Berbagi Jaringan Aman dengan Ruijie Cloud

Ruijie Cloud

Ruijie Cloud. Kamu pasti pernah dong lupa sama password WiFi kantor kamu, terus kamu akhirnya minjem laptop temen kamu yang udah konek ke WiFi buat cek password WiFi-nya.. Kalo kamu masih suka kaya gitu berarti jaringan WiFi kantor kamu belum aman lho, coba bayangin kalo yang ngintip-ngintip password WiFi di laptop kamu itu orang yang gak kamu kenal terus punya niat jahat.. serem banget kan.. Nah biar aman, yuk simak penjelasan mimin tentang solusi WiFi aman di slide berikutnya..

Nih mimin kenalin ke kamu yang namanya PPSK dari Ruijie, PPSK itu apa min?  PPSK sendiri adalah singkatan dari Personal Pre-Shared Key yang secara teknis artinya teknologi otentikasi jaringan wireless yang mengedepankan keamanan. Dimana nantinya user akan diberikan satu password untuk setiap device yang mereka gunakan dan terikat dengan MAC address device itu sendiri, jadi setiap device di kantor kamu masing-masing memiliki password yang berbeda walaupun tersambung di SSID yang sama.

Nah, yang bikin PPSK Ruijie beda dengan PPSK dari produk lain adalah PPSK Ruijie sudah terintergrasi dengan Ruijie Cloud sehingga untuk pengaplikasiannya tidak memerlukan lagi authentication server. Kamu cukup setting PPSK di Ruijie Cloud setelah itu kamu udah bisa menikmati fitur PPSK di jaringan WiFi kamu.

Jadi kalo kamu udah terapin PPSK ini di jaringan WiFi kantor kamu, kamu gak perlu khawatir lagi deh laptop kamu diintip-intip sama orang yang gak kamu kenal.

Ruijie Cloud Untuk Hemat Penyimpanan Data

Bagi setiap perusahaan, tentunya menyimpan berbagai data sangatlah penting. Terkadang, menyimpan data pada sebuah hardisk memang menjadi andalan banyak orang. Namun, bukannya tak mungkin untuk sebuah hardisk pada saatnya akan mengalami kepenuhan data. Maka dari itu, teknologi cloud computing sekarang ini sangat penting untuk perusahaan.

Bagi Anda yang menginginkan cloud computing dari Ruijie cloud, maka Anda bisa mempercayakannya saja kepada Netdata yang merupakan partner Ruijie terpercaya dengan beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Tidak akan Anda rugi jika mencoba infrastruktur jaringan dengan menggunakan cloud computing menggunakan Ruijie.

Ruijie Wireless Koneksi Cepat dan Stabil

Netdata juga menyediakan Ruijie wireless untuk Anda. Tentunya Anda sudah mengerti kalau berbagai macam barang atau hardware sekarang ini lebih mengedepankan teknologi nirkabel atau wireless. Ya, ini dikarenakan dengan adanya wireless, maka tidak perlu susah dengan adanya kabel yang memang harus diatur sedemikian rupa agar mudah di maintenance.

Dengan Ruijie wireless dengan Ruijie router salah satunya, Anda bisa menikmati koneksi internet yang stabil, cepat, dan juga dengan berbagai fitur yang ada dari Ruijie yang tentunya sangat membantu Anda.

Solusi Wireless Ruijie untuk Pendidikan

Kemarin mimin udah bahas tentang solusi WiFi Ruijie untuk perhotelan. Sekarang giliran solusi untuk pendidikan yang akan mimin bahas, yuk! Mimin mau ambil contoh masalah koneksi WiFi yang sering muncul di kampus. Salah satu masalahnya adalah user susah terhubung ke WiFi, dikarenakan jumlah AP tidak sebanding dengan jumlah ruang kelas, sehingga beberapa area tidak ter-cover oleh AP yang ada.

Untuk menjawab problem tersebut, Ruijie punya teknologi yang dinamakan i-Share. Apa itu i-Share? i-Share adalah sebuah konsep penempatan AP dimana AP dipasang di koridor, namun antena dari AP tersebut ditarik ke tiap-tiap kelas, Sehingga sinyal yang dipancarkan dapat meng-cover semua ruang kelas, Dengan konsep ini juga, management kampus dapat menghemat cost karena tidak perlu pasang AP di tiap kelas untuk meng-cover semua ruang kelas.

Amankan Data dan Minimalisir Biaya Penyimpanan Data Dengan Ruijie Cloud Computing

Ruijie Cloud – Cloud computing, sekarang ini adalah salah satu sistem yang sangat populer dan sangat banyak diterapkan di berbagai organisasi termasuk perkantoran yang memang sangat memperhatikan perkembangan jaman dengan memfasilitasi kantornya dengan cloud computing. Namun, apakah Anda tahu kalau sekarang ini mungkin Anda sudah menggunakan teknologi cloud computing?

Seandainya Anda tidak yakin tentang apa itu Cloud Computing, Anda mungkin termasuk di antara 95% orang yang telah menerapkan layanan cloud, seperti perbankan online dan jejaring sosial, tapi tidak menyadarinya.

“Cloud” adalah sekumpulan macam perangkat keras dan perangkat lunak yang berprofesi secara kolektif untuk memberikan banyak aspek komputasi kepada pengguna akhir sebagai layanan online.

Cloud Computing adalah pengaplikasian perangkat keras dan perangkat lunak untuk memberikan layanan melewati jaringan (umumnya Internet). Dengan komputasi awan, pengguna bisa mengakses file dan menerapkan aplikasi dari perangkat apa malah yang bisa mengakses Internet.

Salah satu perusahaan yang menawarkan cloud computing adalah Ruijie Network. Dengan Ruijie cloud, Anda bisa menggunakan teknologi cloud computing yang berkualitas, mudah cara penggunaannya, dan juga dengan biaya berlangganan yang murah. Sudah banyak yang mempercayakannya, termasuk berbagai perusahaan dan juga organisasi lainnya seperti perkantoran pemerintahan.

Perbedaan Ruijie Cloud Computing dengan Komputasi Dari Hard Drive PC

Tak seperti komputasi tradisional di mana data disimpan di hard drive lokal PC Anda, data di cloud disimpan di banyak server virtual yang dihosting oleh penyedia layanan pihak ketiga. Contoh penyedia penyimpanan file komputasi awan yakni Ruijie Cloud. File Ruijie Cloud bisa diakses dari perangkat apa pun via internet.

Dengan adanya penyimpanan cloud ini, file menjadi lebih aman. Karena memang jika hard drive rusak, maka file masih tetap ada. Ini karena file sudah disimpan di cloud, akses file bisa dilakukan dimanapun dan dengan perangkat apapun yang tersambung dengan internet.

Di dalam dunia cloud computing juga ada 2 tipe, yaitu private cloud dan juga public cloud. Apa perbedaannya?

Public cloud didasarkan pada kerangka kerja komputasi awan standar yang terdiri dari file, aplikasi, penyimpanan, dan layanan yang tersedia untuk publik melalui internet. Gmail adalah contoh dari Public Cloud.

Private cloud terdiri dari file, aplikasi, penyimpanan, dan layanan yang diimplementasikan dan dilindungi dalam firewall perusahaan, di bawah kendali departemen IT sebuah perusahaan. Contoh dari Private Cloud adalah perusahaan yang menggunakan Ruijie Cloud karena Ruijie Cloud hanya dapat diakses oleh pengguna yang berwenang melalui koneksi VPN yang aman.

Perubahan Lebih Baik Dengan Koneksi Ruijie Wireless

Ruijie Wireless – Dimasa sekarang ini yang lebih maju, tentunya yang namanya koneksi internet atau mungkin koneksi dalam berkomunikasi dan mengirim data antar 2 atau lebih device sudah menggunakan koneksi nirkabel. Ini sangat menguntungkan, karena tidak perlu adanya kabel yang berbelit-belit yang susah saat mungkin ada kerusakan pada kabel, harus menemukan kabel mana yang rusak.

Dengan adanya koneksi nirkabel, semua itu bisa dihilangkan. Tanpa adanya kabel membuat tidak perlu memaintenance kabel secara berlebihan, hemat ruang, dan pastinya jangkauan yang luas. Salah satu contohnya dalam penggunaan teknologi wireless adalah hotspot atau Wi-Fi.

Mengenal Jaringan LAN Nirkabel Bersama Ruijie Wireless

Jika mungkin Anda masih belum tahu tentang konektivitas wireless, maka Ruijie wireless akan memberikan pengehtahuan yang singkat mengenai hal tersebut yang pastinya sangat berguna.

Ada tiga bagian dasar yang mesti dikonfigurasi supaya LAN nirkabel beroperasi dengan benar:

  • Nama jaringan atau service set identifier (SSID) – Tiap-tiap jaringan nirkabel memakai nama jaringan yang unik untuk mengidentifikasi jaringan. Nama ini disebut service set identifier (SSID). Saat Anda memegang adaptor nirkabel Anda, Anda menetapkan SSID.
  1. Jika Anda terhubung ke jaringan yang ada, Anda mesti memakai SSID untuk jaringan itu.
  2. Jika Anda menyiapkan jaringan Anda sendiri, buat SSID Anda sendiri dan gunakan di setiap komputer. SSID dapat hingga dengan 32 karakter memakai kombinasi huruf dan angka.
  • Profil – Saat Anda menyiapkan komputer untuk mengakses jaringan nirkabel, Ruiijie membuat profil untuk pengontrolan nirkabel yang Anda tentukan. Untuk menyambung ke jaringan yang ada, Anda dapat membikin sambungan sementara, atau membikin profil untuk jaringan itu. Setelah Anda membikin profil, komputer Anda secara otomatis terhubung ketika Anda merubah lokasi.
  • Ekstensi yang Kompatibel dengan Ruijie Wireless – Mengaktifkan Ekstensi yang Kompatibel dengan Ruijie memberikan interoperabilitas dengan fitur infrastruktur LAN nirkabel Ruijie seperti CKIP dan LEAP.
  • Keamanan – Jaringan nirkabel 802.11 memakai enkripsi untuk membantu melindungi data Anda. Jika Anda menghubungkan ke jaringan yang ada, gunakan kunci enkripsi yang disediakan oleh administrator jaringan nirkabel. Saat menyiapkan LAN nirkabel, Anda dapat dengan kuat meningkatkan tingkat perlindungan data dan kontrol akses memakai salah satu cara berikut:
  1. Wi-Fi Protected Access2 (WPA2) – ketika ini yaitu tingkat keamanan tertinggi yang ditawarkan di jaringan Wi-Fi. Pengguna rumahan dan kantor kecil dapat memakai versi sederhana yang membutuhkan kunci preshared, lazimnya disebut WPA2-Personal atau WPA2-PSK. WPA2 mengimplementasikan 802.1x dan pertukaran kunci untuk memperkuat enkripsi data memakai Advanced Encryption Standard (AES).
  2. Wi-Fi Protected Access (WPA) – yaitu peningkatan keamanan yang sangat meningkatkan tingkat perlindungan data dan kontrol akses ke LAN Nirkabel. Pengguna rumahan dan kantor kecil dapat memakai versi yang disederhanakan dengan membikin kunci preshared, awam disebut WPA-Personal atau WPA-PSK. WPA memberlakukan otentikasi 802.1x dan pertukaran kunci untuk memperkuat enkripsi data memakai Protokol Integritas Kunci Sementara (TKIP).

Ruijie Wireless, Teknologi Paling Modern

Ruijie Wireless – Sekarang ini, berbagai perangkat elektronik sudah menggunakan teknologi wireless atau tanpa kabel atau nirkabel. Teknologi ini memang sangat membantu, karena dengan tidak adanya kabel dalam hal berkomunikasi antar device, membuat komunikasi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun selama masih dalam lingkup jangkauan wirelessnya.

Apa itu wireless jika dijelaskan secara rinci? Jika hanya diartikan secara biasa, wireless adalah jaringan tanpa kabel. Jika dalam jaringan, Jaringan nirkabel adalah jaringan komputer yang menggunakan koneksi data nirkabel antar node jaringan. Jaringan nirkabel adalah metode di mana rumah, jaringan telekomunikasi dan instalasi bisnis menghindari proses mahal untuk memasukkan kabel ke dalam gedung, atau sebagai sambungan antara berbagai lokasi peralatan.

Jaringan telekomunikasi admin pada umumnya dilaksanakan dan diselenggarakan dengan menggunakan komunikasi radio. Implementasi ini berlangsung pada tingkat fisik (lapisan) dari struktur jaringan model OSI.

Contoh jaringan nirkabel termasuk jaringan telepon seluler, jaringan area lokal nirkabel (WLAN), jaringan sensor nirkabel, jaringan komunikasi satelit, dan jaringan gelombang mikro terestrial.

Jaringan wireless juga terdiri dari berbagai tipe yang semuanya memang berguna untuk berbagai kebutuhannya masing-masing, diantarnya:

Wireless PAN

Jaringan zona pribadi nirkabel (WPAN) mengaitkan perangkat dalam zona yang relatif kecil, yang umumnya berada dalam jangkauan seseorang. Umpamanya, radio Bluetooth dan sinar infra merah tidak kelihatan menyediakan WPAN untuk mengaitkan headset ke komputer jinjing. ZigBee juga menyokong aplikasi WPAN. PAN Wi-Fi menjadi hal yang awam (2010) karena perancang peralatan mulai mengintegrasikan Wi-Fi ke dalam beragam perangkat elektronik konsumen. Kesanggupan Intel “My WiFi” dan Windows 7 “virtual Wi-Fi” sudah membuat Wi-Fi PAN lebih simpel dan lebih gampang untuk dipegang dan dikonfigurasi.

Wireless LAN

LAN nirkabel sering dipakai untuk mengaitkan ke sumber energi lokal dan ke Dunia

Jaringan zona lokal nirkabel (WLAN) mengaitkan dua perangkat atau lebih dalam jarak pendek memakai sistem distribusi nirkabel, umumnya menyediakan sambungan via jalanan jalan masuk untuk jalan masuk dunia online. Penggunaan teknologi spread-spectrum atau OFDM memungkinkan pengguna untuk bermigrasi-pindah dalam zona jangkauan lokal, dan konsisten terhubung ke jaringan.

Produk yang memakai standar IEEE 802.11 WLAN dipasarkan dengan nama merek Wi-Fi. Teknologi nirkabel konsisten memakai sambungan spot-ke-spot antara komputer atau jaringan di dua lokasi yang jauh, sering kali memakai gelombang mikro khusus atau sinar laser termodulasi via jalanan pandang. Ini sering dipakai di kota-kota untuk mengaitkan jaringan di dua atau lebih gedung tanpa memasang sambungan kabel.

Untuk terhubung ke Wi-Fi, terkadang dipakai perangkat seperti router atau mengaitkan HotSpot memakai telepon seluler mobile.

Jaringan ad hoc wireless

Jaringan ad hoc nirkabel, juga diketahui sebagai jaringan mesh nirkabel atau jaringan ad hoc seluler (MANET), adalah jaringan nirkabel yang terdiri dari node radio yang dipegang dalam topologi mesh. Tiap-tiap node meneruskan pesan atas nama node lain dan tiap-tiap node melaksanakan perutean. Jaringan ad hoc bisa “memulihkan diri”, secara otomatis merutekan ulang di sekitar node yang kehilangan energi. Pelbagai protokol lapisan jaringan diperlukan untuk mewujudkan jaringan seluler ad hoc, seperti perutean Vektor Jarak Berurutan Jarak, Perutean Berbasis Asosiasi, Perutean Vektor Jarak Ad hoc pantas permintaan, dan Perutean sumber dinamis.

Wireless MAN

WiMAX adalah ragam MAN Nirkabel dan digambarkan oleh standar IEEE 802.16.

Wireless WAN

Jaringan zona luas nirkabel merupakan jaringan nirkabel yang umumnya mencakup zona yang luas, seperti antara kota dan kota tetangga, atau kota dan pinggiran kota. Jaringan ini dapat digunakan untuk mengaitkan kantor cabang bisnis atau sebagai cara jalan masuk Internet publik. Sambungan nirkabel antara spot jalan masuk umumnya berupa link gelombang mikro point to point memakai piringan parabola pada pita 2,4 GHz dan 5,8 GHz, bukan antena omnidirectional yang digunakan dengan jaringan yang lebih kecil.

Cara tipikal berisi gateway stasiun pangkalan, spot jalan masuk, dan relai penghubung nirkabel. Konfigurasi lainnya merupakan cara mesh di mana tiap spot jalan masuk juga berbuat sebagai relai. Saat dikombinasikan dengan cara daya terbarukan seperti panel surya fotovoltaik atau cara angin, mereka dapat menjadi cara yang berdiri sendiri.

Salah satu produsen yang bergerak dalam bidang IT dan berfokus kepada teknologi wireless adalah Ruijie Networks. Mereka selalu mengedepankan Ruijie wireless agar bisa membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah tanpa adanya kabel dan juga dengan jaringan yang lebih mumpuni daripada yang lain.

Ruijie Networks mendirikan departemen produk nirkabel independen pada tahun 2002 sebagai tanda untuk melangkah ke pasar WLAN mulai tahun 2000. Pada tahun 2007, Ruijie mendirikan lini produk nirkabel yang komprehensif. Pada 2015, Ruijie secara legal mendirikan Divisi Produk Nirkabel. Perkembangan teknis dan evolusi bisnis selama 16 tahun menggambarkan ketekunan Ruijie dalam Litbang independen dan keinginan untuk terus maju dengan inovasi.

Didukung oleh regu yang terdiri dari ratusan personel dan 117 paten dengan ratusan saat ini sedang dalam pengerjaan aplikasi, Ruijie wireless berhasil mencapai penelitian dan pengembangan yang sepenuhnya independen atas produk dari AP sampai AC, dari perangkat lunak sampai perangkat keras dan dari manajemen sampai aplikasi.

Solusi Wireless Ruijie untuk Perhotelan

Wireless Ruijie. Kamu pernah ngalamin gak sih pas menginap di hotel di deskripsinya tertulis “free wifi”, eh pas dicobain WiFi-nya susah konek sekalinya konek malah lemot. Ngajak ribut! Ilustrasi tadi sering banget mimin alamin. Ngomong-ngomong soal WiFi di hotel, mimin mau bagi-bagi info nih tentang solusi WiFi untuk perhotelan dari Ruijie, yuk dikepoin!

Wireless Ruijie telah dipercaya oleh 12 ribu lebih hotel di seluruh dunia sebagai penyedia WiFi mereka. Salah satu keunggulan Ruijie adalah desain AP mereka berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan lokasi penempatannya. Misalnya.desain AP untuk kamar hotel berbeda dengan AP untuk koridor dan lobby. Sehingga aspek estetika tetap terjaga.

Selain itu, Ruijie juga menyediakan fitur Guest Hotspot yang terintegrasi dengan Ruijie Cloud. Sehingga memudahkan tamu hotel untuk terhubung ke WiFi, sekaligus memudahkan IT Administrator untuk me-manage jaringan WiFi mereka. Kesimpulannya. Ruijie menyediakan produk-produk Wireless Ruijie yang dikhususkan untuk berbagai segment, salah satunya segmen perhotelan yang udah mimin jelasin tadi. Selain itu ada juga solusi WiFi untuk pendidikan yang nanti akan mimin jelasin di postingan terpisah.

Berminat? Percayakan urusan access point kepada Netdata yang memberikan kepada Anda penawaran yang sangat menarik dengan klik disini untuk berbagai kebutuhan produk dari Ruijie!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup