OEM Rack

OEM Rack server adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk meletakkan server-server dan perangkat pendukung lainnya seperti router, switch dan lainnya. Tujuannya adalah agar mudah pemeliharaan dan gampang jika kita ada penambahan perangkat serta server juga Nampak rapi.

Pada perusahaan manufaktur, kita sering mendengan istilah OEM dan ODM. OEM merupakan kepanjangan dari Original Equipment Manufakturer, sedangkan ODM kepanjangan dari Original Design Manufakturer.

Produsen peralatan asli, adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun ritel dengan memakai merek dagang dari perusahaan. Pembeli tersebut Umumnya terdapat tiga jenis kualitas produk yang dijual dipasaran, yaitu original, OEM, dan KW.

Spesifikasi Rack Server

Rack server memiliki satuan U. 1U berarti 44.45 mm dan jika Anda ingin membeli produk ini maka umumnya penjual akan menanyakan ukuran dalam satuan U. Didalam rack server sudah ada FAN/kipas yang berfungsi untuk pendinginan kepada perangkat-perangkat anda dan juga didalam rack server sudah terdapat colokan listrik yang sering disebut PDU.

Rack server memiliki beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

Wallmount Rack

Wallmount OEM Rack adalah rack server yang diletakkan pada dinding, dan ukurannya kecil mulai dari 4U hingga 15U tapi umumnya yang sering dipakai 8U, sesuaikan kebutuhan Anda.

Close Rack / Standing Rack

Close rack adalah rack server yang mirip seperti lemari kita yang ada dirumah dan jenis rack ini termahal diantara jenis-jenis rack lainnya

Open OEM Rack

Open OEM Rack bentuk sangat sederhana, open rack hanya memiliki tempat untuk meletakan server dan perangkat lainnya karena posisinya terbuka dan open rack adalah yang paling murah diantara jenis rack lainnya.

Setiap produsen memiliki spesifikasi tersendiri dalam menciptakan produk mereka dengan tujuan menjadi yang terbaik. Yang jelas standarisasi lebar rack server adalah 19 inchi. Penggunaan rak untuk server jelas sangat penting sekali. Selain mampu mengamankan server dari beragai jenis bahaya seperti guncangan.

Penggunaan rak server ini juga mampu menambah kerapian dan juga mudah ketika Anda akan melakukan maintenance ataupun penambahan server.