Networks

Networks atau jaringan adalah Sekelompok komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer atau modem) dan data. Pada defenisi sederhananya Network dapat menghubungkan setiap perangkat untuk bisa saling terhubung satu sama lainnya sehingga bisa mengirim informasi ke sasaran.

Tujuan adanya Networks atau Jaringan adalah Memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Network juga membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date dan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Network juga memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Dalam dunia bisnis, network  dapat membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Jenis jaringan komputer terdiri dari beberapa jaringan yaitu PAN, LAN, MAN, dan WAN. Semua jaringan tersebut biasanya dihubungkan oleh lebih dari 1 sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, jenis jaringan ini mencakup beberapa jaringan yang sangat luas bahkan bisa menghubungkan sistem yang ada di seluruh dunia. Pengertian jaringan ini memberikan informasi tersendiri untuk mendapatkan informasi yang lebih mudah dari sistem satu ke sistem lainnya secara luas.

Tujuan Network

  • Network / Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien: Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama, serta berbagi pemakaian CPU, Memori, dan Harddsik.
  • Network / Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana semuanya membantu team bekerja lebih produktif.
  • Network / Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  • Network / Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date: Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
    Network / Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.