Router

Router adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antara jaringan komputer dan menjalankan fungsi pengarah lalu lintas di Internet. Data yang dikirim melalui internet, seperti halaman web atau email, adalah dalam bentuk paket data. Suatu paket biasanya diteruskan dari satu ke lainnya melalui jaringan yang merupakan suatu internetwork hingga mencapai node tujuannya.

Router Berfungsi Sebagai Penghubung Antar Dua Atau Lebih Jaringan Untuk Meneruskan Data Dari Satu Jaringan Ke Jaringan Lainnya. Router Berbeda Dengan Switch. Switch Merupakan Penghubung Beberapa Alat Untuk Membentuk Suatu Local Area Network (LAN).

Sebagai Ilustrasi Perbedaan Fungsi dan Switch Merupakan Suatu Jalanan, dan Merupakan Penghubung Antar Jalan.

Masing-masing Rumah Berada Pada Jalan Yang Memiliki Alamat Dalam Suatu Urutan Tertentu.

Dengan Cara Yang Sama, Switch Menghubungkan Berbagai Macam Alat, Dimana Masing-masing Alat Memiliki Alamat IP Sendiri Pada Sebuah LAN

Router Sangat Banyak Digunakan Dalam Jaringan Berbasis Teknologi Protokol TCP/IP, dan Jenis Itu Disebut Juga Dengan IP Router.

Selain itu, Ada Lagi AppleTalk, Dan Masih Ada Beberapa Jenis Lainnya.

Internet Merupakan Contoh Utama Dari Sebuah Jaringan Yang Memiliki Banyak Router IP.

Terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan IP yang berbeda, dan ketika sebuah paket data masuk pada salah satu baris, akan membaca informasi alamat jaringan di header paket untuk menentukan tujuan akhir. Kemudian, menggunakan informasi dalam tabel perutean atau kebijakan perutean, ia mengarahkan paket ke jaringan berikutnya dalam perjalanannya.

Aplikasi Router

Router mungkin memiliki antarmuka untuk berbagai jenis koneksi lapisan fisik, seperti kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel. Itu juga dapat mendukung standar transmisi lapisan jaringan yang berbeda. Setiap antarmuka jaringan digunakan untuk memungkinkan paket data diteruskan dari satu sistem transmisi ke yang lain. Dapat digunakan juga untuk menghubungkan dua atau lebih grup logis perangkat komputer yang dikenal sebagai subnet, masing-masing dengan awalan jaringan yang berbeda.

Semua ukuran dapat ditemukan di dalam perusahaan. Yang paling kuat biasanya ditemukan di ISP, fasilitas akademik dan penelitian. Bisnis besar juga mungkin membutuhkan yang lebih kuat untuk mengatasi permintaan lalu lintas data intranet yang semakin meningkat. Model internetworking hirarkis untuk interkoneksi di jaringan besar adalah umum digunakan.