12.5 miliar pada tahun 2011 lalu. Namun pada tahun 2014 terdengar bahwa industri perangkat telekomunikasi ini berpindah tangan dari Google ke Lenovo.

Android

Android merupakan sistem operasi mobile yang merupakan salah satu teknologi yang diakuisisi oleh Google. Awalnya Android ini berdiri sendiri dengan diberikan modal oleh Google, kemudian pada tahun 2005 perusahaan berbasis di Amerika Serikat ini memutuskan untuk mengakuisisi Android.

Nest Lab

Nest lab adalah perusahaan yang bergerak di sektor pembuat peralatan rumah tangga pintar yang juga di akuisisi Google dengan nilai US$ 3.2 miliar secara tunai.  

AdMob

AdMob adalah platform monetasi ini juga memungkinkan para developer aplikasi untuk memperoleh penghasilan dari aplikasi yang mereka buat. Pihak Google mengakuisisinya dengan nilai lebih dari US$ 1 miliar kepada para developer di seluruh dunia, kemudian ada lebih dari 1 juta aplikasi yang sudah menggunakan adMob.

FeedBurner

FeedBurner adalah sebuah web-based tools yang dapat memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mempromosikan blognya dan mengelola secara penuh. Feedburner ini di akuisisi Google khusus untuk para pengguna blogger yang merupakan layanan blog gratis milik Google. 

DoubleClick

DoubleClick merupakan salah satu pelopor platform periklanan online yang memudahkan pengelola iklan baik tayangan iklan di situs web, aplikasi seluler, game, dan lain sebagainya.

DoubleClick didirikan pada tahun 2007 dan resmi diakuisisi Google dengan nilai hingga US$ 3.1 miliar.

Layanan Google Yang Paling Sering Digunakan

Secara keseluruhan ada 5 layanan Google yang paling sering kita gunakan antara lain:

Google Search

Layanan yang satu ini mungkin yang paling sering kita dengar dan paling sering digunakan dijagat internet. Bahkan layanan ini menjadi layanan pertama yang diketahui bagi pengguna internet adalah Google search untuk membantu pengguna dalam mencari topik yang pengguna inginkan.

Gmail

Gmail adalah produk layanan email dari Google yang sering digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pekerjaan, sekolah, kuliah, dan masih banyak lagi. 

Google Drive

Google drive adalah layanan penyimpanan dari Google yang dapat memberikan hingga 15 gb kepada pengguna Google secara gratis. 

Google Meet

Google meet adalah salah satu aplikasi video conference dari Google yang memudahkan pengguna untuk saling berkomunikasi secara online tanpa harus bertatap muka.

Google Workspace

Google workspace adalah inovasi Google yang dapat memudahkan penggunannya dalam pekerjaan perkantoran, didalamnya ada beberapa aplikasi seperti Google Dokumen, Google Spreadsheet, Google Slide, dan lainnya.

Penjelasan Mengenai Google Assisant

 Google Assistant adalah salah satu inovasi Google dari asisten virtual. Google Assistant ini terdapat pada perangkat mobile ataupun perangkat rumah pintar lainnya. Google Assistant dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dapat membantu pengguna dengan cara melakukan percakapan dua arah untuk dapat melakukan berbagai pekerjaan dan fungsinya.

Fitur Yang Bisa Dilakukan Google Assistant

Untuk menggunakan fitur Google Assistant ini sangatlah sederhana dan dapat membantu Anda dalam mengaktifkan berbagai fitur di perangkat Anda seperti untuk memutar lagu, hingga mengatur jadwal kalender. Berikut ini adalah beberapa fungsi Google Assistant yang perlu Anda ketahui.

Memasang Reminder

Google Assistant berguna untuk menjadi asisten pengatur jadwal Anda dan reminder dengan cara mengatakan, “OK Google, set a reminder for my weekly meeting,” Google Assistant akan memasang reminder untuk Anda. Anda dapat mengatur waktu dan lokasi untuk rapat mingguan Anda sehingga Anda tidak kelupaan lagi. 

Mengirim Pesan

Dijadwal pekerjaan yang padat Anda dapat memanfaatkan Google Assistant untuk mengirimkan pesan penting ke rekan kerjamu loh. Caranya mudah tinggal mengatakan, “OK Google, send a text message to (friend name).” Anda dapat mengirimkan pesan sesuai dengan nama teman Anda yang sudah tersimpan di dalam kontak.

Mengetahui Kondisi Lalu Lintas

Negara Indonesia memang terkenal akan kemacetannya terutama bagi Anda yang berada di daerah perkotaan. Google Assistant dapat membantu Anda dalam memberitahukan kondisi lalu lintas dan menemukan rute terbaik ketika ingin pergi ke suatu tempat. Caranya dengan mengatakan, “OK Google, get me home,” dan Google Assistant akan menunjukkan rute terbaik dari lokasi awal Anda ke rumah.

Mencari dan Membacakan Berita

Google Assistant juga dapat membantu Anda untuk membacakan berita yang terbaru loh. Cukup dengan mengatakan, “OK Google, play the news.” Google Assistant dapat membacakan berita sesuai dengan berita pilihan Anda.

Menerjemahkan Kata atau Kalimat

Dalam perjalanan bisnis ke luar negeri yang mana menemukan kesulitan dalam menemukan dan menerjemahkan kata bahasa asing. Maka dengan satu kalimat saja Anda dapat mengatakan, “How do you say ‘thank you’ in French?” Google Assistant pun akan membacakan, “Merci.” Jika sekiranya masih kurang paham Anda dapat mengulanginya lagi dengan mengatakan, “OK Google, repeat that,”.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup