Cloud Backup

Apakah Anda pernah membayangkan berapa banyak jumlah data dan informasi yang dihasilkan oleh perusahaan Anda untuk cloud backup?

Bagaimana cara perusahaan Anda mengelola sekian banyak data tersebut agar tetap aman dan terlindungi dari berbagai resiko yang tidak diinginkan?

Jawaban paling tepat adalah membackup data-data tersebut sehingga perusahaan tetap memiliki data berharga sehingga dalam kondisi terburuk seperti bencana alam.

Data backup secara manual pada komputer lokal atau server merupakan bukan opsi utama. Karena perusahaan besar tidak ingin melakukan resiko yang cukup besar apalagi dengan biaya pemeliharaan yang tinggi.

Resiko seperti terkena virus dan malware dapat membahayakan data kini semakin banyak terjadi pada hardware internal.

Maka dari itu diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut terutama bagi perusahaan modern yang telah beralih ke metode data backup online atau menggunakan cloud backup solution.

Apa itu Cloud Backup

Cloud backup adalah sebuah metode mencadangkan data dengan menggunakan tempat penyimpanan di server cloud. Cloud backup ini menggunakan tempat storage virtual, bukan menggunakan hardware fisik.

Keuntungan menggunakan cloud backup adalah kemudahan dalam meningkatkan kapasitas cloud storage, mudah dalam proses pemindahan dan penyalinan data, backup yang dapat dijadwalkan dan diotomatisasi, data dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan melalui media apa saja.

Cloud backup memiliki sistem keamanan yang terbaik dan juga dilengkapi dengan aplikasi anti-virus yang canggih dan terbaru.

Backup data menggunakan cloud juga meminimalisir Anda dari resiko kerusakan perangkat storage lokal Anda yang rusak.

Proses pencadangan data yang lama dan juga rawan akan kesalahan pada saat transfer data, tidak dilengkapi dengan anti virus terbaru, dan juga backup yang tidak otomatis rutin dijadwalkan dan dapat dilakukan.

Mengapa Memerlukan Layanan Cloud Backup

Adapun manfaat dari layanan cloud backup yang penting seperti dibawah ini:

Perlindungan Data Akurat

Dibandingkan dengan alat penyimpanan data bersifat fisik seperti harddisk atau ssd. Cloud backup cenderung lebih aman dengan minim resiko.

Jika hard disk Anda tiba-tiba tidak terbaca oleh perangkat komputer apalagi di dalam harddisk tersebut terdapat semua data penting perusahaan.

Tentu hal ini akan menghambat atau malah bisa menghentikan operasional bisnis Anda. Karena menggunakan komputer saja untuk menyimpan data memiliki resiko keamanan yang sangat tinggi, apalagi banyaknya ancaman virus malware yang dapat merusak komputer Anda.

Tetapi memiliki infrastruktur data center yang kuat sehingga dapat memberikan keamanan yang lebih baik untuk penyimpanan data Anda.

Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir apakah data tersebut dapat diakses atau tidak, selama ada internet maka data Anda akan tetap aman dan dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Fleksibilitas dan Skalabilitas Tinggi

Alasan lain mengapa cloud backup ini sangat cocok untuk bisnis usaha kecil dan menengah adalah fleksibilitas dan skalabilitasnya.

Karena umumnya UKM ini lebih sering melakukan perubahan terhadap bisnisnya dengan skala yang besar.

Dengan cloud backup, kebutuhan Anda terkait dengan penyimpanan data yang sering sekali mengalami perubahan akan terpenuhi.

Baik kebutuhan untuk scale up atau scale down, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dengan biaya yang hemat. 

Implementasi yang Cepat

Waktu untuk menjadi salah satu sumber daya yang paling penting dalam pengembangan sebuah bisnis UKM.

Dengan menggunakan hardware untuk penyimpanan data akan menghabiskan waktu, terlebih jika Anda memiliki data perusahaan yang banyak. 

Anda dapat menghemat waktu dengan menggunakan cloud backup sehingga Anda dapat mulai bekerja dengan cepat.

Bahkan jika Anda beralih dari sistem backup lama, tidak akan menghemat waktu tunggu yang tidak lama dalam masa transisi.

Menghemat Biaya Pengeluaran

Bisnis UKM biasanya dituntut untuk menghemat biaya pengeluaran seketat mungkin, terutama untuk saat ini yang masih merupakan masa awal Anda memulai bisnis. Karena dengan finansial yang masih belum stabil.

Selain itu sistem penyimpanan data tetaplah dibutuhkan karena bagaimana juga Anda akan bergantung pada data untuk mengambil berbagai keputusan yang penting.

Dibanding dengan Anda membuat data center sendiri maka akan membutuhkan banyak sekali biaya. Sehingga dengan cloud backup solution ini akan jauh lebih hemat.

Dan juga kebanyakan penyedia layanan cloud backup ini menerapkan sistem “pay as you go” yang artinya Anda hanya perlu membayar sesuai dengan jumlah storage yang Anda pakai.

Di Kemudian hari Anda dapat mengurangi kapasitas cloud backup yang mana bisa Anda sesuaikan dengan harganya.

Cara Penggunaan Cloud Backup

Seiring berjalannya waktu dunia teknologi server cloud di berbagai industri dan perusahaan sudah mulai bermigrasi.

Walaupun secara teori sistem cloud memang lebih efisien dari segi biaya dibandingkan penggunaan arsitektur dan manajemen secara fisik tetapi hal ini dapat menjadi boros ketika kita mengelolanya sendiri, maka dari itulah manage serviced ditawarkan untuk menjadi solusi.

Proses penyimpanan information ke tempat penyimpanan cloud storage bisa disimpulkan dengan mengirim salinan ke penyedia fasilitas cloud atau hosting lewat jaringan internet. 

Selanjutnya, server akan memberi tambahan Anda akses untuk mendownload atau jalankan pergantian pas Anda menginginkan membuka data-data Anda tersebut. 

Biasanya fasilitas cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja. Sebagian besar aplikasi terhadap cloud storage terhitung tidak kudu jalankan instalasi gara-gara sudah terpasang terhadap tempat internet, misalnya adalah Google Drive. 

Anda hanya kudu buat persiapan koneksi internet dan memicu akun untuk bisa menggunakan Google Drive. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Google Drive ini dibawa oleh keliru satu perusahaan besar yaitu Google Inc maka yang melakukan tindakan sebagai server adalah pihak Google itu sendiri.

 Mengapa kita menggunakan cloud backup ?

Berikut adalah alasan kita menggunakan cloud backup bagi pelaku bisnis :

Membantumu Lebih Fokus pada Bisnis

Pada solusi sarana cloud backup, perusahaan tidak kembali perlu hardware fisik didalam menyimpan datanya, melainkan manfaatkan server cloud punya vendor lain layaknya Microsoft Azure dan Amazon Web Service. 

Raksasa teknologi tersebut menyediakan jutaan lebih server tangguh yang berada di semua dunia untuk memastikan data dan informasi kami senantiasa safe terlindungi dan terpercaya.

Sehingga perusahaan tidak wajib kembali memikirkan perihal maintenance sistem, hardware dan software yang biasa dijalankan secara berkala dikarenakan vendor tersebutlah yang akan mengurus infrastrukturnya. 

Perusahaan tinggal terima beres untuk data dan informasi memiliki nilai yang dibutuhkan kapanpun, dimanapun, manfaatkan perangkat apa-pun bersama dengan koneksi internet. 

Sehingga fokus yang biasanya terbagi untuk mengurusi infrastruktur IT kini sanggup digunakan untuk fokus pada sistem bisnis. Sangat fleksibel, bukan?

Keamanan Data yang Lebih Terjamin

Sebagai vendor yang Anda percaya untuk menampung semua data penting perusahaan Anda tentu tidak sembarangan untuk mengelolanya.

Untuk vendor yang profesional seperti NetData dipastikan memiliki sertifikat keamanan standar internasional untuk menjamin keamanan dan perlindungan data perusahaan dengan optimal.

Inilah alasan terbesar kenapa banyak perusahaan modern lebih pilih cloud backup dibanding backup biasa. 

Besarnya cost pemeliharaan dan pas yang terkuras cuma untuk menegaskan sistem on-premisemu terjadi optimal di dalam memproduksi information kini bisa jauh berkurang menggunakan fasilitas cloud backup.

Bermanfaat dari Segi Ekonomi dan Operasional

Dalam segi ekonomi dan operasional jelas lebih hemat karena menerapkan Pay as you use atau besarnya biaya yang dikeluarkan berdasarkan kapasitas yang Anda gunakan.

Sehingga Anda tidak perlu membayar sebesar jumlah yang sama setiap bulannya untuk fasilitas yang tidak Anda gunakan, dengan demikian Anda bisa mengantisipasi biaya pengeluaran yang lebih efisien.

Sudah jelas bahwa layanan cloud backup lebih ekonomis dan efisien dibanding dengan on premise yang biasa.

Akses Informasi yang Lebih Fleksibel

Salah satu fungsi utama berasal dari teknologi cloud adalah kekuatan untuk terhubung informasi secara cepat dan mudah kapanpun, dimanapun disaat diperlukan mengfungsikan berbagai macam perangkat seperti laptop, smartphone dan tablet, dan PC. 

Tentu hal ini dapat terlampau berguna bagi perusahaan, baik yang berskala kecil maupun perusahaan berskala multinasional hingga internasional. 

Kenyamanan dan Kemudahan Recovery Data

Jika Anda secara tidak sengaja menghapus data yang penting, jangan khawatir karena ada fitur data recovery yang tersedia dalam layanan cloud backup.

Anda dapat mengatur backup data ini dengan jadwal yang Anda atur sendiri misalnya dalam perjam, harian, mingguan, hingga waktu yang Anda butuhkan.

Dalam memilih layanan ini tidak boleh sembarangan, pastikan bahwa provider yang Anda pilih memang memiliki pengalaman yang jelas dan memiliki beragam layanan cloud yang lengkap seperti NetData.