Apa itu RJ45 dan Dimana Anda Dapat Membeli Panduit RJ45?

Apa itu RJ45 dan Dimana Anda Dapat Membeli Panduit RJ45?

Apa itu RJ45 dan Dimana Anda Dapat Membeli Panduit RJ45? – Apa itu RJ45? Apa ada merk RJ45 yang berkualitas? Pertanyaan ini sudah menjadi hal yang wajar ketika seseorang atau pihak yang ingin membangun jaringan internal.

RJ45 adalah sejenis konektor kabel ethernet yang digunakan dalam topologi jaringan berbasis Local Area Network atau LAN yang dapat bekerja dalam berbagai topologi lainnya.

RJ merupakan singkatan dari Registered Jack, RJ sendiri dijadikan sebagai standar peralatan di dalam jaringan yang memang mengatur di dalam pemasangan konektor serta urutan kabel.

Anda dapat menemukan konektor RJ45 pada kabel UTP atau Unshielded Twisted Pair, selain itu Anda juga bisa menemukannya di kabel STP atau Shield Twisted Pair yang tersambung pada transceiver.

RJ45 terdiri dari 8 pin konektor, kabel yang menggunakan konektor RJ45 memiliki delapan kabel terpisah. Anda dapat melihat pada ujung kabel ethernet terdapat 8 konektor tersebut. 

Berlanjut ke apa brand konektor RJ45 yang berkualitas salah satunya adalah Panduit. Panduit sendiri merupakan salah satu produsen perangkat jaringan yang terbaik di dunia termasuk dipasar Indonesia.

Selain memproduksi RJ45, Panduit juga memproduksi berbagai jenis kabel networking yang dapat melengkapi perangkat jaringan.

Lalu dimana beli Panduit RJ45 di Indonesia? Sebelum itu kita akan membahas tentang Panduit RJ45, sejarah RJ45, jenis kabel RJ45 berikut ini.

Apa itu Panduit RJ45

Apa itu Panduit RJ45? Panduit menciptakan salah satu lini produk soket dan kabel Network dari Panduit yang berfokus dalam memproduksi soket RJ45 dengan kualitas yang terbaik di pasaran.

Kualitas RJ45 produksi Panduit cukup terkenal, dimana dari bahan RJ45 yang digunakan dipilih dengan quality control yang tinggi.

Hal ini membuat pemakaian soket RJ45 terutama untuk kabel ethernet menjadi awet dan cocok untuk pemakaian jangka panjang.

Sejarah RJ45

Sebelum terciptanya RJ atau unregistered Jack, kita perlu mengetahui sejarak dari jack yang pertama kali di perkenalkan pada tahun 70an dan mengganti koneksi bulkier yang sebelumnya sudah digunakan terlebih dahulu.

American Telephone and Telegraph Company yang memperkenalkan steker dibawah sistem bell yang mana merupakan merek dagang mereka yang tawarkan untuk merekayasa layanan 

Kemudian RJ45 menawarkan koneksi yang jauh lebih bersih dan canggih dibandingkan dengan konektor telepon yang jauh lebih besar.

Konektor RJ diberi tanda huruf C adalah flush mount atau surface mount, huruf W yang merupakan wall mount dan huruf S yang berarti jack tunggal. Sedangkan untuk huruf M adalah multi-line dan X adalah jack yang kompeks.

Jenis Kabel RJ45

RJ45 terdiri dari berbagai jenis yang dibedakan menurut konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis RJ45 :

Kabel straight-through

Jenis kabel RJ45 yang pertama adalah straight-through yang merupakan konektor untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan hierarki jaringan yang berbeda.

Sebagai contoh Anda ingin menghubungkan komputer via switch maka tipe kabel jenis yang paling umum digunakan dan lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat menggunakan soket RJ45.

Kabel cross-over

Kabel cross over merupakan jenis konektor RJ45 yang dapat menghubungkan dua jenis perangkat jaringan dengan hiererki setingkat.

Contohnya jika Anda memiliki koneksi pada komputer ke komputer atau PC ke AP radio atau juga bisa dari router ke router maka bisa menggunakan jenis cross over ini.

Kabel roll-over

Untuk jenis kabel roll over sering kita temukan pada koneksi router dengan komputer. Konfigurasi kabel jenis ini memang paling sederhana yang mana kita tinggal membalik fungsi kabel yang kita pakai pada satu sisi.

Contohnya pada kabel standar 568B (standar untuk kabel straight through), maka kita tinggal membalik kronologis jadi coklat untuk kronologis pertama di ujung kabel yang lain.

Kabel CAT

Walaupun banyaknya jenis perangkat elektronik yang ada dipasaran telah beralih menggunakan teknologi wireless, perangkat LAN masih menggunakan kabel CAT yang dapat menangani berbagai transmisi data.

Pada kabel ethernet terdiri dari 2 dua varian utama yakni UTP atau STP. Pada dua varian ini memiliki susunan konstruksi yang hampir sama, namun biasanya dibedakan menurut frekuensi transmisi dan throughput yang bersangkutan.

Bagaimana cara pemasangan RJ45

Dalam cara pemasangan RJ45 pertama yang perlu diperhatikan adalah warna kabel yang berbeda-beda harus dipasang sesuai dengan urutannya dan tidak boleh terbalik.

Ada ketentuan dalam penasangan kedelapan warna kabel ini, empat di antaranya memiliki warna yang solid dan keempat lainnya memiliki garis.

Pada pin pertama letaknya paling kiri jika pin tersebut menghadap ke Anda. Lalu ikuti oleh nomor  2, 3, 4, sampai 8. Untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum Anda memasukkan kabel ke konektor, Anda wajib memastikan bahwa Anda telah mengurutkan kabel bersama dengan benar
  • Jika telah benar, maka kabel berikut masukkan ke konektor RJ45
  • Langkah selanjutnya, jepit konektor berikut mengfungsikan tang crimping
  • Langkah terakhir, silakan mengetes kabel bersama dengan mengfungsikan kabel tester

Fungsi Konektor RJ45

Fungsi konektor RJ45 adalah memudahkan kita dalam melakukan pergantian perangkat telepon atau perangkat jaringan ataupun ingin di pindah-pindah ke kabel yang maupun mencabut tanpa khawatir terkena sengatan listrik.

Konektor ini juga dapat menghubungkan konektor perangkat jaringan LAN dengan pusat jaringan. Anda dapat mendapatkan konektor RJ45 di toko komputer ataupun di toko kabel. Untuk soal harga biasanya jika Anda membeli dengan 100 pcs dengan harga yang jauh lebih murah.

Cara Kerja Konektor RJ45

Berbicara soal cara kerja konektor RJ45, dapat dilihat dalam cara pakainya konektor RJ45 ini yang mana digunakan sebagai konektor yang dipakai untuk kabel ethernet jaringan standar.

Terdapat jenis kabel RJ45 dengan cat 4 yang memungkinkan terdapat 4 koneksi kabel serta cat 6 yang memungkinkan terdapat 6 koneksi kabel secara bersamaan.

Di didalam Cat 6, terdapat 6 kabel yang digunakan untuk transfer data. Namun dari keenam kabel internal tersebut, ternyata hanya empat kabel yang benar-benar digunakan. Sementara itu, dua kabel sisa sesungguhnya tertentu digunakan terkecuali nanti terdapat perbaikan. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin di era yang bakal mampir keenam kabel tersebut bisa memiliki manfaat semuanya.

Dimana beli Panduit RJ45

Nah untuk yang terakhir dimana membeli Panduit RJ45 di Indonesia dengan harga yang murah namun juga original? Jawabanya adalah di NETDATA tentunya.

NETDATA sebagai perusahaan IT yang membantu melayani setiap pihak yang membutuhkan tentang persoalan jaringan menyediakan produk Panduit RJ45 dengan harga yang termurah di Indonesia.

Tidak hanya itu saja NETDATA juga memberikan layanan managed service Panduit RJ45 bagi perusahaan yang ingin mulai menggunakan jaringan internalnya dengan produk Panduit yang berkualitas.

Tunggu apalagi segera Anda membeli Panduit RJ45 di NETDATA yang sudah dijamin kualitasnya dan harganya juga bersaing dengan harga pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup