Solusi Access Point Ruijie RG-AP820-L dan Ruijie RG-NBS3100 Untuk Profesional

Access Point Ruijie

Access Point Ruijie – Internet adalah salah satu kebutuhan manusia modern yang berguna sebagai sarana komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik ke media lainnya. Untuk memanfaatkan jaringan internet seseorang harus menggunakan perangkat yang dapat bertukar data baik secara nirkabel ataupun menggunakan kabel. Untuk salah satu perangkat yang tidak menggunakan kabel adalah access point.

Sebelum membaca lebih lanjut, bagi kamu yang ingin mengetahui Netdata lebih lengkap, kamu bisa langsung menghubungi kami melalui link di bawah ini.

Konsultasi Via Whatsapp

Nah diartikel kali ini kita akan lebih dalam membahas salah satu produk access point dari brand yang sudah terkenal kualitasnya yakni Ruijie, bagaimana penjelasannya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Access point Ruijie

Sebelum membahas tentang access point Ruijie alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apasih itu access point. Access point adalah perangkat keras jaringan yang digunakan pada jaringan lokal secara wireless yang dapat mengirimkan serta menerima data. Dengan kata lain access point dapat menghubungkan pengguna dengan pengguna lain pada jaringan tertentu yang berfungsi sebagai titik interkoneksi WLAN dan jaringan kabel tetap.

Access point ini memiliki tranceiver yang mampu memancarkan dan menerima sinyal dari client server atau menuju client server. Untuk dapat memancarkan data secara Wireless, access point ini dapat disambung ke beberapa perangkat jaringan lainnya seperti router, switch, dan hub lewat kabe ethernet.

Fungsi Access point

Berikut ini adalah beberapa fungsi access point yang perlu diketahui:

  1. Sebagai DHCP server atau pemberi IP address ke setiap perangkat yang terhubung secara otomatis.
  2. Dapat mengatur akses ke setiap perangkat berdasarkan MAC address.
  3. Memberikan fitur keamanan WEP dan WAP. Pengaman jaringan wireless dengan otentikasi dapat dijadikan kunci yang diberikan untuk client di acceess point. WAP dapat dijadikan metode keamanan yang melengkapi WEP dengan menambah decryption.
  4. Access point dapat menghubungkan jaringan lokal wireless dengan jaringan kabel.

Produk Access point Ruijie

 

Ruijie RG-AP820-L

Deskripsi

Ruijie RG-AP820-L(V3) adalah access point wireless entry level yang hemat biaya dengan desain dual-band Wi-Fi 6 radio ganda. Access point Ruijie RG-AP820-L memiliki bentuk yang sederhana namun memiliki fleksibilitas yang tinggi cocok untuk perusahaan menengah kebawah dengan fitur yang melimpah dalam meningkatkan penyebaran jaringan WiFi.

Ruijie RG-AP820-L(V3) sudah mendukung throughput nirkabel maksimum 2,97Gbps ketika bandwidth 160MHz dalam mode radio 5G diadopsi (HE160). Access point ini sepenuhnya sesuai dengan fitur Wi-Fi 6 dan menjamin gangguan sinyal minimal.

Fitur utama

Untuk fitur Ruijie RG-AP820-L ini ada beberapa hal yang penting antara lain dapat meningkatkan keamanan wireless, efisiensi manajemen, dan upaya peningkatkan firmaware yang selalu terbaru. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat beberapa fitur utama dari Ruijie RG-AP820-L berikut ini.

Wi-Fi 6 Berkecepatan Tinggi dan Hemat Energi 1024-QAM Akses Kecepatan Tinggi

RG-AP820-L(V3) mengadopsi desain dual-radio dual-band. Dengan 802.11ax generasi berikutnya untuk pita 5GHz, kecepatan akses maksimum dapat mencapai 2,4Gbps. Jika dual-radio diaktifkan secara bersamaan, throughput Wi-Fi berkecepatan tinggi dapat mencapai 2.97Gbps, menawarkan pengalaman kecepatan tinggi yang sesungguhnya. 

Akses Pengguna Kepadatan Tinggi OFDMA

RG-AP820-L(V3) mendukung OFDMA 802.11ax, yang membagi saluran WLAN menjadi beberapa subsaluran yang lebih sempit, dengan setiap pengguna menempati satu atau lebih subsaluran. Dengan menjadwalkan beberapa pengguna untuk menerima dan mengirim paket secara bersamaan melalui AP, persaingan pengguna dan back-off dapat dikurangi, sehingga mengurangi latensi jaringan, dan meningkatkan efisiensi jaringan. Dalam lingkungan penerapan kepadatan tinggi, tarif rata-rata per pengguna meningkat empat kali lipat dibandingkan dengan perangkat Wi-Fi 5.

Penggunaan Kembali Spasial dengan Warna BSS

RG-AP820-L(V3) mendukung penggunaan kembali spasial dengan warna set layanan dasar (BSS) 802.11ax. Ini menandai BSS dari WLAN yang berbeda dalam jaringan dengan pengidentifikasi warna yang berbeda (warna BSS), dan selanjutnya membaginya menjadi BSS internal dan eksternal. Ambang batas penerimaan dan pengiriman paket untuk BSS internal dan eksternal dipertahankan secara terpisah. Saat menerima paket, warna BSS diambil untuk mengidentifikasi paket BSS eksternal dengan cepat. Jika kekuatan sinyal lebih rendah dari ambang penerimaan BSS eksternal, paket akan diabaikan. Pada saat yang sama transmisi paket BSS internal tidak akan terpengaruh. Teknologi ini meningkatkan penggunaan kembali saluran dalam skenario kepadatan tinggi, sangat mengurangi dampak gangguan saluran bersama untuk penyebaran jaringan yang sebenarnya.

Peningkatan Kinerja dari Wi-Fi 5

RG-AP820-L(V3) memberikan peningkatan kinerja yang cukup besar bahkan di lingkungan dengan perangkat pengguna Wi-Fi 5 saja. Ini berarti RG-AP820-L(V3) tidak hanya tahan masa depan tetapi juga mampu memberikan peningkatan instan melalui Wi-Fi 5 AP. 

Penghematan Energi untuk Jaringan Hijau dan Rendah Karbon

Beberapa teknologi hemat energi telah digunakan di RG-AP820-L(V3), seperti antena siaga tunggal, MIMO dinamis, transmisi hemat daya otomatis yang disempurnakan, dan kontrol daya paket. Dengan desain sirkuit daya berkinerja tinggi, RG-AP820-L(V3) mampu menghemat energi sekaligus menyediakan akses nirkabel berkecepatan tinggi.

Teknologi Penerusan Lokal terkemuka di industri

Menggunakan teknologi penerusan lokal terdepan di industri, RG-AP820-L(V3) menerobos batasan kemacetan lalu lintas pengontrol nirkabel. Bekerja sama dengan seri pengontrol nirkabel RG-WS, pengguna dapat secara fleksibel melakukan pra-konfigurasi mode penerusan data untuk RG-AP820-L(V3). AP juga mengontrol apakah data akan diteruskan melalui pengontrol nirkabel sesuai dengan SSID dan VLAN pengguna, atau langsung dikirim ke jaringan kabel untuk pertukaran data.

Teknologi penerusan lokal dapat mengklasifikasikan dan meneruskan data peka waktu yang memerlukan transmisi waktu nyata melalui jaringan kabel, untuk sangat mengurangi tekanan lalu lintas pada pengontrol nirkabel dan memenuhi kebutuhan transmisi lalu lintas tinggi persyaratan jaringan standar 802.11ax .

Kebijakan QoS yang melimpah

RG-AP820-L(V3) mendukung berbagai macam kebijakan QoS. Misalnya, menyediakan batasan bandwidth berbasis WLAN/AP/STA dan Wi-Fi multimedia (WMM) yang menentukan prioritas berbeda untuk data layanan berbeda. RG-AP820-L(V3) mewujudkan transmisi audio/video yang tepat waktu dan kuantitatif serta menjamin kelancaran pengoperasian aplikasi multi-media.

Dengan teknologi multicast-to-unicast, RG-AP820-L(V3) menyelesaikan masalah keterlambatan video karena kehilangan paket atau latensi tinggi, dan sangat meningkatkan pengalaman pengguna layanan video multicast dari jaringan nirkabel.

Perlindungan Keamanan Komprehensif Akses Pengguna Aman

RG-AP820-L(V3) mendukung berbagai metode autentikasi seperti web, 802.1X, PPSK (kata sandi dinamis satu kali), voucher/kode akses, akun pengguna, dan autentikasi sosial (Diperlukan Ruijie Cloud). Dipatuhi dengan NAC standar, ia menawarkan serangkaian kebijakan kontrol dalam hal otentikasi, otorisasi, pemeriksaan kepatuhan perangkat, dan deteksi/pencegahan serangan jaringan, dll. Semua fitur ini menjamin keamanan jaringan yang tinggi untuk pengguna yang diautentikasi.

Kunci Pribadi yang Dibagikan Sebelumnya (PPSK)

Kunci Pra-berbagi Tradisional (PSK) yang dibagikan oleh semua pengguna di WLAN memiliki risiko tinggi kebocoran PSK. Ruijie Personal PSK (PPSK) adalah metode otentikasi nirkabel yang mudah diatur dengan tingkat keamanan tingkat perusahaan. Kredensial dapat dibuat dan dicabut satu per satu. Setiap PPSK juga dapat diikat ke pengguna/mesin yang unik. 

Dengan PPSK, manfaatnya adalah:

  • Keamanan tinggi dengan memberikan kata sandi yang berbeda untuk setiap pengguna dan perangkat untuk SSID yang sama
  • Penerapan sederhana dengan pembuatan akun batch
  • Kemudahan penggunaan, menawarkan pengalaman yang sama seperti WPA/WPA2-PSK
  • Fitur out-of-box di Wireless Access Controller dan Ruijie Cloud Service
  • Tidak diperlukan server AAA tambahan
Teknologi AP Virtual

Dengan teknologi AP virtual, RG-AP820-L(V3) mendukung hingga 16 ESSID. Administrator jaringan dapat secara terpisah mengenkripsi dan mengisolasi VLAN atau subnet dari SSID yang sama, sehingga memungkinkan mode otentikasi dan mekanisme enkripsi yang ditentukan untuk setiap SSID.

Perlindungan Nirkabel Komprehensif

Digabungkan dengan pengontrol nirkabel seri RG-WS, RG-AP820-L(V3) menawarkan berbagai fitur keamanan termasuk WIDS (Wireless Intrusion Detection System), pelacakan interferensi RF, penahanan AP nakal, spoofing anti-ARP, perlindungan DHCP dan seterusnya untuk perlindungan keamanan menyeluruh.

Spesifikasi

Adapun spesifikasi lengkap dari Ruijie RG-AP820-L berikut ini:

Spesifikasi Fisik
  RG-AP820-L (V3)
Ukuran

(P × T × T)

220mm × 220mm × 49mm
Bobot Perangkat 0.6kg

Kit Pemasangan 0.2kg

Instalasi Plafon / Dinding
Kunci anti-pencurian Mendukung

Spesifikasi Radio

  RG-AP820-L (V3)
Radio Dual-radio dual-band:

Radio12.4GHz 11ax2×2 MIMO

Radio25GHz 11ax2×2 MIMO

Pita Operasi Radio1:

802.11b/g/n/ax2.4GHz2.483GHzHE40

Radio2

802.11a/n/ac/ax5.150GHz5.350GHzHE80/HE160

802.11a/n/ac5.470GHz5.725GHz5.725GHz5.850GHzHE80

Catatan: bervariasi tergantung pada negara yang berbeda

Maks. Throughput Radio12.4GHz0.574Gbps

Radio25GHz2.402Gbps

Throughput maksimum per AP:

2.4GHz + 5GHz 2.976Gbps

Jenis Antena Terintegrasi Omnidirectional
Penguatan Antena 2.4GHz 3dBi

5GHz 3dBi

Daya pancar 20dBm

Catatan: bervariasi tergantung pada negara yang berbeda

Kekuatan yang Dapat Disesuaikan 1dBm
Modulasi OFDMBPSK@6/9MbpsQPSK@12/18Mbps16-QAM@24Mbps64-QAM@48/54Mbps

DSSSDBPSK@1MbpsDQPSK@2Mbpsdan CCK@5.5/11Mbps

MIMO-OFDMBPSKQPSK16QAM 64QAM 256QAM dan1024QAM

OFDMA

Sensitivitas Penerima 11b-96dBm1Mbps),-93dBm5Mbps),-89dBm11Mbps

11a/g-91dBm6Mbps),-85dBm24Mbps),-80dBm36Mbps),-74dBm54Mbps

11n-90dBm@MCS0-70dBm@MCS7-89dBm@MCS8-68dBm@MCS15

11acHT20-88dBmMCS0, -63dBmMCS9

11acHT40-85dBmMCS0, -60dBmMCS9

11acHT80-82dBmMCS0, -57dBmMCS9

11axHE80-82dBmMCS0, -57dBmMCS9,-52dBmMCS11

11ax160MHz-77dBmMCS0,-50dBmMCS11

Antarmuka

  RG-AP820-L (V3)
Antarmuka 1 Port Ethernet BASE-T 10/100/1000M, PoE In (Mendukung IEEE 802.3af/at)

Operasi Spektrum Penuh dalam Mode IEEE 802.3af

1 1G/2.5G SFP Port

Pelabuhan Manajemen 1 Port Konsol RJ45
Lampu indikator 1 Indikator LED
Tombol Atur ulang Mendukung

Kekuasaan

  RG-AP820-L (V3)
Sumber Daya listrik Catu Daya Lokal (DC 48V/0.6A)

Catatan: Adaptor daya DC harus dibeli secara terpisah dari vendor pihak ketiga jika diperlukan.

PoEIEEE 802.3af Standard– Operasi Spektrum Penuh

Konsumsi daya 12.95W

Lingkungan

  RG-AP820-L (V3)
Suhu Suhu Pengoperasian: -10 °C50 °C
Suhu Penyimpanan: -40 °C70 °C
Kelembaban Kelembaban Operasi: 5%~95% (tanpa kondensasi)

Suhu Penyimpanan: 5% ~ 95% (tanpa kondensasi)

Peringkat IP IP41
Standar Keamanan GB 4943.1-2011IEC 62368-1
Standar EMC EN 300386GB 19286-2003GB 17618-1998

 

Spesifikasi Perangkat Lunak

 

  RG-AP820-L (V3)
WLAN Klien Maksimum 512

Klien yang Direkomendasikan: 120

Menyembunyikan SSID: Dukungan

Prioritas 5G (Pengarah Pita): Dukungan

Mengonfigurasi mode otentikasi, mekanisme enkripsi, dan atribut VLAN untuk setiap SSID: Dukungan

Teknologi Persepsi Cerdas Jarak Jauh (RIPT): Dukungan

Teknologi Pengenalan Perangkat Cerdas: Dukungan

Penyeimbangan Beban Cerdas Berdasarkan Jumlah Pengguna atau Lalu Lintas: Dukungan

Kontrol Batas STA: Berbasis SSID/Radio

Kontrol Bandwidth: Berbasis STA/SSID/AP

Keamanan Mendukung PSK dan otentikasi Web

Enkripsi Data: WPATKIP)、WPA-PSKWPA2AES)、WPA3WEP64/128bits

Otentikasi PPSK: Dukungan

Otentikasi 802.1X: Dukungan

Otentikasi PEAP: Dukungan

Penyaringan Bingkai Data: Daftar yang Diizinkan, Daftar Blokir Statis/Dinamis

Isolasi Pengguna: Dukungan

Deteksi dan Penanggulangan Rogue AP: Dukungan

Tugas ACL Dinamis: Dukungan

RADIUS: Dukungan

Dukungan Kebijakan Perlindungan CPU (CPP)

Kebijakan Perlindungan Yayasan Jaringan (NFPP): Dukungan

AKU P IPv4: Mendukung Alamat IP Statis dan DHCP

Mendukung Konversi Multicast ke Unicast

Layanan DHCP: Mendukung Pengintaian DHCP, Opsi 82, Server, Klien

Manajemen operasional Mendukung Pengontrol LAN Nirkabel:

Pengontrol Nirkabel Seri Ruijie RG-WS

Ruijie Cloud (Awan Publik)

Awan Pribadi Ruijie

Protokol Manajemen: Telnet, SSH, TFTP, FTP, Web

Layanan Pengoptimalan AI Cerdas Nirkabel (WIS): Dukungan

SNMP: Mendukung V1, V2c, V3

Syslog / Debug: Dukungan

FAT/FIT/Cloud Managed Mode Firmware: Mendukung Manajemen FAT (Standalone) atau FIT (WS Controller) atau Cloud Managed (Ruijie Public/Private Cloud)

Ruijie RG-NBS3100

Ada opsi yang lain daripada Anda memilih Ruijie RG-AP820-L, adalah dengan menggunakan RG-NBS3100. Yang menarik dari seri ini adalah terdiri dari 4 model switch didesain untuk pelanggan SME demi memenuhi kebutuhan berbeda jaringan mereka termasuk pembagian VLAN mendasar dan fitur keamanan lanjutan seperti ACL. Untuk kebutuhan access point pada jaringan yang professional ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Dibandingkan dengan RG-AP820-L, seri RG NBS3100 adalah untuk penggunaan yang lebih professional lagi. Jika masih bingung dengan bagaimana spesifikasi RG NBS3100, maka berikut ini adalah rinciannya.

Deskripsi

Dengan berbagai fitur yang ada, ini adalah salah satu yang sangat menguntungkan. Seri ini juga terdapat model dengan akhiran -P yang sudah mendukung PoE. Pastinya dengan ini dapat memenuhi persyaratan PoE dari access point nirkabel, kamera digital, dan perangkat lain dalam berbagai skenario.

Fitur Utama

Sebenarnya, fitur dari RG NBS3100 ini sangatlah banyak, tapi terdapat fitur yang menjadi highlight mengapa ini adalah access point dengan penggunaan yang lebih professional.

Fitur utama dari RG NBS3100 ini diantaranya adalah:

  • Switch non-PoE terkelola 28-Port gigabit Layer 2, 4 uplink SFP
  • Kualitas kelas perusahaan Memastikan Performa Tinggi
  • Pengenalan Kamera IP, Nilai Unik untuk Jaringan CCTV
  • Beberapa Kebijakan Keamanan Lindungi Jaringan Anda
  • Manajemen seumur hidup di Ruijie Cloud kapan saja di mana saja 

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi RG-NBS3100 yang perlu Anda ketahui:

Model RG-NBS3100-24GT4SFP RG-NBS3100-8GT2SFP RG-NBS3100-24GT4SFP-P RG-NBS3100-8GT2SFP-P
Fixed ports 24 10/100/1000Base-T ports, 4 SFP 1000Base-X ports 8 10/100/1000Base-T ports, 2 SFP 1000Base-X ports 24 10/100/1000Base-T ports (support PoE and PoE+), 4 SFP 1000Base-X ports, 370W PoE power 8 10/100/1000Base-T ports (support PoE and PoE+), 2 SFP 1000Base-X ports, 125W PoE power
Switching capacity 336Gbps 192Gbps 336Gbps 192Gbps
Packet forwarding rate 42Mpps 15Mpps 42Mpps 15Mpps
MAC address Support static MAC address, MAC address filtering
MAC address table size 8K
Number of VLANs 4094
Link aggregation Support
Port mirroring Many-to-one mirroring
Spanning tree STP, RSTP
LLDP Support
IP routing N/A
ACL IP standard ACL MAC extended ACL IP extended ACL Port ACL for Layer 2 ports (physical port / AP)
QoS Port-based speed limit (ingress/egress)
Security Port protection Hardware CPP
Management Web management, Ruijie Cloud or Ruijie Cloud app management
DHCP DHCP snooping
EEE Support

Spesifikasi fisiknya adalah sebagai berikut:

Dimensions 440×165×44mm 260x120x43.6mm 440×293×44mm 300x220x43.6mm
PoE N/A N/A 24 Base-T ports (support PoE and PoE+) Maximum PoE / PoE+ output power per switch: 370W Maximum output power per port: 30W 8 Base-T ports (support PoE and PoE+) Maximum PoE / PoE+ output power per switch: 125W Maximum output power per port: 30W
Temperature Operating temperature: 0 ℃ ~ 50 ℃ Storage temperature: -40 ℃ ~ 70 ℃
Humidity Operating humidity: 10% ~ 90% RH Storage humidity: 5% ~ 90% RH

Kesimpulan

Setelah melihat kedua sepsifikasi access point antara Ruijie RG-AP820-L dan Ruijie RG-NBS3100, pastinya Anda akan berpikir mana yang mungkin menjadi solusi untuk Anda.

Jika dilihat lagi, RG-AP820-L adalah access point indoor yang memang professional tapi tidak se-professional RG-NBS3100. RG-AP820-L lebih cocok untuk penggunaan usaha yang menengah kebawah atau yang masih start up. Namun untuk yang lebih besar jaringannya lagi, RG-NBS3100 sudah pasti lebih professional dan cocok untuk perusahaan dan jaringan kelas menengah keatas.

NetData adalah perusahaan yang menyediakan layanan berbasis teknologi dengan pelayanan dan kualitas terbaik, jika tertarik dengan kami Anda bisa langsung menghubungi kami melalui link ini atau melalui form kontak kami disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup