Rack Server

Rack server adalah rack yang dirancang secara khusus untuk meletakkan sekaligus menyusun penempatan server yang digunakan untuk kelancaran jaringan, diantaranya adalah HUB, Switch, dan Komputer. Rack, memang bahasa Inggris, tapi prinsipnya sama seperti ‘rak’ dalam bahasa Indonesia.

Rack system merupakan alat yang secara khusus memang dirancang sebagai penempatan server atau digunakan juga sebagai peralatan jaringan network diantaranya komputer server dan switch. Adapun manfaat utamanya adalah sebagai ruang atau tempat yang lebih efisiensi dan menjadi peralatan maintenance menjadi lebih mudah.

Dalam sebuah rak tunggal terdapat beberapa rak yang ditumpuk diatasnya.  Sumber daya jaringan yang lain juga ikut terkonsolidasi hingga mengurangi ruang lantai sesuai yang diperlukan. Konfigurasi juga bermanfaat untuk menyederhanakan pemasangan kabel antara komponen jaringan yang lain.

Selain itu dalam sebuah peralatan rak juga diisi dengan server, sistem pendinginan yang khusus digunakan untuk mencegah panas yang berlebihan. Pasalnya jika terdapat banyak panas yang berlebihan akan terjadi banyak daya komponen yang terbuang. Mengingat dalam ruang kecil memiliki daya terbatas. Salah satu contoh dari manfaat penggunaan rak untuk server yaitu digunakan pada lingkup bisnis.

Berbicara soal rack server, banyak orang yang beranggapan rak untuk server adalah sebuah ruang komputer berukuran besar bermil mil dengan peralatan komputer yang lengkap.

Sebagai contoh : Pada saat perusahaan mulai tumbuh pada titik dimana perusahaan memiliki beberapa server kecil sekitar kantor dengan beberapa fans secara permanen maka rak mount cabinet menjadi pilihan yang tepat. kabinet yang tertutup sangat baik digunakan untuk lingkungan kantor karena cabinet yang tertutup menjaga suara masuk, gangguan komputer sehingga peralatan jaringan dan komputer dapat dikunci dan diamankan dari tindakan jahat yang disengaja atau yang tidak disengaja.

Macam Jenis Tipe Rack Server

umumnya dipakai institusi yang menggunakan fungsi server berbeda pada satu rak, seperti Web Server, Database Server, dan sebagainya. Secara umum rak server dibagi menjadi 3 jenis seperti : Closed Rak, Open Rak dan Wallmount Rak.