Server

kebutuhan akan teknologi IT di sebuah perusahaan memang sudah tidak bisa di toleransi dan Karena saat ini semuanya serba cepat dan serba modern maka dari itu dibutuhkannya server. NetData menyediakan yang terbaik di Indonesia hal ini dikarenakan NetData merupakan perusahaan IT yang memberikan jasa di Indonesia khususnya Jakarta ini memberikan Anda solusi terhadap permasalahan IT di perusahaan Anda.

Server atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut peladen merupakan suatu sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Data yang disimpan melalui peladen berupa informasi dan beragam jenis dokumen yang kompleks. Layanan tersebut ditujukan khusus untuk client yang berkebutuhan dalam menyediakan informasi untuk pengguna atau pengunjungnya.

Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

Berperan penting dalam menyediakan layanan akses lebih cepat untuk mengirim atau menerima data maupun informasi yang tersedia. Dalam bentuk fisiknya, server berwujud jaringan komputer dan memiliki ukuran yang sangat besar dengan beberapa komponen pendukung prosesor dan RAM yang berkapasitas besar.

Cara Kerja Server

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara kerjanya? Secara sederhana, server bekerja atas permintaan dari sebuah klien. Misalnya saja untuk kasus web, ketika Anda mengetikkan suatu alamat website menggunakan browser, maka artinya komputer Anda sedang bertindak sebagai klien yang meminta informasi kepada web. Web tersebut kemudian mengirimkan isi website ke komputer Anda, sehingga Anda pun dapat mengakses isi website tersebut.

Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan dan juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Untuk lebih ringkasnya fungsi secara keseluruhan adalah sebagai layanan bagi client dan pengguna untuk menyimpan, mengolah, menerima, mengirim berbagai data melalui beberapa protokol khusus.