Cara Mudah Konfigurasi Vlan Di Switch Cisco

Jual Cisco Switch Indonesia

Jual Cisco Switch Indonesia – Kehidupan modern saat ini semuanya serba mudah dan cepat tak terkecuali teknologi dibidang IT. Berbicara soal IT ada salah satu bahasan yang akan kita ulas di artikel ini yakni adalah tentang konfigurasi vlan di switch Cisco.

Apa itu Vlan? Vlan adalah jenis jaringan yang tidak terbatas pada wilayah fisik seperti LAN. Hal ini artinya sebuah jaringan yang dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus memiliki bentuk fisik alat.. Penggunaan VLAN dapat sebabkan pengaturan jaringan menjadi lebih fleksibel gara-gara dapat membuat sebuah segmen yang bergantung pada organisasi, tanpa bergantung wilayah workstations.

Kegunaan VLAN

  • Menimalisir kemungkinan terjadinya konflik IP yang terlampau banyak.
  • Mencegah terjadinya collision domain (tabrakan domain).
  • Mengurangi tingkat vulnerabilities.

Cara Kerja VLAN

Vlan dibagi menjadi beberapa tipe atau metode yang digunakan baik itu menggunakan port, MAC address, dan seterusnya. Semua hal informasi yang mengandung pengalamatan atau penandaan tagging di simpang pada database kecuali penandaan berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasi port-port yang digunakan VLAN.

Konfigurasi pada switch harus di atur sedemikian rupa. Switch atau bridge inilah yang bertanggung jawab dalam menaruh semua data dan konfigurasi sesuai VLAN dan harus dipastikan semua switch memiliki data yang sama.

Ada juga istilah Vlan Cross Connect (CC) yang merupakan mekanisme yang digunakan untuk sebabkan VLAN Switched, VLAN CC gunakan frame IEEE 802.1ad mana Tag S digunakan sebagai Label seperti di dalam MPLS. IEEE menyetujui pemakaian seperti mekanisme di dalam nominal 6,11 berasal dari IEEE 802.1ad-2005.

Dengan kata lain VLAN ini mempermudah dalam mengontrol pola lalu lintas jaringan dan cepat dalam merelokasi. VLAN juga memberikan fleksibilitas untuk beradaptasi dengan jaringan yang berubah ubah dan menggunakan tampilan ui administratif yang sederhana.

Kelemahan VLAN 

  • Secara logika tidak serupa network tetapi secara fisik satu network
  • Ketika tersedia broadcast menjadi seluruh dikirim ke semua
  • ketika jumlah banyak host-nya maka kerja DHCP dapat berantakan dan tidak dapat diduga.

Jenis – Jenis VLAN

  • Berdasarkan port Keanggotaan VLAN dapat didasarkan pada port yang digunakan oleh switch. menjadi setiap anggota VLAN harus dikonfigurasi satu persatu tiap portnya. apakah port sebagai port tags atau untags
  • Berdasarkan MAC address Keanggotaan VLAN dapat didasarkan pada MAC address berasal dari setiap computer yang dimili oleh user
  • Berdasarkan alamat subnet IP subnet IP address pada suatu jangan juga dapat digunakan untuk mengklarifikasikan suatu VLAN. konfigurasi ini tidak terjalin bersama routing pada jaringan dan juga tidak mempermasalahkan fungsi router. IP address digunakan untuk memetakan keanggotaan VLAN

Jenis Type Vlan Pada Switch

  1. Vlan default merupakan Vlan yang pertama kali di dapatkan sejak switch pertama kali dihidupkan, sebelum saat dikonfigurasi seluruh port yang tersedia pada switch dapat tergabung kedalam default Vlan dan untuk mengakses pada masing-masing port. Untuk switch Cisco default vlan ini ditandai dengan nama Vlan 1.
  2. Data VLAN adalah vlan yang cuma mengatur trafik information pada VLAN
  3. Native VLAN adalah vlan yang dikembalikan ke suatu port kalau tidak di dalam wujud trunking dan untagged
  4. Voice VLAN adalah vlan yang mendukung VoIP dan di khususkan untuk komunikasi information nada pada VLAN
  5. Management VLAN adalah VLAN yang di konfigurasi untuk management switch

Langkah kerja

pertama buka cisco packet tracernya lalu tata switch dan pcnya,tata dengan rapih setelah itu sambungkan computer ke switch dengan kabel straight,untuk kabel pc0 ke switch aku memakai kabel console, sebab pc0 bakal di memakai untuk mengkonfigurasi switchnya,lihat gambar di atas.

setelah itu aku bakal mengsetting ip address tiap tiap pc,caranya klik gambar computer 2kali selanjutnya klik desktop>ip configuration

saya memakai ip address 192.168.57.1 hingga 192.168.57.22

setelah itu kita ketikan “enable” untuk masuk user mode.

lalu ketik conf t

Sekarang aku bakal mengkonfigurasi vlannya, pertama beri nama vlannya dulu, aku bakal memicu 5 buah Vlan yaitu vlan guru(5pc), siswa(5pc), TU(5pc), kantin(4pc), dan sercurity(3pc)

selanjutnya, aku bakal mengkonfigurasi port mana saja yang bakal masuk vlan 10, vlan 20, vilan 30 dan seterusnya,biar lebih paham review gambar di bawah ini.

Setelah itu kita lihat konfigurasinya dulu, cemas tersedia yang keliru caranya ketik”do show vlan brief”.

Jika konfigurasinya udah sesuai dengan keinginan kamu maka konfigurasinya udah selesai,setelah itu kita cek koneksinya terlebuh dahulu.

kita cobalah Pc5 ngeping ke Pc1 caranya klik gambar PC5 2kali desktop>command prompt.

kita lihat hasilnya, ternyata bisa

kita cobalah lagi saat ini PC5 bakal ngeping ke PC6 caranya klik gambar PC5 2kali desktop>command prompt.cpt5

kita lihat hasilnya, ternyata tidak bisa, saat ini kita sanggup menarik kesimpulan.

Kesimpulan 

kenapa tadi kita ngeping berasal dari PC5 ke PC1 berhasil?,tetapi berasal dari PC5 ke PC6 tidak berhasil?,jawabannya adalah dikala kita udah memicu vlan dan memasukan port ke vlan/group nah hanya computer yang se vlan lah(satu vlan) yang sanggup berkomunikasi atau sanggup berbagi sumber daya.

Kenapa kita mesti memakai VLAN?

Jika di dalam jumlah yang banyak di dalam satu network maka bakal terganggu (gampang diserang hack)

Keamanan menjadi baik sebab fisik satu network namun logic berbeda network

Masalah kebutuhan

Router itu kerjanya lebih lambat ketimbang switch

Dengan VLAN broadcast bakal di batasi

Untuk membedakan VLAN satu denngan VLAN yang lain dengan memakai ID

Contohnya port 1-5 masuk ke VLAN1

VLAN dengan wujud Number Angka

Contoh VLAN10 -> Sales

Itulah cara mengkonfigurasi Vlan Di switch Cisco. Namun bagi Anda yang tidak ingin repot mengkonfigurasi VLAn tersebut Anda bisa menggunakan jasa IT dari perushaaan IT  terkenal seperti NetData. NetData adalah perusahaan IT yang memberikan solusi kepada para perusahaan di Indonesia agar bisa terus berkembang dengan bantuan teknologi yang terbaru. NetData juga jual Cisco switch Jakarta dengan berbagai produk yang original dan dijamin terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup