Apa Itu KWH Meter dan Fungsi Utamanya

Kebutuhan akan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari dari tahun ke tahun pasti naik seiring berkembangnya pemukiman warga di tanah air. Penggunaan KWH meter untuk mengalirkan aliran listrik dari PLN ke rumah warga.

PLN (Perusahaan listrik Negara) merupakan penyedia listrik tunggal di Indonesia akan menyalurkan listrik ke rumah warga dengan sistem ukuran Kwh.

Alat ini sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengukur daya listrik untuk penggunaan kebutuhan keluarga. Untuk lebih lengkapnya kita akan membahas apa itu alat ini, apa fungsinya? mari kita simak berikut ini.

KWH Meter adalah

Kwh meter atau Kilo Watt per Hour meter adalah ukuran untuk mengukur seberapa banyak Anda menggunakan energy listrik dengan satuan watt per jamnya.

Jika kita lihat pada meteran listrik akan tercantum berapa watt pemakaian listrik Anda sehari-hari sehingga pada akhir bulan akan di cek untuk tagihan berapa KWH yang Anda gunakan.

Alat ini digunakan untuk mengukur dan memantau pemakaian bulanan sedangkan pada meteran listrik prabayar maka Anda dapat melakukan penggantian terlebih dulu dengan kemudian di pakai sistem token.

Fungsi KWH Meter

Fungsi Alat ini adalah untuk mengukur pemakaian harian hingga bulanan sehingga pada saat Anda membayar tagihan listrik sesuai dengan pemakaian Anda. Berikut ini adalah beberapa fungsi alat ini secara umum :

  • Dapat menghitung banyak energi listrik periode tertentu yang sudah digunakan.
  • Pembatas daya listrik yang dipakai oleh pelanggan berdasarkan kontrak pemasangannya.
  • Berfungsi sebagai saklar untuk mematikan aliuran listrik kepada pelanggan yang terdeteksi melakukan pemakaian secara tidak wajar atau terjadinya korsleting atau pada saat memperbaiki saluran listrik.

Gambar KWH Meter carikan beberapa referensi gambar

kwh meter

Gambar diatas adalah gambar  prabayar yang sudah menggunakan sistem token. Anda dapat mengisi pulsa token lewat tombol pada alat tersebut dan menerima token sesuai nominal kwh yang Anda beli. 

Screenshot_10

Gambar diatas adalah meteran analog yang biasanya paling banyak digunakan oleh perumahan yang sudah lama. Sistem diatas adalah pascabayar atau membayar tagihan listrik pada akhir bulan.

Jenis-Jenis KWH Meter

Saat ini ada berbagai macam KWH meter antara lain :

KWH Meter Digital

Alat jenis ini adalah meteran listrik yang sudah menggunakan teknologi digital sebagai penghitung meterannya dengan cara menampilkannya lewat sebuah layar lcd.

kwh meter

Dimana alat ini lebih akurat dan lebih efisien dalam melakukan pengukuran dibandingkan dengan yang analog.

KWH Meter Analog

Produk ini adalah jenis yang paling banyak dipakai di Indonesia dari dulu. Biasanya yang masih menggunakan analog adalah rumah-rumah yang ada dipedesaan. 

kwh meter

KWH Meter 1 Phase

Kwh meter 1 phase adalah jenis meteran yang mengukur jaringan listrik yang menggunakan 2 kawat penghantar sebagai kawat phase dan yang kedua adalah kawat netral. Biasanya listrik 1 phase ini paling banyak digunakan di Indonesia dengan tegangan antara 220 hingga 240 volt.

KWH Meter 3 Phase

Berbeda dengan kwh meter 1 phase, 3 phase ini adalah jaringan listrik yang menggunakan tiga kawat phase R, S, T dan satu kawat netral atau sering disebut dengan ground.

Biasanya listrik 3 phase ini memiliki tegangan hingga 380 volt yang digunakan industri atau pabrik.

KWH Meter Prabayar

Kwh meter prabayar sebelumnya sudah kita bahas sedikit tentang pembayaran dengan sistem token atau pulsa. Listrik prabayar ini biasa juga disebut dengan listrik pintar yang mana pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik secara mandiri.

Alat meteran listrik prabayar sudah berbentuk digital dan terdapat tombol-tombol untuk memasukan kode pulsa listrik yang Anda beli di toko-toko yang menjual token.

Harga KWH Meter

Jika Anda kemungkinan memiliki meteran di rumah yang rusak atau membutuhkan meteran yang baru Anda dapat membeli secara online yakni di NetData.id dengan harga produk yang bervariasi dan tentunnya terjangkau.

Pemasangan KWH Meter

Dalam pemasangan di rumah hendaknya Anda sudah memiliki alat ini dan juga sudah melakukan pendaftaran pemasangan listrik ke PLN terdekat agar dapat melakukan penyambungan listrik dari sumber listrik yang ada.

Pertama cara pemasangan alat ini adalah memasang dua kabel hitam twist yakni kabel positif atau fasa dengan kabel negatif atau netral dari tiang listrik jaringan tegangan rendah ke rumah Anda yang dilakukan oleh petugas PLN.

Jika kabel dari tiang listrik PLN sudah terhubung ke rumah maka Anda dapat melakukan pemasangan meteran dengan cara menyambungkan kabel positif fasa ke arus listrik TR input alat ini.

Lalu, sambungan tersebut dilanjutkan ke TR input MCB, dari MCS kabel positif ke dalam rumah berupa kabel NYM yang nantinya akan menjadi kabel lampu, sakelar listrik didalam rumah.

Kabel negatif atau netral dari input akan disambungkan ke kwh listrik dan keluar dalam bentuk output yang digunakan rumah Anda.

Selanjutnya kabel terakhir yakni kabel grounding akan dipasang ditanah, akan diteruskan ke dalam rumah dengan menggunakan kabel NYM yang berwarna kuning.

Kabel grounding atau arde ini akan disambungkan ke stop kontak di dalam rumah, fungsi dari kabel arde sendiri adalah menghilangkan setrum yang biasanya terjadi pada peralatan elektronik seperti komputer, TV, atau lemari es.

Beli KWH Meter

Sudah dibahas sebelumnya bahwa kita dapat membeli produk ini di NetData.id dengan harga yang bisa bersaing dengan toko lainnya.

NetData merupakan perusahaan IT yang menyediakan berbagai solusi IT dan juga kebutuhan listrik Anda termasuk menyediakan produk dari berbagai brand dengan teknologi yang terbaru yakni digital serta pasca bayar.

 NetData juga menyediakan layanan manage service berbagai masalah IT Anda dengan menyediakan tenaga profesional serta penyediaan layanan after service yang memuaskan.

Kesimpulan

Diakhir artikel ini kita dapat menarik kesimpulan terhadap bahasan kita diatas selain sebagai pengukur pemakaian listrik kita juga dapat digunakan sebagai pengontrol penuh pemutusan listrik jika ada saluran listrik didalam rumah yang hendak diperbaiki.

Dan mungkin dari beberapa hal yang bisa kita bahas diatas adalah Anda juga perlu tahu dimana tempat yang menjual alat berkualitas serta terpercaya seperti NetData.id. Cukup sekian bahasan kita kali ini tentang kwh meter, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua operasional PT. Network Data Sistem akan menggunakan domain nds.id per tanggal 8 Mei 2019. Semua informasi/promosi dalam bentuk apapun selain menggunakan domain nds.id bukan tanggung jawab PT. Network Data Sistem Tutup