Cloud Managed Services Apakah Diperlukan Dalam Perusahan?

Cloud Managed Services

Sekarang ini, tentu saja Anda sudah tahu bahwa internet tidak bisa dipisahkan lagi bagi kebanyakan manusia. Bahkan, sekarang ini internet bisa jadi adalah kebutuhan primer bagi banyak orang. Dan, tanpa Anda sadari, Anda sudah pernah mencoba teknologi dari cloud computing.

Bagi banyak perusahaan, tentu saja yang namanya teknologi cloud computing adalah hal yang sangat penting demi menunjang sebuah pekerjaan. Apalagi perusahaan yang memang sangat membutuhkan IT untuk menunjang pekerjaannya. Mungkin, Anda sudah pernah mengerti sebuah jasa yaitu cloud managed service.

Cloud managed service mengacu pada outsourcing manajemen IT harian untuk layanan berbasis cloud dan dukungan teknis untuk mengotomatiskan dan meningkatkan operasi bisnis Anda.

Seringkali, departemen IT internal tidak memiliki keterampilan untuk memantau dan memelihara lingkungan cloud secara efektif. Dalam situasi ini, perusahaan menyewa penyedia layanan yang dikelola cloud pihak ketiga untuk mengelola keamanan cloud, komputasi, penyimpanan, operasi jaringan, tumpukan aplikasi, vendor, dan lainnya.

Biasanya penyedia layanan cloud managed service juga dapat menangani pemantauan dan pelaporan, pengujian kinerja, pencadangan dan pemulihan, dan lainnya, semuanya tergantung pada kebutuhan Anda. Dengan harga bulanan tetap, menyewa penyedia layanan yang dikelola cloud seringkali lebih murah daripada tim internal.

Apa Itu Cloud Managed Service

Cloud managed service adalah praktik pengalihdayaan yang bertanggung jawab untuk memelihara, dan mengantisipasi kebutuhan, berbagai proses dan fungsi untuk meningkatkan operasi dan memangkas biaya untuk kebutuhan cloud yang Anda miliki.

Tentunya, dengan menggunakan jasa cloud managed service untuk perusahaan Anda akan banyak sekali keuntungan yang Anda dapat. Contoh simple nya adalah perusahaan bisa berjalan sesuai dengan pekerjaannya tanpa perlu memikirkan jaringan cloud yang dimiliki. Jadi, karyawan yang lain bisa mengerjakan job desk nya dengan maksimal.

Lalu, apa saja keuntungan lainnya yang bisa didapatkan perusahaan untuk cloud managed service?

Keuntungan Menggunakan Cloud Managed Services

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan untuk penyewaan jasa cloud managed services, diantaranya adalah:

  • Penghematan biaya

Dengan melakukan outsourcing cloud managed services, Anda mengontrol dan mengurangi biaya pemeliharaan jaringan yang mahal. Mempekerjakan departemen IT penuh waktu mahal dan seringkali tidak diperlukan untuk bisnis kecil hingga menengah dengan jaringan sederhana.

  • Biaya bulanan berulang yang dapat diprediksi

Dengan fleksibilitas layanan yang dikelola cloud, Anda memutuskan berapa banyak Anda bersedia membayar untuk layanan IT dan memiliki tagihan bulanan yang konsisten.

Misalnya, layanan pajak memiliki lonjakan pelanggan selama musim pajak dan akan membutuhkan lebih banyak dukungan selama kuartal pertama tahun ini dan lebih sedikit selama kuartal kedua hingga keempat. Lembaga pembelajaran privatisasi untuk orang dewasa yang bekerja akan sangat membutuhkan dukungan di malam hari ketika siswa online setelah bekerja.

Dengan paket layanan bulanan tetap yang disesuaikan dengan kebutuhan atau anggaran Anda, Anda mengoptimalkan jumlah yang Anda bayarkan untuk dukungan IT.

  • Teknologi masa depan

Bermigrasi ke lingkungan cloud adalah langkah pertama dalam membuktikan pusat data Anda di masa mendatang. Selanjutnya, Anda perlu membuat teknologi dan layanan terbaru tersedia untuk bisnis Anda.

Dengan mempekerjakan staf IT internal, personel IT Anda harus menghabiskan waktu pelatihan perusahaan saat teknologi baru atau peningkatan yang diperlukan dirilis. Teknisi cloud sudah siap untuk mengelola teknologi terbaru.

  • Layanan kustom dan terintegrasi

Cloud managed services bersifat fleksibel. Beberapa penyedia menawarkan paket pembayaran per layanan atau pembayaran, memungkinkan bisnis Anda memfokuskan dana pada pertumbuhan.

Cloud managed services lainnya menawarkan solusi terkonvergensi, yang menghasilkan penghematan biaya lebih banyak. Solusi gabungan ini mungkin termasuk perlindungan keamanan, pemantauan jaringan, atau pengaturan area layanan baru.

  • Infrastruktur yang kuat

Berbagai perusahaan cloud managed services menawarkan infrastruktur jaringan yang kuat dengan manajemen 24/7. Bergantung pada perjanjian layanan, penyedia layanan yang dikelola cloud dapat memantau dan memindai jaringan untuk keamanan persyaratan patch, dan banyak lagi.

Cloud managed services juga dapat mengintegrasikan praktik dan kebijakan bisnis yang ada untuk mengelola jaringan Anda agar sesuai dengan tujuan organisasi Anda.

  • Layanan dan aplikasi jaringan terpusat

Dengan jaringan managed cloud, penyedia mengelola semua aplikasi dan server di pusat data dapat terpusat.

Ketersediaan jaringan yang meningkat ini juga meningkatkan produksi karyawan. Pengguna jaringan jarak jauh Anda dapat mengakses data terpusat dalam jaringan yang sama termasuk layanan virtual, dan Anda dapat membangun penyimpanan dan cadangan ke dalam jaringan terpusat.

  • Cakupan pada semua tingkat layanan

Penyedia managed cloud menawarkan kontrol yang lebih baik atas tingkat pelayanan, kinerja, dan pemeliharaan. Dengan perjanjian tingkat layanan yang komprehensif, bisnis Anda memperoleh kesinambungan layanan. Semakin lama Anda bekerja dengan penyedia cloud managed service, semakin akrab dengan jaringan Anda, sehingga waktu respons masalah menjadi lebih cepat.

  • Pemulihan problem

Dengan layanan yang dikelola cloud, data Anda akan aman dan terjamin di semua layanan dan aplikasi cloud. Jika terjadi masalah yang tidak terduga, bisnis dan operasi Anda dapat terus berjalan dengan waktu henti yang minimal.

  • Waktu respons yang cepat

Bisnis Anda dapat mengharapkan waktu respons yang cepat melalui pemantauan tingkat perusahaan dan layanan cloud jarak jauh. dapat mengakses, memantau, dan memperbaiki hampir semua masalah jaringan dari jarak jauh. Jika Anda harus menyelesaikan masalah secara lokal, teknisi harus dikirim dalam hari kerja yang sama.

  • Vendor interfacing

Ketika masalah layanan khusus vendor muncul, penyedia layanan yang dikelola cloud akan menghubungi vendor pihak ketiga untuk menyelesaikannya.

Kesimpulan Cloud Managed Service

Dengan menggunakan jasa cloud managed services, tentunya dapat membantu sekali untuk berbagai usaha baik itu dari yang kecil hingga sampai yang sudah mempunyai berbagai cabang. Anda yang memiliki perusahaan jadi lebih bisa fokus dalam hal pengerjaan pekerjaan perusahaan saja tidak usah terlalu memikirkan infrastruktur cloud yang Anda miliki.

 Maka dari itu, tidak ada salahnya dalam menggunakan jasa cloud managed service. Tentukan mana penyedia jasa cloud managed service yang terpercaya, terbaik, dan sudah terbukti hasil kerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup