Mengenal Server : Pengertian, Fungsi dan Jenis Aplikasi Server

Aplikasi Server

Aplikasi Server, mungkin bagi sebagian dari kita yang sering sekali bermain game online sudah sangat familiar dengan nama perangkat yang satu ini. Tidak hanya di game online saja namun di dunia IT server memang sangat berkaitan dengan teknologi dan internet. Nah apa sih server tersebut, apa saja fungsinya dan bagaimana perannya di dunia IT? Mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

Sebelum membaca lebih lanjut tantang Aplikasi Server, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Penjelasan Server

Server adalah sistem komputer yang didesain untuk memproses permintaan atau request dan mengirim data ke komputer lain lewat internet atau jaringan lokal. Fungsi dasar server adalah untuk menerima permintaan jaringan ayng masuk dan penyimpanan berbagai jenis data.

Setiap data yang tersimpan di server dapat berupa dokumen dan informasi. Penyimpanan data di server memang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai layanan, misalnya untuk mengirim email, membuka website, streaming video, hingga bermain game.

Sejarah Server

Tahun 1989, Berners-Lee yang mengajukan pada perusahannya CERN (European Organization for Nuclear Research) yang mana proyek ini dibuat untuk mempermudah pertukaran informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks. Pada hasil penelitian proyek ini ia menulis dua program komputer antara lain:

Sebuah peramban yang dinamakan dengan WorldWideWeb

server web pertama di dunia yang dikenal sebagai CERN httpd, yang berjalan pada sistem operasi NeXTSTEP.

Lalu ditahun 1991 hingga 1994, beberapa sistem operasi mengadopsi kedua aplikasi ini karena kesederhanaan serta efektifitas atas teknologi untuk berkunjung serta bertukar data lewat World Wide Web.

Awalnya kedua aplikasi ini hanya digunakan oleh organisasi penelitian saja namun telah dikembangkan dan digunakan pada lingkungan pendidikan hingga ke sektor bisnis.

Di tahun 1994, Tim Berners-Lee telah memutuskan untuk membakukan organisasi World Wide Web Consortium (W3C) untuk mengatur pengembangan lanjutan atas teknologi terkait lainnya seperti HTML, HTTP, dan lain sebagainya melalui proses standarisasi.

Cara Kerja Server

Cara kerja server yakni bekerja sesuai dengan permintaan client. Sebagai contoh, komputer yang dijalankan akan bekerja untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Maka server akan mencarikan informasi apa saja yang dibutuhkan client. Sehingga ktia dapat mengakses konten pada website tersebut.

Semua jenis server bekerja dengan cara menjalankan fungsi masing-masing. Mulai dari penyimpanan data hingga melayani perlindungan pada client. Pada beberapa jenis server memiliki beberapa jenis pelayanan yang berbeda pula.

Komputer yang akan dijadikan server maka akan berbeda seperti komputer lainnya. Dari spesifikasi perangkat sudah pasti akan berbada yang mana server akan jauh lebih tinggi karena untuk menunjang pemrosesan data yang cukup besar, sedangkan sistem operasi juga khusus server yakni Linux Ubuntu Server atau Windows Server.

Fungsi Server

Adapun beberapa fungsi server antara lain:

    1. Menyimpan data dan informasi

Tempat penyimpanan data yang dapat dikirim oleh client ada beberapa jenis dokumen ataupun informasi yang dapat disimpan di server. Server ini memiliki kapasitas yang besar supaya dapat menampung data yang banyak. Jadi antara satu client ke client lainnya dapat bertukar data dalam waktu yang bersamaan.

    2. Mengatur lalu lintas transfer

Perangkat server memiliki kapasitas RAM dan penyimpanan yang tinggi, agar dapat mengatur komunikasi dan transfer informasi pada client.

    3. Melayani request komputer client

Server dapat melayani semua permintaan client, baik untuk permintaan data ataupun aplikasi untuk dapat dijalankan. Sistem operasi yang cepat, serta aman dan mudah sehingga client dapat bekerja dengan aman yang lebih efektif.

    4. Menyediakan database

Adapun perusahaan besar yang memanfaatkan fungsi untuk menerapkan big data, namun semua data yang tersimpan dapat diolah dan dapat diakses oleh pengguna.

Manfaat Server

Server memiliki manfaat sesuai dengan kebutuhan, antara lain:

Keamanan data terjamin

Adanya server ini maka kita dapat menyimpan dan menjaga semua data dengan lebih aman serta dapat memonitoring setiap saat. Selain data ada juga beberapa data yang disimpan oleh client yang juga dapat diakses dengan mudah dan cepat sesuai kebutuhan.

Menghemat biaya

Server dapat menghemat pengeluaran biaya untuk membeli kebutuhan perangkat untuk penyimpanan data. Server juga dapat menyimpan kapasitas yang lebih besar ketimbang komputer pada umumnya. Maka client tidak perlu membeli hardisk yang banyak karena penyimpanan kapasitas server jauh lebih besar.

Manajemen data menjadi mudah

Untuk pengelolaan dokumen dan informasi yang dibutuhkan yang tepat akan lebih mudah. Selain itu prosesnya juga cepat. Tidak membutuhkan waktu panjang server juga menjamin penyimpanan data yang disimpan oleh client. Untuk saat ini penyimpaenan server ada dua jenis yakni berbasis clout atau awan yang mana data yang tersimpan dengan alokasi penyimpanan yang jauh lebih besar.

Memaksimalkan kinerja antar tim

Server dapat mengoptimalkan kerja sama ataupun kolaborasi setiap tim ataupun departemen. Yang mana sebuah bisnis teknologi dan informasi mewajibkan untuk bekerja sama tidak secara offline ataupun dituntut secara online. Sehingga server sangat berperan penting untuk mengoptimalkan dan meningkatkan produktivitas setiap karyawan pada perusahaan ataupun instansi terkait.

Jenis-jenis Aplikasi Server

Jika Anda ingin tahu apa saja jenis dari server, berikut ini ada beberapa jenis aplikasi server yang perlu untuk Anda ketahui:

Web Server

Jika berbicara tentang web server, hal ini bisa dilihat dengan dua pandangan, yuaitu dari sisi software dan juga hardware.

Di sisi hardware, server web adalah komputer yang menyimpan perangkat lunak server web dan file komponen situs web (misalnya, dokumen HTML, gambar, CSS stylesheet, dan file JavaScript).

Sedangkan dari pandangan software, web server mencakup beberapa bagian yang mengontrol bagaimana pengguna web mengakses file yang dihosting. Minimal, ini adalah server HTTP.

Mail Server

Lalu selanjutnya ada mail server. Mail server juga dikenal sebagai mail server agent, atau MTA. Ini adalah aplikasi yang menerima email masuk dari pengguna lokal dan pengirim jarak jauh dan meneruskan pesan keluar untuk dikirim. Komputer yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi ini juga disebut mail server. Microsoft Exchange, Exim dan Sendmail adalah contoh umum dari program mail server.

Server email bekerja dengan program lain untuk membuat sistem pesan. Sistem perpesanan mencakup semua aplikasi yang diperlukan untuk menjaga email tetap lancar.

Application Server

Lalu ada jenis server yang namanya application server. Application server. Application server adalah jenis server yang dirancang untuk menginstal, mengoperasikan, dan meng-host aplikasi. Pada hari-hari awal application server, ada pertumbuhan besar dalam jumlah aplikasi yang dibawa ke Internet. Aplikasi tersebut menjadi lebih besar dan lebih besar dengan permintaan untuk menambahkan lebih banyak fungsi ke aplikasi dan menjadi lebih kompleks untuk dijalankan dan dipelihara. 

Ada kebutuhan untuk beberapa jenis program di jaringan sementara itu akan berbagi kemampuan aplikasi secara efisien dan terorganisir.

Database Server

Jenis server yang sangat sering untuk ditemukan adalah database server, tentunya Anda tidak asing dengan ini. Database server digunakan untuk menyimpan dan mengelola basis data yang disimpan di server dan untuk menyediakan akses data bagi pengguna yang berwenang. Jenis server ini menyimpan data di lokasi pusat yang dapat dicadangkan secara teratur. Ini juga memungkinkan pengguna dan aplikasi untuk mengakses data secara terpusat di seluruh jaringan. 

Sejumlah besar database yang digunakan di organisasi Anda dapat disimpan di satu server atau sekelompok server yang secara khusus dikonfigurasi untuk melindungi data dan permintaan klien layanan.

Database server bisa dikatakan berarti merupakan sebuah komputer jaringan di jaringan yang didedikasikan untuk penyimpanan database dan pengambilan data dari database. Database server adalah komponen kunci dalam lingkungan komputasi klien/server.

FTP Server

Apakah Anda pernah mendengar tentang FTP server? FTP atau singkatan dari File Transfer Protocol server dalam definisi yang paling sederhana, adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan transfer file dari satu komputer ke komputer lain. FTP adalah cara untuk mentransfer file ke komputer mana pun di dunia yang terhubung ke Internet.

Jika didefinisikan yang sangat sederhana, FTP adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk transfer file antara klien dan server di jaringan komputer.

DHCP Server

Apa pengertian dari DHCP server? DHCP server adalah server jaringan yang secara otomatis menyediakan dan menetapkan alamat IP, gateway default, dan parameter jaringan lainnya ke perangkat klien. Itu bergantung pada protokol standar yang dikenal sebagai Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP untuk menanggapi permintaan broadcast oleh klien.

DHCP server secara otomatis mengirimkan parameter jaringan yang diperlukan agar klien dapat berkomunikasi dengan benar di jaringan. Tanpa itu, administrator jaringan harus secara manual mengatur setiap klien yang bergabung dengan jaringan, yang dapat menjadi rumit, terutama di jaringan besar. DHCP server biasanya menetapkan setiap klien dengan alamat IP dinamis yang unik, yang berubah ketika sewa klien untuk alamat IP tersebut telah kedaluwarsa.

File Server

Jenis aplikasi server selanjutnya adalah file server. File server adalah contoh server pusat dalam jaringan komputer yang memungkinkan klien yang terhubung untuk mengakses kapasitas penyimpanan server. 

Istilah ini mencakup perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengimplementasikan server semacam itu. Selama mereka telah menerima otorisasi yang sesuai, pengguna yang mengakses dapat membuka, membaca, mengubah, dan menghapus file dan folder di server file serta bahkan mengunggah file mereka sendiri ke server.

Proxy Server

Apakah Anda pernah mendengar tentang proxy server? Proxy server adalah sistem atau router yang menyediakan gateway antara pengguna dan internet. Oleh karena itu, ini membantu mencegah penyerang cyber memasuki jaringan pribadi. Ini adalah server, yang disebut sebagai “perantara” karena ia berjalan antara pengguna akhir dan halaman web yang mereka kunjungi secara online.

Ketika komputer terhubung ke internet, ia menggunakan alamat IP. Ini mirip dengan alamat jalan rumah Anda, memberi tahu data masuk ke mana harus pergi dan menandai data keluar dengan alamat pengirim untuk diautentikasi oleh perangkat lain. Proxy server pada dasarnya adalah komputer di internet yang memiliki alamat IP sendiri.

Game Server

Apakah Anda pernah bermain game online? Game online juga memiliki server sendiri bukan? Game server adalah komputer yang bertindak sebagai otoritas pusat untuk menentukan status game multipemain saat ini.

Pemain mengirim pembaruan server tentang apa yang mereka lakukan dalam game bisa jadi berlari, melompat, menerima kerusakan, memancing, apa saja yang dilakukan pada game tersebut. Server menerjemahkan input tersebut dan mengembalikan informasi ke pemain.

Streaming Server

Intinya, streaming sebenarnya mengacu pada keadaan konstan transmisi media yang terjadi melalui internet dari sumber streaming ke desktop, laptop, smartphone, dll. Dengan demikian, Streaming server adalah fondasi perangkat lunak yang memungkinkan transmisi.

Kesimpulan

Itulah berbagai pengertian mengenai server baik itu pengertian, sejarah, cara server itu bekerja, fungsi dari server, dan juga aplikasi server yang ternyata sangat banyak yang ada di sekitar Anda di kehidupan sehari-hari Anda dalam menggunakan internet.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

internal_server_error <![CDATA[WordPress &rsaquo; Galat]]> 500