Colocation

Colocation merupakan suatu jenis layanan yang memberikan tempat khusus untuk menyimpan atau menitipkan server bermacam data center. Dimana penyimpanan dilakukan dengan infrastruktur dan standar keamanan memadai baik untuk faktor fisik ataupun non fisik. Hal ini lantaran sejumlah insfrastruktur colocation membutuhkan sokongan arus listrik stabil, akses internet stabil, power generator, UPS, flooring, air temperatur control, keamanan, dan sistem CCTV.

Seluruh server tersebut perlu disusun sedemikian rupa menggunakan rak spesial. Sehingga dapat diberikan pelayanan terbaik bagi para klien. Sekarang ini banyak layakan colocation server di Indonesia yang menjanjikan kinerja optimal. Bagi para pelaku bisnis, singkatnya layanan ini akan memberi kemudahan dalam menjalankan bisnis. Terlebih dengan adanya manfaat yang akan diberikan.

Manfaat Menggunakan Colocation?

  • Mengingat adanya banyak server yang harus dipersiapkan dan sejumlah infrastruktur yang tidak mudah ditata, maka tidak ada salahnya memanfaatkan layanan colocation server yang ditawarkan. Setelah mengenal apa itu colokasi server, maka berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:
  • Seperti yang diketahui, membangun colocation sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Demikian pula dengan biaya bulanan yang harus dibayar seperti pembayaran bandwidth. Namun, bila memanfaatkan layanan colokasi pada data center Anda tidak perlu khawatir dengan kwitansi bulanan yang harus dibayar.
  • Manfaat lainnya memberi tingkat keamanan mumpuni. Hal ini karena semua colokasi pada umumnya menyediakan tempat terbaik. Sehingga data perusahaan Anda pun akan aman kerahasiaannya.
  • Dengan menggunakan jasa layanan colokasi, Anda tidak membutuhkan konstruksi dalam memilih colokasi. Pasalnya sejumlah perusahaan besar senantiasa menggunakan colokasi server yang dapat menambah rak dan bandwidth secara cepat dan mudah. Sehingga kebutuhan perusahaan bisa segera dipenuhi.