Bandwidth Management

Manajemen Bandwidth adalah istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.

Seringkali manajemen bandwidth diterapkan pada segmen WAN yang menghubungkan institusi ke internetyang lebih besar. Ini juga dapat diterapkan pada segmen internal yang juga bersifat kritikal, seperti segmen yangmenghubungkan ruangan-ruangan kampus ke seluruh jaringan. CIO Magazine telah menerbitkan sebuah artikel gambaran yang baik tentang manajemen bandwidth berjudul “Trailblazers Bandwidth”.

Beberapa isu teknis terkait teknologi pada manajemen bandwidth:

  1. Kompresi data, untuk mengurangi ukuran data yang harus ditransmisikan.
  2. Caching lokal, untuk menyimpan data yang sering digunakan secara lokal, bukan mengirimkannya dalam beberapa kali.
  3. Prioritas bandwidth, mengalokasikan bandwidth berdasarkan pentingnya aplikasi.
  4. Konten terdistribusi, untuk memindahkan isi dari satu lokasi ke beberapa lokasi yang lebih dekat dengan pengguna akhir.
  5. Blocking lalu lintas data yang tidak sah (unauthorized traffic).
  6. Paket akuntansi internet (internet accounting packages), untuk melacak penggunaan bandwidth dan menagih pembiayaan
  7. penggunaan layanan terkait kepada pelanggan (pay per use, umum digunakan di universitas-universitas di Australia).
    Sarana pendidikan bagi pemakai, untuk mendidik pengguna tentang konsekuensi dari tindakan mereka dan meyakinkan mereka untuk menjadi warga negara yang baik di jaringan yang mereka pakai secara bersama.

Bandwidth management memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah bandwidth yang tersedia untuk pelanggan Anda. Digunakan dengan benar, manajemen bandwidth memastikan bahwa setiap pengguna menerima bagian bandwidth yang adil. Kebutuhan untuk menyeimbangkan penggunaan bandwidth sering dapat menyebabkan manajer jaringan untuk menambah bandwidth, mempercepat lalu lintas jaringan atau memotong akses ke aplikasi – tetapi pendekatan ini bersifat jangka pendek, tidak efektif biaya dan sebenarnya dapat berkontribusi pada kemacetan jaringan.

Mengapa Bandwidth Management Jaringan Sangat Penting

Penggunaan bandwidth yang berlebihan di satu bagian jaringan Anda yang dapat memengaruhi kinerja seluruh jaringan. Masalah bandwidth bahkan dapat memengaruhi layanan yang penting bagi bisnis dan menyebabkan gangguan jaringan. Jika Anda hanya membeli bandwidth tambahan untuk mengurangi masalah ini, tetapi Anda mungkin hanya mengobati gejala dari masalah yang lebih besar.